Selasa, 26 Juni 2018

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1)


Tank Tempur Utama - Strv 103 S
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 26 Juni 2018

Strv 103 S buatan Swedia adalah Main Battle Tank yang sangat unik, walaupun, sebenarnya sebutan main battle tank kurang begitu tepat untuk mendeskripsikan tank ini, mungkin "Tank destroyer" lebih memenuhi kriteria penamaannya.  Satu ciri khas yang sangat mencolok adalah: Tank ini sama sekali tak memiliki turet! 

Tank Tempur Utama - Strv 103 S
militerbanget.blogspot.com

Otomatis, saat hendak mengarahkan meriam ke sasaran, tank tersebut harus melakukan gerakan "pivot" atau gerakan memutar dengan mengandalkan gerakan roda tracknya! Secara umum,  kemungkinan besar idenya berdasarkan pada tank destroyer yang memang populasinya sangat banyak pada saat Perang Dunia ke II berkobar, (Salah satunya adalah Tank Perusak atau Tank Destroyer, SdKfz 173 Jagdpanther).

Tank Tempur Utama - Strv 103 S
militerbanget.blogspot.com

Tank ini dikembangkan berdasarkan penelitian terhadap kerusakan dan resiko cidera pada tank atau krunya pada saat pertempuran. Penelitian itu menunjukkan kemungkinan besar, serangan akan merusak turet dan juga meriam utama, tetapi di bawah itu (sekitar 1 meter di bawah turet), hanya sedikit kerusakannya. Para perancang Swedia kemudian memutuskan untuk menghilangkan turet sama sekali, memasang senjata utama langsung pada casis, dan harus diputar badannya bila ingin menembak ke arah tertentu. 

Tank Tempur Utama - Strv 103 S
militerbanget.blogspot.com

Tank ini dipasang sekop buldozer di bagian depannya sehingga dapat mempersiapkan posisi dengan badan terkubur ke dalam tanah dan juga dipasang flotation screen karena banyak wilayah berupa perairan di Swedia.

Dengan bobot hampir 40 ton, suspensi hydro-pneumatic, dan crew tiga orang, S Tank bermesin multi-fuel Rolls Royce K60 (dipasang di bagian depan badan tank untuk menambah proteksi kru), memiliki kecepatan maksimum 50 km/jam dan jarak tempuh maksimum 390 km. Dipasang juga mesin kedua, yaitu mesin turbin gas Boeing 553, untuk membantu menyalakan mesin pada saat musim dingin dan memberikan tenaga tambahan saat bertempur atau bermanuver di medan yang berat (berlumpur atau salju).

Tank Tempur Utama - Strv 103 S
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan utamanya adalah meriam Royal Ordnance kaliber 105mm dengan automatic loader, dan senjata sekunder sepasang senapan mesin koaksial 7,62mm dan satu lagi untuk anti pesawat. 

Sebanyak 300 unit Strv 103 diproduksi pada periode 1967-1971, dan memperkuat tiga brigade tank, masing-masing brigade memiliki 72 unit dan dua batalion tank independent.


Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com




tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom, PUBG, FF, PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, Free Fire, Rules Of Survival, Rules Of Survival, Knives Out, Creative Destruction, Hopeless Land, Survivor Royale, PUBG versi PC, PUBG Mobile, PUBG Lite hingga PUBG x Resident Evil 2, IFV, Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar