Kamis, 30 November 2017

Tank Tempur Ringan / Light Tank - PzKpfw II


Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 30 November 2017

Model tank tempur ringan berikutnya buatan Jerman adalah PzKpfw II. Memiliki bobot tempur hampir 10 ton, kru 3 orang, dilengkapi dengan persenjataan utama berupa meriam kaliber 20mm yang sanggup menembakkan peluru tipe HE (High Explosive) dan AP (armour piercing), dan ditambah dengan senapan mesin koaksial MG34. Tank ringan ini diproduksi pertama kali pada tahun 1936, tank ini melaksanakan siklus pengembangan menjadi 3 versi, yaitu A, B, dan C.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

Secara garis besar, desain Panzer II adalah Panzer I yang diperbesar dengan turet yang lebih baikl serta dilengkapi dengan meriam tembak cepat Rheinmetall KwK30 L55 20 mm (0,79 in) type baru. Persenjataan utama tank ini berasal dari meriam antipesawat FlaK 30 kaliber 20mm, yang mampu menembak dengan rate of fire di kisaran 600 rpm. Tujuan dari penerapan senjata tipe ini karena senjata ini dianggap memiliki performa yang cukup baik dalam hal menembus lapis baja, karena kecepatan tembaknya yang tinggi serta laju tembakan yang tinggi.


Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

Meriam tipe ini cukup efektif pada jarak tembak pendek terhadap sebagian besar tank ringan dan menengah milik lawan pada saat itu. KwK 30 diarahkan melalui system pembidik “TZF4”. Kapasitas amunisi normal adalah 180 butir peluru (tipe armor piercing dan High Explosive) dan 2.250 butir untuk senapan mesin koaksial kaliber 7,92mm (0,31 in) Rheinmetall-Borsig model 34. Elevasi/depresi untuk gun mount adalah +20/-9,5°.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

Suspensinya juga berubah, dari yang semula menggunakan suspensi yang sama dengan PzKpfw I, menjadi suspense dengan 5 Sprung independen, road wheel yang lebih besar, dan 4 top roller yang meningkatkan kinerja track, yang otomatis meningkatkan performanya di medan lintas alam. 

Versi A mudah dibedakan dengan varian lainnya, karena periskop di turret dipasang tepat di tengah dan dibelakang meriam. 

Versi B dan C hanya mengalami perubahan sedikit, termasuk memasang plat baja tambahan dengan baut, perbaikan pada sistem pembidik dan alat penglihatan, dan tambahan kupola pada turret.

PzKpfw II terus dilanjutkan serinya sampai seri Ausf L. Persenjataannya sama dengan varian sebelumnya,  tapi ada perubahan pada sasis, struktur, dan sistem otomotifnya, termasuk mempertebal lapisan baja. 

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

PzKpfw II diterjunkan hampir disemua front, dimana saja dan dimodifikasi menjadi berbagai varian termasuk varian tanpa turret untuk dijadikan sebagai kendaraan penarik meriam artileri “Schhlepper”. Ada pula varian “flamingo”. Pada varian ini, PzKpfw II dipasang dengan 2 alat penyembur api di kedua pojok bagian depan tank.


Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

Model terakhir dari seri ini adalah Panzerpahwagen II light Recce, disebut dengan Luchs (lynx). Varian ini dirancang dan dikembangkan untuk mengemban fungsi sebagai tank pengintai atau scout, memiliki kru 4 orang dan bobot tempur sekitar 13 Ton. 

Persenjataan utamanya adalah Meriam KwK 38 kaliber 20mm dan senapan mesin koaksial MG34. Sekitar 100 unit tank ini diproduksi pada akhir tahun 1943 dan bertempur di palagan Rusia dan Eropa

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Panzerkampfwagen II - PzKpfw II
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank - PzKpfw II Ausf F Light Tank


Operasional aktif: 1935 (Ausf A), 1941 (Ausf F)
Kru: 3 Orang
Berat: 9.650 kg/ 9.5 Ton

Dimensi 

Panjang: 4,81 Meter
Tinggi (over turret hatch): 2,15 Meter
Lebar: 2,28 Meter

Persenjataan 

Utama: 1 x Meriam KwK 38 kaliber 20mm
Sekunder: 1 x Senapan mesin kaliber 7,92mm
Armor (ketebalan lapisan baja): Maximum – 35mm
Mesin: Maybach HL62TR, 6-Cylinder petrol, 104,4KW/140 hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 40 Km/jam
Radius tempur: 200 Km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank - PzKpfw II, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA TANK – GEORGE FORTY
Wikipedia
Berbagai sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina


2 komentar: