Senin, 02 April 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-34/76A


Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin 2 April 2018

Postingan kali ini akan membahas tentang Tank tipe Medium (menengah), lansiran dari Rusia. Tank medium ini lahir ditengah ancaman dari Nazi Jerman dengan divisi lapis bajanya yang luar biasa ganas. Strategi perang terkonsentrasi atau integral yang digunakan Nazi Jerman memang sangat superior, sangat maju dijamannya. Mengandalkan sinergi yang apik antara tank, artileri, juga pesawat, menjadikan serangan-serangan Jerman menjadi sangat terfokus dan sangat mematikan.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Di awal invasi Jerman ke Rusia, penetrasi Jerman ke wilayah Rusia sangat pesat. Tank-tank Jerman dapat dikatakan, tidak memiliki lawan yang berarti. Hampir tidak ada lawan yang sepadan untuk tank-tank Jerman. Menghadapi situasi tersebut, pihak Uni Soviet segera merancang tank yang memiliki performa yang mampu menandingi atau paling tidak menyamai performa tank Jerman.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Satu kejutan tak meyenangkan dialami Jerman setelah lima bulan melancarkan operasi Barbarossa, yaitu kehadiran tank baru Rusia yang mampu mengimbangi bahkan mengalahkan superioritas PzKpfw III dan PzKpfw IV. Jenderal Guderian sangat terkesan dengan tank baru Rusia ini, dan cara cepat untuk menyelesaikan situasi ini adalah dengan menjiplaknya! Tentu saja T-34 merupakan satu dari elemen penting penentu kemenangan perang Rusia.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

T-34 merupakan tank tempur medium racikan Uni Soviet yang diproduksi dari tahun 1940 sampai 1958. Walaupun proteksi lapis baja dan senjatanya kemudian diungguli oleh tank lainnya pada era itu, T-34 sering disebut sebagai tank paling efektif, efisien, dan memiliki desain paling berpengaruh pada Perang Dunia Ke-II. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Pertama kali diproduksi di pabrik KhPZ di Kharkov (Kharkiv, Ukraina), T-34 adalah tulang punggung andalan utama Tentara Merah pada Perang Dunia Ke-II. Dan setelah perang berakhir, tank ini lalu diekspor secara meluas ke beberapa negara, terutama negara-negara yang dekat dengan Rusia. Tank ini adalah tank tempur yang paling banyak diproduksi pada masa Perang Dunia Ke-II dan nomor dua terbanyak diproduksi sepanjang masa setelah tank T-54/55, keduanya buatan Uni Soviet. Pada 1996, T-34 masih dioperasikan oleh angkatan bersenjata di 27 negara.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Menggunakan suspensi buatan Christie, dan persenjataan utamanya adalah meriam kaliber 76,2mm, tank berbobot 30,9 ton ini berawak 4 orang, dan berkecepatan maksimal 40 km/jam. Tank ini memiliki lapisan baja yang cukup tebal, kokoh, hampir tidak ada kekurangan, dan mudah untuk diproduksi secara massal, yang menjadi satu faktor vital lainnya yang menjadi keunggulannya. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Seri berikutnya, T-34/76D memiliki turret heksagonal, tidak menggantung seperti versi sebelumnya. Turret ini mencegah terjadinya “bullet trap” yang sering dialami turret sebelumnya, terlebih lagi, membuatnya sulit dipanjat tentara musuh, menyelipkan ranjau anti tank "Teller" di bagian turret yang menggantung. 

Secara "harafiah" T-34/76 dapat dikatakan sebagai “critical tank at critical time”, alutsista yang menolong Rusia dari kekalahan lalu membantu memenangkan Perang Dunia ke II.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
T-34/76
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-34/76A


Mulai bertugas: 1940
Kru: 4 Orang
Bobot: 31.390 kg/30,39 ton

Dimensi 

Panjang: 6,09 m / 20ft
Tinggi: (over turret hutch) 2,57 m / 8ft 5 in
Lebar: 2,88 m/ 9ft 5.5 in

Persenjataan 

Senjata utama: Meriam kaliber 76,2mm Gun/3L41 Gun
Senjata sekunder: 2 x Senapan mesin kaliber 7.62 mm/0.30 in machine gun

Armor: maximum 65 mm/2.56in
Mesin: V234 V12 diesel, developing 373 kW/500hp

Performa 
Kecepatan operasional maksimum: 40 km/jam (25 mph) 
Jarak jelajah maksimum: 430 km (267.2 miles)

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-34/76A", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA TANK – GEORGE FORTY
Wikipedia
Beberapa Sumber Lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar