Jumat, 27 April 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35


Tank tempur Medium/Medium Tank
SKODA LT-35
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at 27 April 2018

Artikel kali ini akan mengulas tentang tank tempur medium (medium tank), lansiran dari Cekoslovakia, yang pada awalnya dibuat untuk pertahanan negaranya. Walaupun tank ini adalah rancangan dari Cekoslovakia, namun yang mempopulerkan tank ini justru militer Jerman. Jerman mampu melihat potensi dari tank ini, dan merubahnya menjadi beberapa varian, yang kemudian terbukti sangat handal, efesien dan mematikan dalam peperangan. 

Tank tempur Medium/Medium Tank
SKODA LT-35
militerbanget.blogspot.com

Tank medium ini dikembangkan pada pertengahan tahun 1934 dan masuk jalur produksi pada tahun berikutnya. Skoda LT-35 merupakan tank utama Angkatan Darat Cekoslovakia pada saat Nazi Jerman menginvasi negara tersebut. Tank ini juga sempat dijual ke Rumania yang merupakan negara tetangga. Memiliki konstruksi lapisan proteksi berupa baja rivet dan persenjataan utamanya adalah meriam kaliber 37mm, yang merupakan pengembangan dari meriam anti tank “Skoda” yang memiliki kaliber yang sama, namun telah diperbaiki dan ditingkatkan tingkat akurasi tembakannya. Tank ini juga dilengkapi dengan senjata sekunder berupa sepasang senapan mesin (machine gun) kaliber 7,92mm, yang salah satunya dipasang secara koaksial di turret.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan Medium / Medium Utility Helicopter – Oryx (Bagian Pertama)) 

Tank tempur Medium/Medium Tank
SKODA LT-35
militerbanget.blogspot.com

Walaupun terbukti sangat handal, produksi awal dari tank ini sempat mengalami kendala mekanis yang cukup berat, sehingga menurunkan reputasinya. Tetapi, pihak Nazi Jerman, melihat potensi dari tank ini, kemudian merampas sekitar 200 unit untuk dioperasikan, setelah sebelumnya dimodifikasi. Tank hasil modifikasi ini kemudian diberi kode PzKpfw 35 (t). 

Tank tempur Medium/Medium Tank
SKODA LT-35
militerbanget.blogspot.com

Tank ini terus diproduksi untuk negara-negara Poros di Eropa sampai pertengahan tahun 1941, dan turut berperan di medan perang saat pertempuran di Polandia, Prancis, dan Rusia. Seiring berjalannya waktu, negara-negara yang berperang dengan Jerman mulai memproduksi tank-tank dengan performa yang lebih baik (seperti T-34/76, M-4 Sherman, dan lain-lain) sehingga tank ini mulai keteteran menghadapinya. Tank ini lalu ditarik dari garis depan dan digunakan sebagai tank cadangan, termasuk dimodifikasi dan diubah peruntukannya menjadi traktor artileri (Artillery Schlepper 35 (t)).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multiperan Medium / Medium Utility Helicopter – Oryx (Bagian Kedua))

Tank tempur Medium/Medium Tank
SKODA LT-35
militerbanget.blogspot.com

Walaupun tank ini tidak sehebat tank lansiran Nazi Jerman di medio tersebut, ataupun pasca tahun tersebut, seperti PzKpfw IV, tetap saja, kehadiran tank ini patut diperhitungkan, karena mampu mengisi spot kosong dari garis besar strategi penempatan pasukan lapis baja Jerman.

Tank tempur Medium/Medium Tank
SKODA LT-35
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35 


Asal negara: Cekoslovakia
Operasional aktif: 1935
Kru: 4 Orang
Bobot operasional: 10.670 kg/10,67 ton

Dimensi 

Panjang: 4,9 m / 16ft 1in 
Tinggi: (over turret hutch) 2,21 m / 7ft 3in
Lebar: 2,16 m/ 7ft 1 in

Persenjataan 

Senjata utama: 
1 x 37 mm Rifle Gun/1.46in Rifle Gun         
Senjata sekunder: 
2 X 7.92mm/0.312in machine gun

Lapisan proteksi: maksimum 25 mm/0.98in

Mesin: 

Skoda T11 6-cylinder petrol, developing 89.5 kW/120hp

Performa: 

Kecepatan maksimum: 35 km/jam (22 mph) 
Jarak jelajah maksimum: 190 km (118 miles)

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar