Selasa, 12 September 2017

Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 9 November 2017

Panzer IV ini bisa disebut sebagai pengganti Panzer III yang dianggap tidak efesien dan tidak mampu memenuhi tuntutan front pertempuran yang sedang berkecamuk. Agaknya Panzer IV sanggup memenuhi tuntutan atau keinginan dari Heinz Guderian sebagai Panzer kelas medium yang lincah. Panzer tipe ini merupakan tipe panzer yang paling banyak digunakan oleh pasukan Nazi Jerman. Sampai akhir Perang Dunia ke II, tercatat sebanyak 9.000 unit Panzer IV telah diproduksi. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Karena kesuksesannya, Panzer IV banyak dijadikan acuan untuk membuat arsenal artilery fighter lain termasuk tank anti serangan udara.
Unit pertama dikeluarkan pada bulan Oktober 1937 dan setelah melalui berbagai penyempurnaan, panzer ini langsung digunakan untuk pendukung pasukan infanteri dan disandingkan dengan Panzer III. Salah satu misinya adalah memenangkan duel melawan T-34/76A milik Uni Soviet dengan kaliber senjata utama 76mm dan M4 Sherman milik Amerika Serikat yang memiliki kaliber senjata utama 75mm.


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Pzkpfw IV ini termasuk tank dengan segudang kelebihan, yang membuat tank tipe ini memiliki masa tugas alias operasional yang sangat panjang, bahkan setelah perang berakhir, tank ini masih terus diproduksi. Beberapa kelebihan dari tank tipe ini adalah, lapisan proteksinya cukup tebal (dan terus mengalami peningkatan, terutama di bagian depan dan turret), desainnya kokoh, memiliki cincin turet yang cukup lebar, sehingga dapat dipasangkan dengan meriam berkaliber lebih besar.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Panzer IV banyak ditransfer Jerman ke beberapa sekutunya seperti Bulgaria sebanyak 88 unit (namun akhirnya malah menjadi senjata makan tuan, karena malah digunakan untuk melawan Nazi Jerman), dan Finlandia (sedianya akan digunakan untuk Finlandia untuk melawan Uni Soviet, tapi sayang, Finlandia keburu kalah duluan). Karena keandalannya, Panzer IV tetap diproduksi dan diekspor ke berbagai negara sampai sekitar tahun 60-an, belasan tahun setelah perang berakhir.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Sejarah Singkat

Di awal produksi, Pzkpfw IV model awal memiliki persenjataan meriam laras pendek tipe L/24 kaliber 75mm low-velocity yang cocok untuk tugas memback-up pasukan infanteri, meriam low-velicity sangat cocok untuk menembakkan proyektil jenis HE (High Explosive) dan juga proyektil tipe lain, namun dengan spesifikasi low velocity. Meriam tipe ini tidak cocok untuk pertempuran antar tank, karena tidak mampu menembakkan proyektil penembus baja dengan velocity yang cukup!

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Versi ausf A sampai dengan Ausf F terus ditingkatkan lapisan bajanya sehingga bobotnya juga terus bertambah. Untuk senjata pendukung, tank ini dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7,92mm di bagian depan (mulai dari seri ausf B dan C, dan menjadi standard pada seri ausf D) dan turet (koaksial), yang berguna untuk menghalau serangan infantri dari jarak dekat.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1941 ada rencana untuk meningkatkan daya tembak Pzkpfw IV dengan memasang meriam laras panjang (high velocity) dengan kaliber yang sama, 75mm. Ausf F menjadi tipe pertama yang dipasang. Dengan perubahan ini, otomatis, proyektil yang digunakan juga berbeda (dimensi catridge keseluruhan lebih besar), sehingga ruang penyimpanan amunisi juga harus dimodifikasi untuk dapat mengadopsi tipe peluru ini. Saat tank ini hadir pada medio 1942, tank ini mampu mengungguli semua tank yang dimiliki oleh sekutu pada waktu itu.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Ausf G lebih mirip Ausf F, tetapi ada perbedaan sedikit, salah satunya adalah ketebalan armor pada bagian sisinya lebih tebal. Ausf H menjadi model yang paling banyak diproduksi dibandingkan dengan tipe lainnya. Tipe ini memiliki transmisi mesin yang lebih baik, lapisan baja yang lebih tebal, dan idler wheel baru.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Model terakhir adalah model Ausf J, berbobot sekitar 25 ton, mampu menempuh jarak minimum 300 km, memiliki kecepatan maksimal 38 km/jam. Tank ini dipasang Schurzen (skirt) untuk perlindungan dari serangan proyektil tipe HEAT (High Explosive Anti Tank) dan memiliki stand off armor di sekeliling turet.


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Varian

Pzkpfw IV juga memiliki banyak varian, seperti tipe assault gun/tank destroyer meliputi StuG IV, Jagdpanzer IV 70 (V) dan panzer IV 70 (A), sampai Hornisse dengan memasang meriam anti tank 88 mm, tipe AA (Flakpanzer), Self-propelled howitzer, dan pembawa jembatan. Tapi yang paling unik, adalah varian pembawa amunisi untuk SP heavy siege mortar Karl-Gerrat, amunisinya berdimensi sangat besar sehingga tipe ini hanya dapat membawa 4 peluru mortir kaliber 600 mm ini, dibawa di atas rak khusus di atas kompartemen mesin!

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Medium Tank PzKpfw IV Ausf F2


Asal negara: Jerman
Mulai berdinas penuh: 1942
Kru: 5
Berat: 22.350 kg

Dimensi  

Panjang: 6,63 M 
Tinggi (over turet hatch): 2,68 M 
Lebar: 2,86 M

Persenjataan 

Senjata utama: Meriam kaliber 75mm Kwk 40L/43 Senjata sekunder: 2 X Senapan mesin kaliber 7,92mm
Armor / Ketebalan baja: Max 50 mm

Mesin: 

Maybach HL 120 TRIM, V12 petrol, 223,7 KW/300 Hp

Performa: 

Kapasitas tangki: 470 l (120 US gal)
Daya jelajah: 200 km (120 mi)
Kecepatan jelajah: 38 km/h (24 mph) to 42 km/h (26 mph) max speed, 25 km/h (16 mph) max sustained road speed 16 km/h (9,9 mph) off road

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV), semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Majalah Angkasa - Edisi Koleksi
4. Berbagai sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

3 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik serta menambah wawasan! Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus
  3. Luar biasa, sungguh luar biasa! bentuk kreasi yang boleh dikatakan hasil cipta dari mahakarya!

    BalasHapus