Senin, 10 Desember 2018

Pesawat Pembom Cepat Turbojet Arado Ar 234B-2


Pesawat Pembom Jet Arado Ar 234B-2
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 10 Desember 2018

Kali ini, yang akan kita ulas adalah pesawat pembom lawas besutan dari Jerman, yang muncul saat Perang Dunia ke II berkecamuk. Pesawat pembom ini tergolong sangat maju pada jamannya. 

Di saat negara-negara lain masih mengandalkan tenaga penggerak propeller untuk menggerakan pesawatnya, Jerman telah selangkah lebih maju, dengan menelurkan mesin jet yang secara definitif, sudah operasional. Walaupun kemunculannya terlambat, namun tak bisa disangkal, kehadiran pesawat tempur (Me-262) dan pesawat pembom bermesin jet, cukup menggetarkan pihak sekutu. Seandainya pesawat pembom ini muncul satu tahun lebih awal dari realisasinya, dapat dipastikan, pihak sekutu harus putar otak untuk mengatasi pesawat pembom ini. 

Pesawat Pembom Jet Arado Ar 234B-2
militerbanget.blogspot.com

Kemunculan pesawat pembom turbojet ini berawal dari spesifikasi yang diterbitkan oleh German Air Ministry pada tahun 1940. Spesifikasi tersebut berisi perintah untuk membangun pesawat intai dengan kecepatan tinggi dengan dapur pacu mesin turbojet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik dengan judul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - MITSUBISHI A6M ZERO))

Rancangan buatan Arado ini, yang kemudian dikenal sebagai Ar 234 segera menjadi icon pesawat pembom jet pertama di dunia.

Purwarupa pertama, dengan kode identifikasi Ar 234 V-1, terbang pertama kali pada tanggal 15 Juni 1943 dan segera diikuti dengan pembuatan tujuh purwarupa lainnya, seluruhnya menggunakan sistem launching trolley dan landing skid sebagai alat bantu pendaratan, karena badan pesawat ini terlalu ramping sehingga tidak dapat dipasangi roda pendarat konvensional. Cara kerja sistem ini sangat sederhana, setelah pesawat mencapai ketinggian sekitar 50 meter, launching trolley dapat dilepas, jatuh bebas dengan parasut, untuk kemudian digunakan kembali.

Pesawat Pembom Jet Arado Ar 234B-2
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa ketiga, Ar 234 V-3, dilengkapi dengan kursi lontar dan RATO (Rocket Assisted Take Off) di bawah sayap. Pada saat pengujian, launching trolley berfungsi dengan baik, tetapi segera disadari kekurangan  yang sangat vital dari sistem ini. Sistem ini mengakibatkan pesawat sangat rentan kerusakan saat mendarat, dan karena pesawat mendarat menggunakan skid, maka mobilisasi di lapangan menjadi sangat sulit, mengakibatkan mudahnya pesawat ini dihancurkan oleh pesawat musuh. 

Pesawat Pembom Jet Arado Ar 234B-2
militerbanget.blogspot.com

Ditambah lagi dengan waktu persiapan terbang kembali atau turn around pesawat ini, lebih lama dibanding pesawat lain yang memiliki sistem roda pendarat konvensional. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-34/76A)

Berdasarkan hasil uji tersebut, diputuskan untuk tidak lagi menggunakan sistem launching trolley dan skid pada pesawat ini, dan produksi pesawat selanjutnya kembali menggunakan roda pendarat konvensional, dengan konsekuensi, memperlebar badan pesawat untuk dapat mengakomodir sistem ini (mulai diterapkan pada Arado seri B).

Walaupun terkenal sebagai pesawat pembom bermesin turbojet pertama, kemahsyuran Ar 234 versi awal bukan karena misi pemboman, melainkan misi pengintaian yang dijalankannya dengan sangat baik. Pesawat ini tidak terkejar oleh pesawat pencegat milik sekutu dari tipe apapun. 

Beberapa unit dilengkapi dengan alat eksperimental sebagai pesawat tempur malam hari. Jerman akhirnya berhasil menyelesaikan pesawat yang memiliki julukan Blitz ini sebagai pembom yang memperkuat Luftwaffe pada Oktober 1944. 

Dioperasikan oleh KG76, misi pertama pembom ini adalah menyerang target saat ofensif Ardennes (Battle of Bulge) pada Desember 1944.

Kesatuan ini juga turut terlibat pada minggu awal 1945, melaksanakan 10 hari serangan putus asa terhadap jembatan Ludendorff di Remagen yang dikuasai pasukan Amerika Serikat. Blitz kemudian menjadi pembom jet pionir dan dipelajari habis-habisan oleh sekutu pasca perang Dunia ke II.

Pesawat Pembom Jet Arado Ar 234B-2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Turbojet Arado Ar 234B-2


Asal Negara: Jerman
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Cepat turbojet 2 Mesin 
Terbang Perdana: 15 Juni 1943  
Kru: 1 Orang
Bobot: 5.200 kg (Kosong), MTOW: 9.850 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 12,64 m 
Bentangan sayap: 14,11 m
Tinggi: 4.3 m
Wing Area: 26.4m2

Persenjataan:

Mampu membawa muatan bom sampai dengan 2.000 kg (konvensional)
Mesin: 2 X BMW 890 kg thrust 004B turbojets

Performa  

Kecepatan maksimum: 742 km/jam
Ketinggian maksimum: 10.000 m
Kecepatan menanjak: 350 m/menit
jarak jelajah maksimum: 1.630 km 

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Cepat Turbojet Arado Ar 234B-2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar