Senin, 30 April 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 30 April 2018

Kembali pada artikel tentang alutsista, artikel kali ini akan membahas tentang Tank Tempur Medium yang menjadi tulang punggung Divisi Lapis Baja Jerman di fase awal Perang Dunia Ke II. Tank ini merupakan jawaban atas permintaan dari bapak Tank Jerman, Hanz Guderian. 

Awalnya, untuk mendukung strategi perang kilat (Blitzkrieg), Guderian mengajukan proposal tank tempur dengan spesifikasi yang tidak terlalu “muluk”. Memiliki bobot dikisaran 20 ton, berawak 4 orang (5 orang pada versi-versi akhir), memiliki persenjataan utama minimal caliber 37mm (yang saat itu merupakan standard meriam anti tank) serta memiliki kecepatan maksimum di atas 30 km/jam. Secara umum, tank ini haruslah memiliki kemampuan diatas PzKpfw II yang saat itu menjadi tulang punggung angkatan darat Jerman. Permintaan Guderian itu dijawab dengan diciptakannya PzKpfw III.


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Tank medium Panzer III memiliki bagian depan berbentuk kotak dengan pelindung yang miring secara vertikal. Juru duduk di sebelah kiri, dan operator radio di sebelah kanan. Turet di atas tank diawaki oleh tiga orang (jumlah awak turet ini lebih banyak ketimbang konfigurasi kebanyakan tank medium pada zaman itu). Konfigurasi seperti ini membuat PzKpfw III lebih efisien dalam menembak secara berurutan dalam pertempuran. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Kubah komandan berada di atas turet. Mesin ditempatkan pada bagian belakang, ditambah dengan radiator berpendingin udara. Sistem proteksi PzKpfw III terbilang cukup kuat (untuk ukuran waktu itu), yaitu 15 mm armor baja homogen di semua sisi, 10 mm pada bagian atas, dan 5 mm pada bagian bawah. Pada varian D dan sesudahnya, ketebalan pelindung samping ditingkatkan menjadi 30 mm. Lapisan baja kebanyakan tank masa itu cenderung tebal pada bagian depan dan lebih tipis di kedua sisi dan di belakang. Tetapi tank medium PzKpfw III menerapkan lapisan armor yang sama tebalnya pada semua sisi untuk meminimalisir ancaman senjata anti-tank yang dibawa infanteri, yang mungkin datang dari segala arah. Lapisan baja yang tebal ini berdampak pada performa laju kendaraan, dimana laju kendaraan ini tergolong lambat dibanding sebagian besar rivalnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan / Utility Helicopter - Kamov Ka-60 (Bagian Pertama)

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Pada varian selanjutnya, lapisan baja pada tank ini semakin ditingkatkan hingga 70 mm, meskipun peningkatan selanjutnya cenderung kembali ke "trend" konvensional, dimana lapis baja lambung depan lebih tebal ketimbang bagian lainnya. 

Tak lama setelah kemunculannya, PzKpfw III ini menjadi tulang punggung German Panzer Division, memiliki bobot tempur sekitar 15 ton. Mengikuti pengembangan awalnya pada tahun 1936, PzKpfw III merupakan tank terpenting yang diproduksi sampai dengan tahun 1943. Versinya mulai dari Ausf A sampai dengan Ausf N (tanpa “I” dan “K”), tapi varian lainnya meliputi Tank Penyembur Api, Penyelam, Komando, dan tank pembawa amunisi. Casisnya yang memiliki performa yag baik, menjadi dasar bagi design dan pembuatan StuG assault gun.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Model awal PzKpfw III memiliki persenjataan utama berupa meriam KwK kaliber 37mm ditambah sepasang senapan mesin kaliber 7,92mm yang diposisikan di turret dan satu senapan mesin diposisikan di bagian badan bagian depan yang dioperasikan oleh operator radio. 

Ausf A hadir pertama kali pada tahun 1937, tetapi kemudian ditarik pada awal tahun 1940 karena lapisan bajanya yang hanya memiliki ketebalan 15mm dianggap kurang memberikan proteksi yang memadai. Pada saat Ausf E dihadirkan, masih memiliki persenjataan utama dengan kaliber yang sama, tetapi lapisan bajanya ditingkatkan dengan ketebalan 30mm, yang berefek pada naiknya bobot kendaraan di kisaran 19 ton.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan / Utility Helicopter - Kamov Ka-60 (Bagian Kedua))

Model pertama yang dipasangi dengan persenjataan utama meriam KwK kaliber 50mm adalah Ausf F, perubahan kaliber meriam ini mengakibatkan perubahan pada turret, agar dapat mengadopsi efek tolak balik meriam Kwk kaliber 50mm yang lebih besar dari KwK 37mm. Ausf F ini muncul di tahun 1939 dan beraksi di medan pertempuran Polandia dan Prancis

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Dari kedua pertempuran tersebut, didapati kesimpulan bahwa tank ini haruslah ditambah lapisan pelindung atau proteksinya (lapisan bajanya) dan juga harus ditingkatkan lagi kemampuan tembaknya. 

Permasalahannya adalah, PzKpfw III hanya memiliki cincin turret yang kecil, dan terbatas, sehingga tidak dapat lagi dipasang meriam dengan kaliber yang lebih besar dari 50mm. Akhirnya, perubahan hanya dilakukan pada lapisan bajanya saja, serta mesin, dan kemudian dilabeli dengan PzKpfw III Ausf G. 

Total ada enam ratus Ausf G yang diproduksi, dan dengan tambahan ketebalan proteksi bajanya, mengakibatkan bobot tipe Ausf G ini bertambah menjadi 20 ton.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Varian selanjutnya adalah Ausf L, dipersenjatai dengan senjata utama Meriam KwK 39 L/60 kaliber 50mm, sekaligus ditambah ketebalan bajanya sehingga mencapai ketebalan 57mm. Untuk seri Ausf F, dipasang Schurzen (skirt) untuk melindungi tank dari serangan peluru HEAT (High Explosive Anti Tank) yang ditembakkan dari senjata anti tank portable seperti bazooka dan PIAT.

Varian tank PzKpfw III Ausf L ini meliputi GP tank (Artillerie Panzerbeobachtungwagen) yang memungkinkan Forward Observation Officer mengikuti formasi panzer. Tank varian ini tidak memiliki meriam, persenjataan utama itu dilepas, dan di dalam turret dipasang artillery plotting board dan radio ekstra, juga ada varian tank komando (Panzerbefelswagen), armoured recovery vehicle (Bergepanzer III), Pengangkut amunisi (Shiepper III), dan engineer vehicle (Pionerpanzer). 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan / Utility Helicopter - Kamov Ka-60 (Bagian Ketiga))

Tetapi, varian dari PzKpfw III yang paling menakjubkan adalah Tauchpanzer (diving tank), tank ini seluruhnya kedap air, sehingga dapat beroperasi 15 meter dibawah permukaan air dan dapat menyelam selama 20 menit. Pada mulanya tank varian ini dirancang untuk penggunaan pada saat invasi ke Inggris (satu invasi yang tidak pernah terwujud), lalu tank ini digunakan saat menyeberangi sungai River Bug pada tanggal 22 Juni 1941 sebagai awal invasi ke Rusia.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Secara umum, desain dari PzKpfw III ini dinilai mampu memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh para petinggi Nazi, sehingga menjadi dasar dari rancangan tank selanjutnya, yang menjadi sangat fenomenal, yaitu PzKpfw IV


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)


Operasional aktif: 1937
Kru: 5 Orang
Bobot: 19.500 kg/19,2 ton (model awal)

Dimensi 

Panjang: 5,38 m / 17ft 8in
Tinggi: (over turret hutch) 2,45 m / 8ft 0.5in
Lebar: 2,91 m/ 9ft 7in

Persenjataan 

Senjata utama: 37mm/1.46in KwK gun (model awal)
Senjata sekunder: 2 x 7.92 mm/0.312in machine gun

Armor: maximum 30-57 mm (model akhir)

Mesin: Maybach HL120 TRM, V12 Petrol, 223.7 kW/300hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 40 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 165 km

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen III (PzKpfw III)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com
Wikipedia
Beberapa sumber lain



Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar