Sabtu, 28 April 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun (Suomi Kenepistooli) KP-31


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 28 April 2018

Kembali pada artikel yang ber"aroma" militer. Kali ini yang akan saya ulas adalah satu pistol mitraliur made in Finlandia, dikenal sebagai Suomi Kenepistooli (machine pistol) KP-31. Pistol Mitraliur ini memperoleh nama yang harum saat menjadi senjata penyelamat Finlandia, kala bertempur melawan Rusia pada Perang Musim Dingin (Finlandia: talvisota, Rusia: Советско-финская война, juga disebut Perang Soviet-Finlandia atau Perang Rusia-Finlandia 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Catatan Pen. Perang ini adalah perang yang dimulai ketika Rusia, yang dipimpin oleh Joseph Stalin, menyerang Finlandia pada tanggal 30 November 1939, tiga bulan setelah invasi Jerman ke Polandia yang memulai Perang Dunia II. Karena serangan ini dianggap ilegal, Rusia dikeluarkan dari Liga Bangsa Bangsa pada tanggal 14 Desember. Stalin memperkirakan akan menguasai seluruh Finlandia pada akhir tahun 1939, tetapi perlawanan Finlandia membuat frustasi pasukan Rusia, yang jumlahnya lebih besar 4:1, 200:1 tank dan 30:1 pesawat tempur. Finlandia terus bertahan sampai Maret 1940, ketika Perjanjian Perdamaian Moskwa ditandatangani dan mengurangi 10% teritori Finlandia dan 20% kapasitas industri ke Uni Soviet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan Medium / Medium Utility Helicopter – Oryx (Bagian Ketiga))

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Ketika Pistol mitraliur ini digunakan oleh pasukan Finlandia melawan Rusia, terbukti, pistol mitraliur ini sangat efektif, kompak dan mematikan. dimensinya yang tidak terlalu besar, sangat cocok digunakan oleh pasukan yang mengadopsi strategi perang mobil, atau perang gerak cepat. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Pasukan Finlandia mampu mengoptimalkan penggunaan senjata ini, dikombinasikan dengan manuver pasukan yang cepat, dikombinasikan dengan kondisi alamnya yang ekstrim (bersalju dan banyak danau), memberikan pukulan hebat pada pasukan Rusia di awal pertempuran musim dingin tersebut. Pasukan  Rusia dengan strategi klasiknya yang kaku, harus rela diluluhlantakan dan cerai-berai pada babak awal pertempuran. Terbukti, pergelaran pistol mitraliur KP31 ini mampu memberikan hasil maksimal jika disinergikan dengan strategi yang mobil.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Untuk itu, artikel ini akan mengulas secara singkat tentang pistol mitraliur Suaomi Kenepistooli (machine pistol) KP-31, demikian penuturannya:

Diantara jajaran SMG Perang Dunia ke II, Suomi Kenepistooli (machine pistol) KP-31 adalah SMG terbaik. Jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Sten Gun milik Inggris atau M3A1 Grease Gun milik Amerika Serikat.

(baca juga artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - M3/M3A1)  

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Dikembangkan oleh Aimo Lahti, KP-31 dengan mengambil pelajaran berharga dari SMG Finlandia terdahulu yang gagal seperti KP-26. Semua komponen dibuat dari bahan berkualitas, seperti laras yang awalnya diimpor dari Birmingham Small Arms, lalu oleh Jonas Matarainen, pembuat senapan senapan kompetisi Finlandia. Material laras dibuat dari blok baja solid dan memiliki fitur QD (Quick Detach) yang bisa diganti bahkan saat laras dalam keadaan membara. Bolt dibuat dari Swiss Chromium Nickel, diperkeras sampai 55 Rockwell Cone Hardness. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Untuk mengurangi kecepatan tembak, M/31 mengadopsi cara yang sederhana (namun sangat efektif) berupa lubang pembuangan yang bekerja dengan sistem vakum (hampa udara). Cara kerjanya, saat bolt bergerak ke belakang, seluruh udara terbuang lewat lubang kecil di belakang. Saat bolt hendak kembali ke depan, dengan udara yang nyaris hampa, tentu gerakan bolt akan melambat, dengan sendirinya menurunkan kecepatan tembak.

Metode ini membutuhkan bolt yang menyekat rapat. Artinya material pembuatannya harus memiliki tingkat presisi yang tinggi serta kuat, membuktikan kualitas kelas tinggi dari sebuah pistol mitraliur. Ada beragam sistem pasokan peluru untuk M/31. Mulai dari magasen 20 peluru, magasen 50 peluru (coffin type-stock peluru berjajar empat dalam magasen), dan magasen drum 71 peluru. Perlakuan saat memasukkan magasen juga berbeda. Untuk magasen normal. Bisa dimasukkan saat M/31 dalam kondisi terkokang maupun tidak, sementara untuk magasen tipe drum, harus dimasukkan saat bolt sudah dikokang. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

M/31 menjadi senjata andalan untuk pasukan Finlandia saat perang Musim Dingin 1939 melawan Rusia.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan Medium / Medium Utility Helicopter – Oryx (Bagian Keempat))

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Info tambahan: Pistol Mitraliur rancangan tim yang dipimpin oleh Aimo Lahti ini telah diproduksi hingga sekitar 80.000 unit, KP/-31 mulai berkiprah sejak Winter War. Pada tahun 2009, versi semiotomatis dari suomi KP diproduksi kembali untuk memenuhi permintaan kalangan sipil di Amerika Serikat. Hanya saja produksi baru ini harus memenuhi standar National Firearms Act dengan mengganti receiver dan larasnya yang panjang. Setidaknya sepuluh negara pernah menjadi pengguna KP/-31.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Suomi Kenepistooli KP-31
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun (Suomi Kenepistooli) KP-31


Asal: Finlandia
Tahun: 1931
Kaliber: 9x19mm
Sistem operasi: Blowback

Panjang keseluruhan: 

686mm (popor terentang)
445mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 284mm

Bobot kosong: 3 kg
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 650 ppm

Kapasitas magasen: 

32/20 peluru (tipe magasen standar) 
50 peluru (tipe magasen coffin type)
71 peluru (tipe magasen drum)

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun (Suomi Kenepistooli) KP-31, semoga dapat menghibur dan bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
2. Wikipedia - Perang Musim Dingin

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar