Minggu, 30 Juni 2024

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua)


Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 30 Juni 2024

Kendaraan serbaguna ini memang sangat istimewa. Angkatan bersenjata Jerman, terutama angkatan darat pada saat Perang Dunia II memanfaatkan kendaraan serbaguna ini dalam berbagai konfigurasi, seperti kendaraan recovery tank, penderek meriam, dan berbagai fungsi lainnya. Tenaga yang besar serta mudah dioperasikan menjadi kelebihan dari kendaraan ini. Nama kendaraan ini adalah Sd.Kfz. 9 Famo, dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Tugas untuk merancang dan memproduksi kendaraan ini diberikan kepada perusahaan Fahrzeug- und.Motoren-Werke GmbH, lebih dikenal sebagai FAMO. FAMO adalah salah satu produsen traktor model track terbesar di Jerman, meskipun sebagian besar peroduknya merupakan tractor non militer.

Purwarupa pertama diluncurkan pada tahun 1936, dan itu purwarupa itu benar-benar masif! Dengan berat kosong 15,2 ton dan panjang 8,3 meter, kendaraan ini mampu menderek tank terbaru dan terberat Jerman pada saat itu, Panzer IV dengan sangat mudah.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Vickers Virginia)

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Dapur pacu kendaraan ini adalah mesin bensin Maybach HL 98 TUK V12 9,7 liter berkekuatan 220 hp yang terletak di bawah kap panjang di bagian depan. Di kedua sisi mesin terdapat dua roda kemudi yang tidak terkonek dengan mesin (roda jalan/roda gulir). Bagian belakang kendaraan ditopang oleh satu set roda jalan yang berkonfigurasi saling bersisipan seperti pada roda jalan tank “Panther” dan “Tiger”.

Pada tahun 1938 FAMO memproduksi purwarupa Sd.Kfz versi F2. 9, yang memasuki produksi dalam skala kecil. F2 memiliki biaya produksi lebih murah dibanding dengan varian sebelumnya.

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1939 muncullah purwarupa versi ketiga dan terakhir, F3. Sebagian besar sama dengan tipe sebelumnya, namun dilengkapi dengan mesin Maybach HL 108 TUKRM yang lebih bertenaga. V12 bensin ini adalah mesin pilihan untuk Panzer III dan beberapa varian Panzer IV.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - Mk A Whippet)

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Sd.Kfz. 9 memiliki desain yang kokoh sehingga sebagian besar tetap tidak berubah selama proses produksi berlangsung hingga tahun 1945. Perubahan yang terjadi biasanya hanya perubahan kecil yang berfungsi untuk mempermudah produksi.

Demikianlah artikel tentang Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Germany Military Vehicle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang Dunia II

Rabu, 19 Juni 2024

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Pertama)


Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Rabu, 19 Juni 2024

Sd.Kfz. 9 (Kettenkrad ) adalah kendaraan serbaguna dengan konfigurasi “half track” (penggeraknya sebagian roda dan Sebagian rantai) yang dikembangkan oleh Jerman sebelum Perang Dunia Kedua. Kendaraan ini lebih panjang dari tank Tiger dan memiliki kekuatan yang luar biasa sehingga dapat menarik beban besar. Kemampuan iini membuat kendaraan ini menjadi sangat berguna bagi militer Jerman sehingga banyak digunakan oleh Wehrmacht.

Kendaraan dengan konfigurasi halftrack mencapai puncak popularitasnya selama Perang Dunia Kedua. Jerman dan Amerika Serikat adalah pengguna utama halftrack, dan memproduksi kendaraan konfigurasi ini dalam jumlah besar pada tahun 1930an dan 1940an.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Infantry / Tank A11 Infantry Tank Mark I Matilda I)

Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Lebih dikenal sebagai Famo, kendaraan ini dapat membawa muatan barang, amunisi, crane, dan bahkan menarik meriam FlaK 8,8 cm dalam satu kali angkut. Famo adalah kendaraan yang sangat sukses, yang digunakan sepanjang perang.

Jadi, apa sebenarnya kelebihan kendaraan dengan konfigurasi half track ini? Sederhananya, kendaraan halftrack menggabungkan keunggulan kendaraan dengan track penuh dan kendaraan beroda.

Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan beroda memang lebih mudah dan murah untuk dibuat, tetapi tidak memiliki kemampuan off-road dan traksi seperti kendaraan dengan penggerak track (rantai). Kendaraan beroda juga lebih mudah dikendarai sehingga lebih cocok untuk pengemudi yang belum berpengalaman.

Halftrack dapat mempertahankan sebagian besar daya tarik dan kemampuan off-road kendaraan yang memiliki konfigurasi track (rantai), sekaligus lebih murah untuk dibuat dan lebih mudah dioperasikan. Karena mereka dapat mengimbangi tank, Half track juga dapat dengan mudah dimodifikasi untuk digunakan sebagai pengangkut personel lapis baja, pengangkut amunisi, kendaraan recovery, dan lain sebagainya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Vickers Virginia)

Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Pengembangan Sd.Kfz.9

Pada awal tahun 1930-an, Jerman membuat desain dasar untuk sejumlah kendaraan half track dengan berbagai ukuran dan peran. Mesin-mesin ini akan dikembangkan dan pada akhirnya menjadi sangat penting selama Perang Dunia Kedua. Walaupun memiliki banyak versi untuk half track, ada satu desain yang menonjol dari yang lain karena ukurannya yang besar, yaitu Sd.Kfz. 9. Kendaraan ini dirancang sebagai kendaraan recovery untuk tank terbaru militer Jerman (seperti PzKpfw V (Panther) dan PzKpfw VI (Tiger)), dan traktor artileri yang mampu menarik senjata terberat dalam jajaran artileri Jerman.

Demikianlah artikel tentang Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Germany Military Vehicle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Jerman
#Alutsista
#Perang Dunia II

Selasa, 18 Juni 2024

Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Ketiga)


Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 18 Juni 2024

Pesawat ringan serbaguna ini secara sekilas tampilannya tidak terlalu "menyeramkan". Dengan kokpitnya yang besar serta didominasi oleh kaca, mesin propellernya yang kecil, sayap tinggi ditambah penyangga sayap ditambah dengan roda pendaratnya yang tetap (tidak dapat dilipat masuk ke dalam badan pesawat), menimbulkan kesan bahwa pesawat ini adalah pesawat ringan yang tidak "mematikan". Tetapi jangan salah, walaupun tampilannya tidak "sangar", pesawat ini memainkan peranan yang sangat penting dalam pertempuran.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang-Pembom Ringan / Attack-Light Bomber Hawker Typhoon)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Ketika pesawat ini menemukan posisi musuh yang potensial, pesawat ini akan menembakkan roket fosfor sebagai penanda lokasi, kemudian menginformasikan posisi tersebut pada tim lain yang sudah siap dengan persenjataan yang mematikan. Alhasil, tak lama setelah posisi lawan diketahui oleh pesawat ini, posisi tersebut akan langsung disapu bersih oleh bom (dari pesawat serang atau pembom taktis) atau peluru dari barisan artileri. Nama pesawat ini adalah Cessna O-1 (Bird Dog), dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua)", silahkan disimak:

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Walaupun demikian, Angkatan Darat AS tetap mempertahankan “Bird Dog” selama perang Vietnam, dengan 11 Perusahaan Pesawat Pengintai (RAC) dikerahkan untuk mencakup seluruh Vietnam Selatan, Zona Demiliterisasi Vietnam (DMZ), dan tepi selatan Vietnam Utara. Berbekal performa yang mengesankan, diantaranya tingkat kebisingan mesin yang lebih rendah, dipadukan dengan kecepatan yang rendah serta kemampuan manuver yang lebih ketat (tingkat manuver yang lebih tinggi dalam ruang manuver yang sempit), ditambah lagi dengan kemampuan pesawat ini untuk lepas landas serta mendarat pada landasan yang pendek, dan jarak pandang yang lebih baik (bahkan hingga ke belakang) membuat pesawat ini kawan yang sangat berharga bagi unit darat yang didukungnya dan sangat ditakuti oleh unit musuh yang dilintasinya. Pesawat Cessna “Bird Dog” O-1 Angkatan Darat AS terakhir secara resmi pensiun pada tahun 1974.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Infantry / Tank A11 Infantry Tank Mark I Matilda I)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1E (Bird Dog)


Karakteristik umum

Kru: satu/dua
Panjang: 25 kaki 10 inci (7,87 m)
Lebar Sayap: 36 kaki 0 inci (10,97 m)
Tinggi: 7 kaki 4 inci (2,24 m)
Luas sayap: 174 kaki persegi (16,2 m 2 ) [45]
Berat kosong: 1.614 lb (732 kg)
Berat lepas landas maksimal: 2.430 lb (1.102 kg)
Kapasitas bahan bakar: 41 US gal (34 imp gal; 160 L)
Mesin: 1 × Continental O-470-11 flat-six berpendingin udara, 213 hp (159 kW)

Performa

Kecepatan maksimum: 115 mph (185 km/jam, 100 kn)
Kecepatan jelajah: 104 mph (167 km/jam, 90 kn) pada ketinggian 5.000 kaki (1.500 m)
Jarak jelajah maksimum: 530 mil (850 km, 460 mil laut)
Elevasi operasional maksimum: 18.500 kaki (5.600 m)
Elevasi maksimum: 24.800 kaki (7.600 m)
Kecepatan menanjak: 1.150 kaki/mnt (5,8 m/s)
Jarak lepas landas hingga 50 kaki (15 m): 560 kaki (170 m)
Jarak pendaratan dari 50 kaki (15 m): 600 kaki (180 m)

Demikianlah artikel tentang Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Aviation
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Pesawat #Amerika Serikat

Senin, 17 Juni 2024

Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua)


Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 17 Juni 2024

Pesawat ringan serbaguna ini secara sekilas tampilannya tidak terlalu "menyeramkan". Dengan kokpitnya yang besar serta didominasi oleh kaca, mesin propellernya yang kecil, sayap tinggi ditambah penyangga sayap ditambah dengan roda pendaratnya yang tetap (tidak dapat dilipat masuk ke dalam badan pesawat), menimbulkan kesan bahwa pesawat ini adalah pesawat ringan yang tidak "mematikan". Tetapi jangan salah, walaupun tampilannya tidak "sangar", pesawat ini memainkan peranan yang sangat penting dalam pertempuran. 

ketika pesawat ini menemukan posisi musuh yang potensial, pesawat ini akan menembakkan roket fosfor sebagai penanda lokasi, kemudian menginformasikan posisi tersebut pada tim lain yang sudah siap dengan persenjataan yang mematikan. Alhasil, tak lama setelah posisi lawan diketahui oleh pesawat ini, posisi tersebut akan langsung disapu bersih oleh bom (dari pesawat serang atau pembom taktis) atau peluru dari barisan artileri. Nama pesawat ini adalah Cessna O-1 (Bird Dog), dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Nick name atau nama julukan ini merupakan hasil kontes penamaan di kalangan karyawan Cessna. Entri pemenang dipilih oleh dewan Angkatan Darat AS. Nama tersebut dipilih karena peran pesawat tersebut dianalogikan dengan peran bird dog (anjing yang dilatih untuk berburu atau mengambil burung yang digunakan oleh pemburu), yaitu untuk mencari sekaligus mendeteksi posisi pasukan lawan dan tetap membayangi/mengintai sasaran hingga artileri dan/atau kekuatan udara dapat digunakan. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu FN Herstal Scar)

L-19A adalah pesawat dengan dapur pacu mesin tunggal dan seluruhnya dari material logam, berkonfigurasi sayap tinggi, dan pesawat jenis ini merupakan yang pertama yang digunakan oleh Angkatan Darat AS. Pesawat ini memiliki kontrol ganda untuk pilot dan pengamat atau observer. Sisi jendela kanan dan kiri kokpit pesawat ini dibuat miring kea rah luar untuk meningkatkan visibilitas, dan visibilitas hampir 360 derajat dari kokpit menjadikannya ideal untuk observasi, kontrol, dan pemantau udara jarak dekat. 

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Selama Perang Korea, Bird Dog diberi julukan “the jeep with wings” karena daya tahan pesawat ini serta kebandelannya. Selama Perang Vietnam, Angkatan Udara AS menggunakan Bird Dog untuk menjadi pesawat komando udara garis depan. Bird Dog akan mencari dan mengidentifikasi sasaran dari jarak dekat sementara itu pesawat penyerang menunggu jauh di atas. 

Pada saat “Bird Dog” berhasil mendeteksi posisi lawan, pesawat ini akan meluncurkan roket fosfor untuk menandai posisi tersebut sebagai sasaran pesawat penyerang. Setelah penyerangan, “Bird Dog” akan tetap terbang berputar-putar di atas lokasi untuk melaporkan hasilnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang-Pembom Ringan / Attack-Light Bomber Hawker Typhoon)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Selama Perang Vietnam, O-1 Bird Dog digunakan terutama untuk pengintaian, identifikasi target, penyesuaian atau koreksi tembakan artileri, relai radio, pengawalan konvoi, dan kendali udara garis depan pada pesawat taktis, termasuk pembom yang beroperasi dalam peran taktis.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Aviation
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Pesawat #Amerika Serikat

Sabtu, 15 Juni 2024

Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama)


Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 15 Juni 2024

Pada tahun 1949 Angkatan Darat AS dan Angkatan Udara AS bersama-sama mengeluarkan spesifikasi untuk pengadaan pesawat ringan sebagai salah satu alutsista bagian dari rencana strategi yang nantinya akan mereka operasikan di masa depan.  Pesawat ringan yang harus seluruhnya terbuat dari logam ini rencananya untuk menggantikan posisi pesawat Piper L-4 dan Stinson L-5 yang saat itu ada dalam inventaris militer AS.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan/Light Tank Stingray I)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Pesawat yang baru ini juga harus dapat mendarat dan lepas landas di lapangan terbang yang pendek dan sederhana (dimana di dalam perang yang sebenarnya, kebanyakan lapangan terbang dari jenis ini yang banyak tersedia)  serta harus mampu mengusung berbagai peran, termasuk misi intai skala ringan, observasi, pemandu/komando perang garis depan, survei foto, dan pemandu tembakan artileri. Pesawat ini juga harus dapat dengan mudah dipasangkan dengan sarana pendarat pelampung (untuk mendarat di air) atau ski (untuk pendaratan di salju). 

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Untuk menjawab permintaan tersebut, beberapa pabrikan yaitu Piper, TEMCO, Taylorcraft, dan Cessna bersaing untuk mendapatkan kontrak tersebut. Berbeda dengan pabrikan lain yang memodifikasi pesawat-pesawat rancangan mereka yang sudah ada sebelumnya, pabrikan Cessna memilih untuk merancang pesawat yang benar-benar baru untuk kompetisi tersebut, yang diberi nama Model 305.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu FN Herstal Scar)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Setelah melalui beberapa uji coba, Cessna dinyatakan memenangkan kompetisi tersebut dan pada tahun tahun 1950 Cessna menerima pesanan 418 unit pesawat yang kemudian diberi kode sebagai L-19A (“L” untuk “liaison” - penghubung). Pada tahun 1962 pesawat ini diubah namanya menjadi O-1 (“O” untuk observasi). Selanjutnya, pesawat ini mendapat julukan “Bird Dog”.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Aviation
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Pesawat #Amerika Serikat

Minggu, 09 Juni 2024

Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kelima


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Minggu, 9 Juni 2024

Kendaraan pengintai ini merupakan kendaraan pengintai yang cukup terkenal di era Perang Dunia II. Semenjak awal kemunculannya, militer Jerman terus memaksimalkan performanya sehingga kendaraan ini menjadi salah satu alutsista andalan Jerman saat Perang Dunia II berkecamuk. Nama alutsista ini adalah Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222). Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Keempat", silahkan disimak:

Kleiner Panzerfunkwagen Sd. Kfz. 260/261

Versi mobil radio tak bersenjata dengan peralatan radio jarak jauh dan antena berbentuk seperti "rangka tempat tidur" besar di atas kendaraan. Varian ini umumnya hanya bertugas sebagai kendaraan komunikasi jarak jauh. Sd. Kfz 260 juga dilengkapi dengan radio untuk berkomunikasi dengan pesawat, dan Sd.Kfz. 261 dengan perangkat radio untuk berkomunikasi dengan unit darat lainnya. Pada tanggal 1 September 1940, pabrikan telah memesan 36 unit Sd.Kfz. 260 dan 289 Sd.Kfz. 261. Produksi varian ini berlangsung dari April 1941 hingga April 1943, dengan 483 unit dari kedua jenis diproduksi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Farman F.220 SeriesPesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Farman F.220 Series)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Kendaraan Pengintai/Scout Car Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222


Jenis: kendaraan Lapis Baja / Kendaraan Tempur / kendaraan Pengintai
Asal negara: Jerman
Catatan Operasional
Perang Tiongkok-Jepang Kedua
perang dunia II
Tahun produksi: 1935–1944
Jumlah produksi: 2.394 Unit (dalam berbagai varian)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi

Bobot tempur: 4.000 kg (8.800 pon)
Panjang: 4,8 m (15 kaki 9 inci)
Lebar: 1,95 m (6 kaki 5 inci)
Tinggi: 1,7 m (5 kaki 7 inci)
Awak: 3 orang
Proteksi: Lapis baja dengan ketebalan 5–14,5 mm (0,20–0,57 inci)

Persenjataan

Persenjataan utama
1 × senapan mesin MG34 (untuk Sd.Kfz 221)
Meriam otomatis 1× 2 cm KwK 30 L/55 (untuk Sd.Kfz 222)
Persenjataan sekunder
1 × Maschinengewehr 34 (untuk Sd.Kfz 222)

Mesin

Horch 3.8 V8 bensin 90 PS (66 kW; 89 hp)

Sistem penggerak: Roda 4x4
Jarak jelajah maksimum: 350 km (220 mil)

Kecepatan maksimum

Jalan raya: 80 km/jam (50 mph)
Lintas alam: 40 km/jam (25 mph)

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan/Light Tank Stingray I)

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kelima, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Dunia II, #Jerman

Selasa, 04 Juni 2024

Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Keempat


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Selasa, 4 Juni 2024

Kendaraan pengintai ini merupakan kendaraan pengintai yang cukup terkenal di era Perang Dunia II. Semenjak awal kemunculannya, militer Jerman terus memaksimalkan performanya sehingga kendaraan ini menjadi salah satu alutsista andalan Jerman saat Perang Dunia II berkecamuk. Nama alutsista ini adalah Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222). Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Ketiga", silahkan disimak:

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Varian


Sd. Kfz. 221

Model dasar dan seri produksi pertama ranpur lapis baja ringan yang dibuat dengan sasis standar untuk keperluan militer, sebutan untuk ranpur ini adalah Leichter Panzerspähwagen (MG). Sd.Kfz. 221 dipersenjatai dengan satu senapan mesin Maschinengewehr (MG) 13 kaliber 7,92 mm, yang kemudian pada tahun 1938 diganti dengan Maschinengewehr (MG) 34. Ranpur ini memiliki dua awak (pengemudi dan komandan sekaligus juru tembak), dan dilengkapi dengan penggerak empat roda. Produksi varian ini berlangsung dari tahun 1935 hingga 1940 dengan setidaknya 339 unit yang diproduksi. Varian ini hanya diproduksi dengan menggunakan sasis Ausf. dan pelindung depan dengan ketebalan maksimum 14,5 mm. Beberapa Sd. Kfz 221 dipersenjatai kembali dengan senapan anti tank berat sPzB 41 kaliber 2,8 cm dalam turret yang dimodifikasi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran HAL Dhruv Mk 1 to 4)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Sd. Kfz. 222

Ranpur varian ini dipersenjatai dengan autocannon KwK 30 L/55 kaliber 2 cm dan satu senapan mesin MG 13. Sebutan lengkap ranpur ini adalah Leichter Panzerspähwagen (2 cm). Awaknya bertambah menjadi tiga orang dengan penambahan seorang penembak, sehingga komandan tidak lagi merangkap tugas menjadi juru tembak. Pada tahun 1938, persenjataan sekunder senapan mesin MG 13 digantikan oleh senapan mesin MG 34 yang lebih mematikan, dan pada tahun 1942 KwK 30 digantikan oleh KwK 38 yang menembak lebih cepat dengan kaliber yang sama. Produksi varian ini berlangsung dari tahun 1937 hingga akhir tahun 1943, dengan setidaknya 990 unit yang diproduksi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Farman F.220 Series)

Sd. Kfz. 223

Ranpur lapis baja dengan fitur mirip dengan Sd. Kfz. 221, tetapi dengan tambahan bingkai antena dan perangkat radio jarak menengah FuG 10 30 watt. Varian ini disebut juga sebagai Leichter Panzerspähwagen (Fu). Versi kendaraan yang lebih baru dilengkapi dengan perangkat radio FuG 12 80 watt yang ditingkatkan. Awalnya dipersenjatai dengan senapan mesin MG 13, tetapi pada tahun 1938 diubah menjadi MG 34. Tiga awak terdiri dari seorang pengemudi, komandan dan operator radio. Produksi varian ini berlangsung dari tahun 1936 hingga Januari 1944, dengan setidaknya 567 unit diproduksi.

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Keempat. Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kelima", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Dunia II, #Jerman

Senin, 03 Juni 2024

Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Ketiga


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 3 Juni 2024

Kendaraan pengintai ini merupakan kendaraan pengintai yang cukup terkenal di era Perang Dunia II. Semenjak awal kemunculannya, militer Jerman terus memaksimalkan performanya sehingga kendaraan ini menjadi salah satu alutsista andalan Jerman saat Perang Dunia II berkecamuk. Nama alutsista ini adalah Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222). Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kedua", silahkan disimak:

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Ketika berbagai kekurangan pada ranpur ini menjadi semakin nyata saat operasinya selama invasi ke daratan Uni Soviet pada tahun 1941, Sd.Kfz. 222 secara bertahap mulai ditarik dari garis depan dan posisinya dalam peran pengintaian digantikan oleh Sd.Kfz. 250 yang memiliki performa yang lebih baik (yang juga memiliki konfigurasi halftrack), namun turet dan persenjataan Sd Kfz 222 kadang-kadang tetap dipertahankan, meskipun terdapat kekurangan (varian Sd.Kfz.250/9 adalah Sd.Kfz.250 yang dilengkapi dengan pelat atas dan turet yang sama serta kombinasi senjata Sd.Kfz 222 yang dipasang pada setengah lintasan).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Bomber Aircraft/Pesawat Pembom ringan Fairey Fox)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Menurut catatan resmi yang diperoleh setelah perang berakhir, banyak dari ranpur Sd.Kfz 222 yang berhasil dirampas oleh Rusia kemudian dibongkar serta dipelajari oleh insinyur-insinyur Rusia, yang kemudian menjadi dasar dari ranpur lapis baja ringan BA-64 milik Rusia yang serupa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran HAL Dhruv Mk 1 to 4)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Secara umum, ranpur ini pada bagian depan dan samping diperkuat dengan material RHA yang memiliki ketebalan 8 mm (0,3 in). Proteksi lainnya adalah pelat tipis 5 mm (0,2 in) digunakan untuk bagian atas, belakang, dan bawah. Port vision cor kemudian menggantikan port yang dipotong menjadi armor. Turet dengan atap terbuka dilengkapi dengan proteksi (sangkar) anti granat yang terbuat dari kawat baja. Mulai tahun 1939, lapis baja bagian depan ketebalannya ditingkatkan menjadi 14,5 mm (0,6 in). Pada tahun 1942, Ausf. Sasis B diperkenalkan Dimana varian ini memiliki proteksi bagian depan dengan ketebalan 30 mm, serta mesin yang lebih bertenaga.

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Ketiga. Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Keempat", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Dunia II, #Jerman