Senin, 30 Juli 2018

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Leopard 1


Tank Tempur Utama Leopard 1
militerbanget.blogspot.com

Cileduk, Tangerang, Banten, Senin, 30 Juli 2018

Rancangan MBT Leopard 1 berasal dari proyek kerja sama tiga negara, yaitu; Jerman, Prancis, dan Italia yang kemudian mandek dan tidak diteruskan lagi. 

MBT ini diproduksi pertama kali pada tahun 1963 oleh Krauss Maffel di Munich, rancang bangun MBT ini pada tahap awal terpengaruh dari AMX-30 buatan Prancis, lapisan bajanya ringan bila dibandingkan dengan MBT lain agar mobilitasnya meningkat (walaupun kemudian lapisan baja ini ditingkatkan pada versi berikutnya)


Tank Tempur Utama Leopard 1
militerbanget.blogspot.com

Leopard 1 memiliki bobot tempur hampir 40 ton, digerakkan dengan mesin multifuel 10 silinder MTU MB 618, kecepatan maksimal 65 km/jam, dan jarak tempuhnya menjadi maksimum 600 km. Senjata utamanya adalah meriam kaliber 105mm buatan Inggris. Sistem penembakan pada MBT ini dipadukan dengan gyroscopic stabilizer agar MBT ini dapat menembak secara akurat pada saat tank melaju/bergerak. 

Leopard 1 juga dilengkapi dengan persenjataan sekunder berupa sepasang senapan mesin kaliber 7,62mm, salah satunya dipasang secara koaksial. 

Tank Tempur Utama Leopard 1
militerbanget.blogspot.com

Tank ini diawaki oleh empat orang kru, dipasang pengendali penembakan otomatis, proteksi NBC (Nuclear, Biological, and Chemical), dan peralatan untuk penglihatan malam.

Rancang bangun dari MBT Leopard 1 ternyata sangat efektif, dan dapat diandalkan, Leopard 1 sukses secara komersial, 6.000 unit lebih diekspor ke sembilan negara NATO dan juga Australia, serta diproduksi secara mandiri dengan system lisensi di Italia. 

Tank Tempur Utama Leopard 1
militerbanget.blogspot.com

Dioperasikan dalam waktu lama, Leopard 1 telah menjalani berbagai perbaikan atau peningkatan pada sistem proteksinya dan dibuat menjadi beberapa varian termasuk varian penyapu ranjau dan varian bulldozer. 

Walaupun sekarang Angkatan Darat Jerman telah menggantinya dengan Leopard 2, tetapi tank ini masih dioperasikan oleh banyak negara.


Negara NATO pertama yang memesan Leopard 1 adalah Belgia pada tahun 1967 dan mengoperasikan 334 unit ditambah dengan lebih dari 100 unit variannya, 55 unit diantaranya adalah Gepard AA bersenjata meriam Oerlikon kaliber 35mm. 

Tank Tempur Utama Leopard 1
militerbanget.blogspot.com

Berikutnya adalah Belanda yang memesan 468 unit Leopard 1 periode 1968-1970. Lalu dipesan lagi oleh Kanada, Denmark, Yunani, Norwegia, dan Turki, semuanya membeli langsung dari Jerman, sedangkan Brasil membeli 87 unit Leopard 1 dari Belgia dan Chile membeli 200 unit dari Belanda.

Kraus Maffei Wegmann yang memiliki pabrik di Munich dan Kassel masih memberikan layanan kit modifikasi untuk Leopard 1 MBT termasuk:

1. Memasang lapisan baja tambahan pada turret dan mantlet
2. Armoured Skirt (plat sisi tank)
3. Transmisi otomatis
4. Penglihatan thermal terintegrasi
5. Snow grouserl trak khusus untuk berjalan di medan bersalju (ditambah stowage bracket pada glacies plate)
6. Sekop bulldozer (telah diadopsi oleh Australia)
7. Penambahan kotak penyimpanan tambahan di luar body
8. Roda track dengan replaceable track pad
9. System fire suppression

Tank Tempur Utama Leopard 1
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Leopard 1


Operasional aktif: 1963
Kru: 4 Orang
Bobot: 40.000 kg

Dimensi  

Panjang: 9,54 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,76 m 
Lebar: 3,41 m

Persenjataan  

Senjata utama: meriam kaliber 105mm gun
Senjata sekunder: 2 x 7.62 mm /0.30 in machine gun
Armor: Maksimum 70mm
Mesin: MTU MB 828 M5000 multi-fuel, developing 618.9 kW/830hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 65 km/jam (40.4 mph) 
Jarak jelajah maksimum: 600 km (373 miles)

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Leopard 1, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com




tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar