Rabu, 20 September 2017

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - M3/M3A1

Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 20 September 2017

Kembali pada postingan yang ber "aroma" militer. Kali ini, yang akan dibahas adalah pistol mitraliur atau sub machinegun yang berasal dari blok sekutu. Senjata besutan negara Paman Sam ini sengaja diciptakan untuk memenuhi tuntutan perang yang semakin menggila. Kebutuhan yang sangat mendesak akan senjata yang memiliki persyaratan, murah, cepat dan mudah, baik dalam hal produksi, penggunaan, serta perawatan seakan menjadi label utama dalam perancangan senjata. Akhirnya, senjata ini tercipta. Berikut ini adalah ulasan yang sangat singkat dari senjata ini (dikutip dari majalah "SUB MACHINE GUNS - KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN - War Machine Series - COMMANDO):

Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Eskalasi pertempuran saat Perang Dunia II yang semakin menghebat akhirnya memaksa Amerika Serikat mencari solusi pistol mitraliur yang dapat diproduksi dengan murah, mudah dan cepat, karena M1A1 yang merupakan versi perbaikan dari Thompson dinilai masih terlalu rumit dan mahal untuk diproduksi. Setelah RFP (Request for Proposal) diajukan oleh US Ordnance, akhirnya purwarupa T20 karya George Hyde dan frederick Sampson keluar sebagai pemenang. Diproduksi sebagai M3 SMG, senjata ini boleh dibilang telah melenceng dari pakem senjata rancangan Amerika Serikat.


Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Bentuknya sangat sederhana, namun fungsional. 
Pistol mitraliur ini, secara sederhana dapat digambarkan sebagai satu tabung receiver besar yang dipasangi dengan pistol grip dan mekanisme berupa bolt yang berukuran besar yang bergerak pada poros guiding rod ganda. Fitur pengaman digabungkan bersama dengan fitur dust cover, dimana pada saat dust cover ditutup, tonjolan dibaliknya akan mengunci bolt agar tidak bisa bergerak ke depan untuk memantik primer. Kalau dust cover lupa ditutup, jangan ditanya. Terbentur sedikit saja, M3A1 dijamin langsung meletus. Fitur tersembunyi lainnya, popor tarik model kawat yang juga dapat digunakan sebagai cleaning rod dan pembuka drat laras. 

Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Minyak pembersih senjata juga bisa disimpan di bagian dalam grip M3. Dengan bentuknya yang simpel dan praktis, M3 dijuluki greaser karena memang bentuknya mirip dengan kaleng semprot oli (grease).

Tak butuh waktu lama, M3 langsung diujicoba dalam medan tempur dengan Korps Marinir di pasifik sebagai pengguna terbesarnya. Sayangnya, varian awal M3 mengalami problem pada tuas pengokang yang dibuat terpisah dengan bolt.


Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Varian penyempurnaannya, M3A1, menghilangkan pengokang ini dan sebagai gantinya penembak dapat mengokang senjata melalui cerukan pada bolt. Berbeda dengan Thompson M1A1 yang mandek kariernya pada Perang Dunia II, M3A1 meneruskan eksistensinya di medan pertempuran Vietnam, menjadi senjata pilihan Montagnards dengan modifikasi berupa flash hider kerucut T37. M3A1 juga masih jadi senjata standar awak tank, sampai akhirnya pistol mitraliur ini digantikan posisinya oleh M4 pada awal 90-an. Sekarang, M3A1 oleh Philipines Marine Force Recon dimodifikasi untuk operasi senyap dengan penambahan peredam suara dan alat bidik modern berupa optik red dot. Kurang lebih 20 pucuk M3A1 dikonversi dalam konfigurasi ini.

Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun - M3/M3A1


Tipe: Pistol mitraliur
Negara asal: Amerika Serikat

Sejarah pemakaian

Masa penggunaan: 1942–1994
Digunakan oleh: Amerika Serikat, Filipina
                    Perang Vietnam, Perang Teluk

Sejarah produksi

Tahun: 1942
Diproduksi: 1942—
Jumlah produksi: Sekitar 680.000 unit
Varian: M3, M3A1

Spesifikasi Teknis

Berat: 3,7 kg

Pistol Mitraliur M3/M3A1
militerbanget.blogspot.com

Panjang 

570 mm (popor disorong/dilipat)
745 mm (popor terentang)
Panjang laras: 203 mm

Peluru: .45 ACP, 9 x 19 mm
Kaliber: .45 ACP (11 mm), 9 mm
Mekanisme penembakan: Blowback
Laju tembakan: 400–450 butir/menit
Kecepatan peluru: 280 m/s
Jarak tembak efektif: ~50 m
Amunisi: Magasen isi 30 butir

Demikianlah artikel mengenai pistol mitraliur M3/M3A1 ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

4 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik serta menambah wawasan! Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus
  3. Luar biasa, sungguh luar biasa! bentuk kreasi yang boleh dikatakan hasil cipta dari mahakarya!

    BalasHapus