Senin, 25 September 2017

Tank Tempur Berat / Heavy Tank - Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) - "PANTHER"


Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Senin, 25 September 2017

Postingan kali ini, adalah tank yang sebenarnya bisa digolongkan ke dalam Heavy Tank, memiliki bobot yang cukup masif, memiliki lapisan baja (armor) yang lumayan tebal, dan sedari awal memang dirancang untuk dapat mengungguli kehebatan tank milik Uni Soviet seperti T-34/76A, yang merupakan musuh terberat pasukan tank Nazi Jerman (sehingga dijuluki monster from the east). Tank ini memiliki berbagai kelebihan yang menjadi dasar rancang bangun tank untuk masa-masa selanjutnya, di berbagai negara.


Kalau mau tanya, tank mana yang menempati urutan papan paling atas selama palagan Perang Dunia II? Nama tank Panther dari Jerman tentu menjadi salah satu nama yang akan disebut. Tank dari tipe ini punya berbagai keunggulan, baik dalam hal mobilitas, kemampuan tempur, hingga pertahanan proteksinya (lapisan baja) yang sangat kuat.

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Panther diproduksi setelah kemunculan dari T-34 versi 76 (T-34/76) yang dibuat Uni Soviet. Saat itu, Fuhrer yang geram akan kemunculan monster baja Rusia, T-34 segera memerintahkan industri dalam negerinya untuk membuat tank yang mampu membungkam bahkan mengeliminir keganasan lapis baja Tentara Merah.

Kategori tank yang diminta sebenarnya tidak terlalu muluk. Berat sekitar 30 ton, dengan persenjataan utama kanon 75 mm KwKL/70. Dua pabrikan Daimler Benz dan MAN (Maschinenfabrik Augsbrug Nurenberg) segera merespon. Untuk urusan persenjataan utama alias meriam dan kubah, pabrik Rheinmetall-Borsig ikut ambil peran.


Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Daimler-Benz membuat purwarupa VK3002 (pengembangan dari VK3001 yang merupakan jiplakan dari T34/76  milik Uni Soviet dengan ukuran lebih besar). Sementara MAN membuat purwarupa Panther. Purwarupa ini selesai pada musim semi 1942. Beda dengan rancangan Daimler-Benz yang menempatkan kubah di depan lambung tank, MAN lebih memilih posisi kubah berada tepat di tengah lambung.

Sang fuhrer awalnya memilih purwarupa yang diajukan oleh Daimler-Benz, bahkan sebanyak 200 unit telah masuk daftar pesan untuk diproduksi. Namun, dengan pertimbangan bahwa tank ini dapat menimbulkan salah identifikasi di kalangan pasukan Jerman maupun Pasukan Merah (Karena bentuknya mirip dengan T-34/76), pilihan akhirnya jatuh pada purwarupa tank Phanter yang dibuat oleh pabrikan MAN.

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Pada medio Juni sampai dengan Juli tahun 1942, purwarupa tank tempur medium Panther mendekati masa penyelesaian. Hitler kemudian memerintahkan produksi Panther dilaksanakan mulai bulan Desember 1942, Hitler sebenarnya menginginkan tank ini Menggunakan senjata utama meriam kaliber 75mm KwK42L/100. Tetapi, karena pada saat itu kanon yang diinginkan belum tersedia, maka digunakanlah kanon yang lebih pendek, yaitu KwK 42 L/70 kaliber 75mm.

Meski demikian, toh kanon ini tak kalah mematikan dibandingkan versi rencananya. Dari jarak 1 kilometer, tembakannya masih mampu menjebol lapisan baja sampai dengan ketebalan 150mm. Kemampuannya ini konon diklaim lebih tinggi dari kinerja kanon 88 mm yang digunakan oleh Tiger tank.

(Baca juga artikel tentang Tiger Tank)

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Tahun 1943, tank tempur berat Panther telah diprodusi sedikitnya 1000 unit. Produksi ini termasuk 250 unit seri D (Ausf D) yang diturunkan dalam operasi Zitadelle (citadel). Namun, dalam operasi di Kursk ini, Ausf D/D1 yang ditenagai mesin Maybach kapasitas 23.000 cc nyatanya masih mengalami beberapa masalah. Entah karena apa, tetapi Jerman saat itu cukup dibuat pusing oleh masalah teknis yang seharusnya tidak terjadi (terlebih lagi di saat genting saat eskalasi perang semakin menghebat, terutama di front timur). 

“Masalah antara lain terjadi pada bagian gearbox, suspensi, dan kebakaran di mesin", demikian menurut sebuah laporan resmi dari pihak Jerman.

Sungguh menyedihkan memang. seperti halnya dengan saudara tuanya Tiger, tank yang dipesan khusus oleh Hitler ini banyak berguguran justru dalam perjalanan menuju medan perang.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer - SdKfz 173 JAGDPANTHER)

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Menanggapi hal ini, dalam sebuah buku rujukan Bapak Tank Jerman Heinz Guderian pernah mengeluarkan statement. “Panther saat itu memang masih mudah terbakar. Sistem bahan bakar dan oli masih belum sempurna. Tidak ada proteksi di situ. Lainnya adalah karena para kru yang diturunkan masih belum cukup mendapat pelatihan,” tuturnya.
Kenyataan yang suram benar-benar dialami awak tank Panther dalam masa awal operasinya. Bagaimana tidak miris, dari 250 unit yang diproduksi dan operasional, hanya tersisa 43 unit yang masih bisa dioperasikan hingga Agustus 1943.

Sejak saat itu, berbagai pembenahan segera dilakukan. Problem pada komponen-komponen yang bermasalah seperti gearbox dan sistem lain tidak lagi ditemukan. Panther hasil benah ulang ini diberi label Ausf A. Perbaikan pada Panther Ausf A juga diantaranya meliputi bagian kubah, kupola komandan, dudukan senapan mesin anti pesawat MG34. Antara Agustus 1943 hingga Mei 1944 model ini diproduksi sebanyak 2.200 unit oleh 4 pabrik, yakni MAN, Daimler-Benz, Demag, dan Henschel.

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Tank Panther Ausf A menjadi standar tank Nazi Jerman saat menyerbu Normandia. Dalam pertempuran hebat ini, Jerman harus merelakan kehilangan sekitar 400 unit tank Panther Ausf A.

Setelah Ausf A, Jerman meneruskan dinasti Panther dengan Ausf G. Model ini juga diproduksi cukup banyak dengan beberapa pembenahan pada bagian bagian suspensi, periskop, serta lambung. Versi ini menghilangkan visor atau tingkap penglihatan untuk pengemudi, yang juga menjadi titik lemah dari tank ini. Varian yang dibuat meliputi tank komando dan observasi serta ARV (Armoured Recovery Vehicle) Bergepanther. Antara Maret 1944 sampai dengan April 1945, sekitar 2.950 unit Ausf G diproduksi oleh MAN, Daimler-Benz, dan MNH.

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Bila ditotal secara keseluruhan, selama Perang Dunia ke II, Nazi Jerman memproduksi tank Panther kurang lebih 6.000 unit. Tank Panther juga nyaris diproduksi secara lisensi di Italia oleh Fiat-Ansaldo. Namun negeri Pizza itu keburu mengalami kekalahan dalam perang.

Antara 1943-1944 beberapa unit Panther dijual ke Hungaria dan Swedia. Bagi Jerman sendiri, keberadaan mesin perang ini memang tinggal legenda. Mampu merontokkan persenjataan lawan secara signifikan, tangguh, namun sia-sia karena pada akhirnya Jerman menyerah kalah kepada sekutu.

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) "Panther"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Berat / Heavy Tank - Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) Ausf G Heavy Tank


Mulai berdinas penuh: 1944
Kru: 5
Berat: 45.465 kg 

Dimensi  

Panjang: 8,87 M 
Tinggi (over turet hatch): 2,97 M
Lebar: 3,43 M

Persenjataan 

Senjata utama: 
Meriam kaliber 75mm Kwk 42L/70 
Senjata sekunder: 2 X Senapan mesin kaliber 7,92mm 
Armor/Ketebalan baja: Max 100 mm

Mesin 

Maybach HL230 P30 V12 petrol, 522 KW/700 Hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 46 Km/jam (Jalan Raya)
Radius tempur: 200 Km

Demikianlah artikel mengenai Tank Tempur Berat / Heavy Tank - Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) - "PANTHER" ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu


-----------------------------------------

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik serta menambah wawasan! Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus