Jumat, 07 Desember 2018

Alvis Scorpion Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)


Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at 7 Desember 2018

Diproduksi oleh Alvis di Conventry untuk menggantikan kendaraan tempur beroda Saladin dan Saracen yang telah mengabdi cukup lama, dirancanglah sekumpulan kendaraan tempur yang terbilang lengkap. 

Keluarga Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked) – CVR (T) – terdiri atas:

Scorpion Fire Support, Scimitar Anti APC (Armoured Personnel Carrier), Spartan APC, Samson ARV, Striker Anti Tank Guided Weapon (ATGW), Sultas ACV (Armoured Combat Vehicle), dan Samartian Ambulance.

Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Seluruh kendaraan tempur tersebut memiliki bobot yang terbilang ringan, mudah diangkut dengan pesawat cargo. Scorpion memiliki proteksi yang terbuat dari aluminium alloy, kuat namun bobotnya ringan, bobot kendaraan ini sekitar 7,67 ton, terbilang gesit dan cepat, dengan kecepatan maksimal mencapai 80,5 km/jam. Bentuk, tata letak, dan jumlah awak sama dengan kendaraan tempur (ranpur) Scimitar, tetapi Scorpion memiliki senjata utama yang lebih kuat, yaitu meriam L23A1 kaliber 76mm dan senapan mesin koaksial kaliber 7,62mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - M4 "SHERMAN"))

Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Meriam L23A1 dapat menembakkan empat jenis amunisi yang berbeda, yaitu:


HESH (High Explosive Squash Head) yang dapat menembus lapisan baja dengan  ketebalan medium dari jarak 3.500 meter. Tipe amunisi ini sangat efektif untuk menghancurkan roda rantai atau track dan lapisan pelindung sisi Main Battle Tank.

HE (High Explosive), Smoke base ejection tape (peluru asap), dan Canister, yaitu peluru jarak pendek anti infantri, yang berisikan 800 pelet baja yang memiliki efek yang sangat merusak. 

Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Meriamnya memiliki jarak tembak maksimum sejauh 5.000 meter, dengan spesifikasi low muzzle velocity sehingga meningkatkan akurasi tembakan, karena meriam tipe ini gaya tolak baliknya sangat kecil (light recoil) dan low barrel wear (dapat menembakkan 3.000 amunisi tipe HESH). 

Salah satu versi akhir dari kendaraan ini adalah Scorpion 90 yang memiliki senjata utama meriam Cockerill Mark 3 kaliber 90mm.

Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Supaya pembahasannya lebih berimbang, ada baiknya saya kutip artikel tulisan dari Haryo Adjie Nogo Seno, demikian tulisan beliau:


Scorpion adalah tank ringan dengan bobot sekitar 8 ton. Jadi menurut analis, inilah tank yang cocok untuk kondisi geografis Indonesia. Bobotnya yang ringan, memudahkan mobilitas tank ini, rantainya pun tak merusak aspal jalan. Riwayat desain tank ini cukup panjang, mulai dirancang pada tahun 1967 dan mulai beroperasi untuk Angkatan Darat Inggris di tahun 1973. Dengan rancang bangun dan bobot yang ringan, dua unit Scorpion versi intai/Combat Vehicle Reconnaissance dapat dimasukan ke dalam sebuah pesawat angkut tipe C-130 Hercules.

(Baca juga artikel yang sangat menarik dengan judul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - MITSUBISHI A6M ZERO))

Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Ada beberapa versi Scorpion, persenjataan yang paling berat memang kanon kaliber 90 mm, tapi Scorpion juga ditawarkan dalam versi kanon 76 mm dan SMB (senapan mesin berat) kaliber 12,7 mm. Versi kanon 76 mm pernah dilibatkan oleh Inggris dalam perang Malvinas dan perang Teluk pertama. Masing-masing versi pada kubahnya dibekali senapan mesin coaxial berkaliber 7,62 mm.

Khusus untuk versi 90 mm yang dimiliki TNI-AD dapat membawa 40 amunisi dari tipe HE, HEAT, HESH dan Smoke (dengan phosphorus). Scorpion dan Stormer sempat diterjunkan dalam operasi penumpasan GAM di NAD, tapi kemudian urung dilakukan karena ancaman embargo suku cadang oleh pemerintah Inggris. Populasi Scorpion dalam beberapa tipe saat ini mencapai 3000 unit di seluruh dunia, tergolong sebagai tank moden yang laris manis.

Saat ini Scorpion di Tanah Air memperkuat satuan Kavaleri Kostrad dalam Yon Kav 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Pasuruan, Jawa Timur. Dan Yon Kav 1 Divisi Infantri 1 Kostrad yang berada di Cijantung, Jakarta.

Alvis Scorpion
Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Alvis Scorpion Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked)


Asal Negara: Inggris
Mulai bertugas: 1973 
Kru: 3 Orang
Bobot: 7.800 kg/7,8 ton

Dimensi  

Panjang: 4,39 m 
Tinggi: (over turret hutch) 2,08 m 
Lebar: 2,18 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 76mm Smoothbore Low Velocity Muzzle atau 90mm Rifle Gun
Senjata sekunder: 
1 x 7.62 mm /0.30 in machine gun

Armor: Unknown
Mesin:  Jaguar 4.2 petrol  141,7 kW/190 hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 80.5 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 644km

Demikianlah artikel tentang Alvis Scorpion Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar