Jumat, 13 Juli 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun PINDAD PM-1/PM-1A1


Pistol Mitraliur/Submachine Gun PM-1/PM1-A1
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Jum'at, 13 Juli 2018

Sepertinya, tak banyak pengamat dan pecinta militer yang mengetahui eksistensi dari pistol mitraliur ini. Selain memang tidak banyak digunakan oleh TNI (dahulu ABRI), pistol mitraliur ini ternyata memang kurang populer dan kurang diminati baik operator dalam maupun luar negeri.

Karir senjata ini juga dapat dikatakan sangat miris, selain pelan-pelan terpinggirkan, pada akhirnya senjata ini mungkin hanya menjadi benda koleksi atau senjata yang mengisi persenjataan garis belakang.

Berikut adalah artikel yang membahas tentang pistol mitraliur Pindad PM-1, disadur dari: COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN

Pistol Mitraliur/Submachine Gun PM-1/PM1-A1
militerbanget.blogspot.com

Hasil dari eratnya hubungan antara Pindad dengan pabrikan Baretta pada era tahun 1970-an tidak hanya terasa pada senapan  SP-1 yang mengadopsi BM-59, tapi juga pada pistol mitraliur PM-1 yang merupakan "naturalisasi" dari pistol mitraliur PM-12. Dengan tetap mengusung "judul" Pistol Mitraliur yang sama dengan kode dalam bahasa asalnya, PM-12 dipilih karena kemudahan dalam lini produksi.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun PM-1/PM1-A1
militerbanget.blogspot.com

Pangsa pasar yang dituju tentu saja adalah ABRI (TNI saat ini), yang sayangnya tidak terlalu antusias terhadap produk Pindad yang satu ini. Akibatnya, PM-1 lebih banyak dijadikan senjata organik pengisi kekosongan untuk personel Koramil dan Kodim, terutama untuk daerah di luar Jawa. Dan lebih ironis lagi, PM-1 yang memang kurang diminati, semakin turun kelas saat dijadikan senjata untuk latihan anggota MenWa (Resimen Mahasiswa)

Pistol Mitraliur/Submachine Gun PM-1/PM1-A1
militerbanget.blogspot.com

Lahirnya Varian PM1-A1

Menyadari realita bahwasanya ABRI tidak antusias pada PM-1, Pindad lalu mencoba untuk meraih pangsa pasar lain dengan menyasar pada personel penjaga hutan alias korps Jagawana. Dengan dilabeli sebagai “forest guard gun”, Pindad kemudian merilis pistol mitraliur PM1-A1, yang merupakan varian semi otomatis dari PM-1. Perbedaan paling menyolok pada varian ini tentu saja pada warna. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Pindad PM-1/PM1-A1
militerbanget.blogspot.com

Warna hijau dipilih sebagai warna dasar PM-1-A1 untuk menyelaraskan senjata ini dengan lingkungan operasinya. Selain itu, popor dibuat tetap alias tidak dapat dilipat. Sesuai kebijakan mengenai pembedaan jenis kaliber peluru untuk sipil dan militer, sudah barang tentu PM-1-A1 tidak boleh menggunakan peluru kaliber 9mm para yang sudah digunakan oleh TNI. bagaimana mensiasati hal ini? Dipilihlah peluru kaliber 9x21mm IMI yang diproduksi Pindad dengan kode MU-9UL.


Performa secara keseluruhan hampir sama, sementara tidak banyak modifikasi pada magasen maupun mekanisme internal, mengingat MU-9IL memiliki dimensi yang nyaris sama dengan 9x19mm. berdasarkan informasi, sebagian dari PM-1-A1 merupakan konversi dari PM-1 "rasionalisasi" persenjataan eks TNI. Sayangnya, kinerjanya serta jarak tembak efektifnya kurang memadai jika dioperasikan di rimba.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun PM-1/PM1-A1
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pistol Mitraliur / Submachine Gun PINDAD PM-1/PM-1A1
Asal negara: Indonesia


Tahun produksi: 1970-an
Kaliber: 9x19mm Para / 9x21 mm 
Sistem operasi: Blowback

Panjang keseluruhan  

660mm (popor terentang)
418mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 200mm
Bobot kosong: 3,20 kg
Vo meninggalkan laras: - fps
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 550 ppm
Kapasitas magasen: 32 peluru

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun PINDAD PM-1/PM-1A1", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

2 komentar:

  1. Untuk ganti popor lipat bawaan dengan yg SS1 series seperti di gambar gmn caranya y gan??

    Cara supaya bisa mounted scope red dot atau sejenisnya gmn??

    BalasHapus
  2. Apakah masih digunakan atau sudah di ganti dengan ss1

    BalasHapus