Selasa, 26 Juni 2018

Pesawat Tempur Multiperan / Multirole Fighter Jet - S.E.P.E.C.A.T JAGUAR BAGIAN 1


Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 26 Juni 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang satu pesawat jet tempur multiperan (multirole) hasil kerja sama yang apik antara Inggris dan Prancis. Dirancang berdasarkan tuntutan akan satu pesawat yang mampu menjalani beberapa peran sekaligus, selain sebagai pesawat tempur, pesawat ini juga harus mampu mengemban tugas sebagai pesawat penyergap, dan juga pesawat pembom ringan guna memberikan bantuan kepada pasukan di darat.

Demi alasan efesiensi dalam hal anggaran, maka dua negara pemenang pemenang Perang Dunia ke II, yaitu Inggris dan Prancis, berkomitmen untuk bekerja sama dalam merancang satu pesawat, yang nantinya akan dioperasikan oleh kedua negara tersebut.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Salah satu unsur paling penting didalam menyelenggarakan sebuah program kerja sama antar negara adalah penggabungan dan penyelarasan kecakapan dan sumber daya yang ada di antara negara-negara yang bersepakat untuk melakukan kerja sama. Hal tersebut berlaku disemua bidang termasuk kerja sama di dalam bidang pengembangan teknologi kedirgantaraan. Demikian pula halnya dengan kerja sama yang dilakukan Inggris dan Prancis dalam mengembangkan pesawat tempur multiperan/multirole yang dikemudian hari pesawat tersebut dikenal dengan nama SEPECAT Jaguar.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Berawal dari kebutuhan akan sebuah pesawat tempur yang mampu memikul tugas utama sebagai pesawat penyergap disamping mampu berperan sebagai pesawat pemberi dukungan serangan dari udara terhadap pasukan yang ada di darat, mampu melakukan penetrasi ke belakang wilayah pertahanan pihak lawan, dan mampu melakukan pengintaian.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Inggris dan Perancis bersepakat memenuhi kebutuhan tersebut melalui sebuah program kerja sama. Penelitian mulai dilakukan pada awal tahun 1960. Dari penelitian ini. Perancis menghasilkan proposal ECAT (Ecole de Combat et Appui Tactique) da menunjuk perusahan Dassault-Breguet untuk mengembangkan purwarupa Br. 121. Sedangkan Inggris melalui angkatan udaranya menghasilkan proposal Air Staff target 362 dan menunjuk perusahan British Aerospace untuk mengembangkan pur P.45. dari penggabungan prototipe ini nantinya lahir SEPECAT Jaguar.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan antara Inggris dan Perancis pada bulan Mei 1965. Perancis ditunjuk sebagai penanggungjawab program, dan perusahaan Dassault-Breguet diserahi tnggung jawab mengelola pelaksanaan proyek pengembangan Jaguar yang didaftarkan dengan nama S.E.P.E.C.A.T (Societe Europeanne de Production de l’Avion d’Ecole de Combat et d’Appui Tactique).

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

PENAMPILAN DAN KHARAKTERISTIK PESAWAT

Kesan sepintas yang bisa diperoleh dari sosok Jaguar adalah tubuhnya yang tampak ringkas, kecil, dan ramping. Seperti layaknya pesawat tempur pada umumnya, tubuh Jaguar bisa dibagi menjadi tiga bagian. Bagian depan dan tengah termasuk ruang penyimpanan roda pendarat utama dibuat oleh Dassault-Breguet. Jaguar menggunakan empat buah roda pendarat utama dan sebuah roda pendarat depan, dan membutuhkan tiga buah “Landing Gear” buatan perusahaan Messier-Hispano-Bugatti. Landing gear untuk roda pendarat utama terdiri atas sebuah “pivoted axle beam”, sebuah penopang bagian bawah kaki utama. Sedangkan Landing Gear untuk roda depan terdiri dari sebuah penarik, sebuah penopang kaki bagian bawah, tuas kemudi, dan sebuah garpu yang menghubungkan roda dengan ketiga perangkat tersebut. Semua roda yang dipakai Jaguar buatan perusahaan Dunlop.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Perusahaan British Aerospace (Bae) bertanggung jawab membuat tubuh pesawat bagian belakang, sayap ekor, fin, dan sayap utama. Sepasang sayap utama pada Jaguar dipasang miring ke belakang dengan sudut kemiringan 40 derajat, dan terbuat dari bahan campuran aluminium padat dengan sepasang tiang penyangga berada di dalamnya. 

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

“Aileron” yang biasanya digunakan untuk melakukan manuver “roll” atau gerakan guling dan untuk menyangga agar pesawat tidak miring ke kanan atau ke kiri pada saat melakukan pendaratan tidak terdapat pada sayap Jaguar. Yang ada masing-masing sayapnya hanyalah sepasang “spoiler” yang ditempatkan tepat di depan sepasang “flap”. Selain sayap ekor, “fin” dan sayap utama, di bawah “nozzle” juga terdapat sepasang “fin” yang sangat berguna untuk menambah kestabilan pada saat terbang dengan kecepatan tinggi.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Di bawah sepasang sayap utamanya yang merentang selebar 8,69 meter dan di bawah tubuhnya yang membujur sepanjang 16,83 meter terdapat empat buah dan sebuah pylon untuk mencantelkan persenjataan. Pada kelima buah pylon tersebut bisa digantungkan berbagai senjata hingga seberat 4.763 kilogram. Sementara itu berat kosong Jaguar mencapai 7.000 kilogram dan berat maksimum untuk lepas landas adalah 15.700 kilgram.

Sesuai tugas-tugas yang dibebankan, Jaguar bisa membawa berbagai jenis persenjataan antara lain delapan buah bom tipe 117 k 3 yang masing-masing mempunyai berat 454 kilogram, rudal anti radar Matra AS 37 martel, dua buah rudal udara-ke-udara Matra R.550 Magic, bom nuklir AN-52, enam buah bom Durandal, dua buah rudal udara-ke-udara AIM-9P/Sidewinder, dan dua buah tangki bahan bakar cadangan RP-36 yang masing-masing berkapasitas 1.200 liter. Sedangkan tangki bahan bakar internal yang ada di dalam sepasang sayap, di dalam tubuh bagian belakang. Dan di dalam tubuh bagian tengah mampu menampung bahan bakar sebanyak 4.200 liter.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Dengan menggunakan bahan bakar yang ada di dalam tangki internal, Jaguar mempunyai radius tempur dalam misi lo-lo-lo sejauh 537 kilometer, dan jika ditambah dengan tangki eksternal menjadi 917 kilometer. Untuk radius tempur dalam misi hi-lo-hi dengan tangki internal dan external, Jaguar mampu menempuh jarak sejauh 1.408 kilometer.

Apabila radius tempur ini dibandingkan dengan pesawat-pesawat tempur lain yang sekelas dengan Jaguar, untuk misi hi-lo-hi, Jaguar menempati urutan kedua setelah Vought A-7D/Corsair, General Dynamics F-16/Fighting Falcon, Fairchild A-10 Thunderbolt, Mig-27/Flogger D, Sukhoi Su-17/Fitter dan Harrier, yang masing-masing secara berturut-turut mempunyai radius tempur 885 km, 547 km, 463 km, 390 km, dan 185 km.

Pesawat Tempur Multirole - Sepecat Jaguar
militerbanget.blogspot.com

Sejak tahap awal pengembangan hingga tahap produksi dan memasuki masa operasionalnya, terdapat dua buah mesin yang dipakai pada Jaguar. Kedua-duanya buatan perusahaan Rolls-Royce dan berjenis turbofan. Mesin pertama yang dipakai adalah Turbomeca Adour Mk 102 yang berdaya dorong 3314 kilogram afterburner dan yang kedua adalah Turbomeca Adour Mk. 104 yang berdaya dorong 4205 kilogram afterburner.

Mesin seri Mk. 104 menggantikan Mk. 102 sejak tahun 1978. Karena Jaguar memakai dua buah mesin Mk. 104, maka total daya dorong yang bisa dihasilkan adalah 8.410 kilogram. Dengan total daya dorong tersebut Jaguar mampu melaju dengan kecepatan maksimum mach 1,6 pada ketinggian 10.795 meter. Sedangkan pada elevasi rendah, kecepatan maksimum Jaguar mencapai mach 1,1. Kedua jenis mesin tersebut di atas dipasang pada semua Jaguar yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Prancis dan Inggris. Sedangkan mesin yang dipasang pada Jaguar versi ekspor adalah Turbomeca Adour Mk. 804 dan Mk. 811


Sumber: MAJALAH TEKNOLOGI STRATEGI MILITER NO. 52

Naskah Asli oleh: Warsoyo

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tempur Multiperan / Multirole Fighter Jet - S.E.P.E.C.A.T JAGUAR BAGIAN 1, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom, PUBG, FF, PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, Free Fire, Rules Of Survival, Rules Of Survival, Knives Out, Creative Destruction, Hopeless Land, Survivor Royale, PUBG versi PC, PUBG Mobile, PUBG Lite hingga PUBG x Resident Evil 2, IFV, Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle

1 komentar:

  1. Bismillah masalahnya apa TNI.AU mendapatkan jatahnya mendaptkan jaguar apa tidak?.pembahasan su.35 belum fix dituntaskan secara gamblang

    BalasHapus