Selasa, 10 Juli 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun Beretta PM-12/12S


Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Selasa, 10 Juli 2018

Pengembangan Pistola Mitragilica (pistol mitraliur dalam bahasa Indonesia) diawali dengan purwarupa Modelo 10 dan 12, dan merupakan pistol mitraliur/submachine gun Italia pertama yang dirancang setelah Perang Dunia Ke II

Untuk zamannya, PM-12 mengadopsi mekanisme yang terbilang sangat inovatif, dengan membuat bolt yang membungkus sepertiga panjang laras.

Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Pistol mitraliur ini memiliki berat kosong 3,48 kilogram, dan sekitar 3,820 kg dengan tambahan peluru. Panjangnya 660 milimeter dengan terentang, dan panjang keseluruhan saat popor terlipat sekitar 418 mm. Efesiensi dimensi dapat dicapai dengan menggunakan laras yang diselubungi oleh rumah bolt, yang dikenal sebagai bolt teleskopik. Konfigurasi ini dapat mengurangi panjang keseluruhan senjata tanpa mengurangi panjang laras atau berat bolt. Menganut mekanisme penembakan dari open bolt dan memiliki rate of fire maksimum sekitar 550 tembakan per menit.

Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Laras dan rifling dilapisi krom untuk mencegah deposit karbon yang merupakan residu dari mesiu. Selongsong bolt memiliki alur untuk dapat menjaga pergerakan bolt, bahkan dalam kondisi yang sangat ekstrem seperti terkena lumpur, debu, atau pasir.

Ada dua keuntungan yang bisa didapat dengan mekanisme seperti ini. Pertama, panjang keseluruhan pistol mitraliur bisa dibuat seminimal mungkin tanpa mengurangi tingkat akurasinya. Kedua, efek naiknya laras yang bergerak bebas dapat diredam oleh bolt itu sendiri, terutama oleh bobot bolt yang cenderung berat di depan. 

Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Diluar hal tersebut, PM-12 dirancang dengan sangat praktis dan kompak. Keseluruhan bagian receiver dibuat dengan bentuk tabung dari bahan baja press (stamping) sehingga ongkos produksinya bisa sangat efesien dan proses produksinya terbilang tidak terlalu rumit. 

Pistol mitraliur ini juga memiliki tingkat maksimal dalam hal daya tahan terhadap cuaca, dengan melapisi body pistol mitraliur ini dengan finishing phospating dan epoxy resin sehingga body pistol mitraliur ini tak mudah berkarat. 

Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Fitur keamanan juga tidak luput dari perhatian. PM-12 memiliki fitur grip safety yang harus ditekan bila operator ingin menembakkan senjata ini. Dalam kondisi normal, grip safety akan mengunci bolt pada posisi menutup. Tidak mengherankan bila banyak negara tertarik dan membeli lisensinya, termasuk Brasil dan Indonesia.


Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1970-an, diperkenalkan versi upgrade berwujud PM-12S. Perubahan yang tampak adalah pada kenop setelan mode penembakan yang kini dapat diakses dengan tuas selektor biasa (S-1-F) yang menyatu, dimana pada model PM-12 masih mengadopsi tombol tekan dan terpisah antara tombol pengaman dan tombol pilihan mode penembakan. 

Selain itu, ada pula perbaikan pada sistem pisir dan pejera. Pada pisir PM-12S sudah mengenal flip-up rear sight dengan setelan jarak tembak 100-200 m, ditambah dengan engsel popor yang diperkuat agar stabil dalam menahan efek tolak balik.

Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun Beretta PM-12/12S


Asal negara: Italia
Tahun: 1960-an
Kaliber: 9x19mm
Sistem operasi: Blowback

Pistol Mitraliur/Submachine gun
Beretta PM12/12S
militerbanget.blogspot.com

Panjang keseluruhan  

660mm (popor terentang)
418mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 200mm

Bobot kosong: 3,2 kg
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 550 ppm
Kapasitas magasen: 20/32/40 peluru

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun Beretta PM-12/12S, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain



Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar