![]() |
| Pesawat Latih Dasar/Basic Trainer Aircraft Nanchang CJ-6 militerbanget.blogspot.com |
Beraban, Tabanan, Bali, Jum'at, 28 November 2025
Sambungan dari Bagian Pertama
Dengan perubahan tersebut, pesawat CJ-6 akhirnya berhasil lolos seleksi dan diputuskan untuk diproduksi secara massal. Pada tahun 1965, dapur pacu standar yaitu mesin HS-6 kemudian ditingkatkan lagi dayanya menjadi 285 hp. Mesin hasil peningkatan ini diberi nama baru HS-6A, dan pesawat yang dilengkapi dengan mesin baru ini kemudian diberi kode penamaan baru yaitu CJ-6A.
![]() |
| Pesawat Latih Dasar/Basic Trainer Aircraft Nanchang CJ-6 militerbanget.blogspot.com |
Menurut satu sumber resmi, angka produksi pesawat ini mencapai 3.000 unit pesawat, dimana Sebagian besar produksi CJ-6 tersebut didistribusi untuk pelatihan kadet penerbang PLAAF (Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat) dan sisanya diekspor (sebagai PT-6) ke berbagai negara termasuk Albania, Bangladesh, Kamboja, Korea Utara, Tanzania, dan Sri Lanka.
![]() |
| Pesawat Latih Dasar/Basic Trainer Aircraft Nanchang CJ-6 militerbanget.blogspot.com |
Ironisnya, walaupun terkenal karena mudah serta murah dalam hal operasional serta perawatan, dan juga handal, pesawat latih dasar CJ-6 baru berhasil mendapatkan sertifikasi untuk penerbangan sipil pada tanggal 28 Februari 2019, setelah lebih dari 60 tahun dioperasikan oleh militer di Cina.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang dan Intai Taktis / Attack and Tactical Reconnaissance Aircraft - TSR.2)

Pesawat Latih Dasar/Basic Trainer Aircraft
Nanchang CJ-6
militerbanget.blogspot.com
Informasi umum

Nanchang CJ-6
militerbanget.blogspot.com
Satu catatan menarik mengenai Nanchang CJ-6 adalah, pesawat ini banyak menggunakan mekanisme pneumatik untuk menggerakkan gigi dan ekstensi atau retraksi flap, sistem operasi rem, dan untuk menyalakan mesin. Pompa udara terintegrasi yang mengandalkan daya dari mesin kemudian berfungsi untuk mengisi ulang sistem tersebut. Namun, apabila tekanan udara pada sistem tersebut terlalu rendah untuk menghidupkan mesin, tangki udara internal dapat diisi ulang menggunakan bantuan sumber tenaga eksternal. Jika sumber eksternal tidak tersedia, mesin pesawat ini dapat dinyalakan dengan metode lama, yaitu memutar bilah propeller secara manual.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Mesin Serba Guna / General Purpose Machine Gun - FN MAG)

Pesawat Latih Dasar/Basic Trainer Aircraft
Nanchang CJ-6
militerbanget.blogspot.com
Catatan tambahan:

Nanchang CJ-6
militerbanget.blogspot.com
Mekanisme Pneumatik adalah mekanisme yang memanfaatkan udara bertekanan untuk membantu kerja mekanis. mekanisme ini bekerja dengan memampatkan udara yang kemudian digunakan untuk menggerakkan aktuator seperti silinder atau motor udara. Keunggulan utama dari system ini meliputi keamanan, kebersihan (karena menggunakan udara), dan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan sistem hidrolik yang menggunakan cairan.
Cara kerja
Sumber energi: Kompresor udara menyerap udara dari lingkungan dan dikompresi.
Media kerja: Udara yang dimampatkan ini kemudian disaring dan diolah (misalnya, diatur kelembabannya) sebelum dialirkan ke aktuator melalui selang.
Penggerak: Aliran udara bertekanan ini digunakan untuk menggerakkan komponen mekanis, seperti silinder pneumatik yang bisa bergerak maju, mundur, naik, atau turun.
Kontrol: Katup solenoid atau katup kontrol lainnya digunakan untuk mengatur arah dan aliran udara ke aktuator, sehingga mengendalikan gerakan.
Bersambung ke Bagian Ketiga
Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. History Of Airplane
2. Beberapa sumber lain
Tag:
#Alutsista
#Cina
#Pesawat
#Pesawat_Latih
#Pasawat_Latih_Dasar


