Selasa, 18 Desember 2018

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - AMX-30


Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 19 Desember 2018

Artikel kali ini, akan mengulas tentang Tank Tempur Utama (Main Battle Tank) racikan Prancis yang sebenarnya cukup andal dan mematikan. Tank ini seakan menjadi inspirasi bagi perancangan tank tempur utama yang fenomenal, Leopard 1, yang juga memperoleh reputasi yang cukup baik di dunia (alias cukup laku di pasaran).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Leopard 1)

Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

Tank ini dibuat oleh pabrikan Ateliers de construction d'Issy-les-Moulineaux (AMX, then GIAT), AMX-30 Main Battle Tank pertama kali diproduksi pada pertengahan tahun 1960, dengan tujuan, untuk mengganti jajaran Main Battle Tank M47 PATTON buatan Amerika Serikat yang sudah mulai menua, dan dinilai sudah tidak mampu lagi menghadapi skenario perang tank modern di masa depan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul Tank Tempur Medium / Medium Tank M47 PATTON

Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

Tank ini berawak empat orang kru, memiliki persenjataan utama meriam kaliber 105mm smoothbore, dengan senjata sekunder berupa meriam koaksial kaliber 20mm dan satu senapan mesin kaliber 7.62mm. Untuk dapur pacunya menggunakan mesin multi fuel 12 silinder Hispano Suiza. Mesin ini mampu memacu tank sampai dengan kecepatan maksimum 65 km/jam, dengan jarak tempuh maksimum 450 km.


Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

AMX-30B2 adalah versi peningkatan dari AMX-30, beberapa memang produksi baru, namun, sebagian besar adalah hasil program paket peningkatan, diremajakan dari model sebelumnya.

Peningkatan yang dilakukan adalah memasang sistem penembakan otomatis, instalasi instrument pelindung NBC (Nuclear, Biological, and Chemical) sehingga AMX 30 yang diupgrade ini, masih dapat berkiprah dalam perang modern, dalam medan perang yang terkontaminasi dalam skala tertentu, dimana ancaman ketiga unsur tersebut, kemungkinan besar akan muncul. 

Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

Untuk urusan internal, upgrade yang dilakukan meliputi penggantian transmisi yang lebih maju, dan penggantian mesin yang lebih bertenaga. Sementara, dari sisi amunisi yang digunakan, tank hasil peningkatan ini mulai menggunakan amunisi kinetic energy penetrator dengan fin stabilized yang lebih modern.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42)

Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

Secara populasi, tank ini tergolong ke dalam tank yang populasinya besar, dari data yang penulis peroleh, lebih dari 3.500 unit telah diproduksi, termasuk varian howitzer, varian gun sistem dengan penambahan misil anti pesawat menggantikan meriam kaliber 105mm, dan Armoured Recovery Vehicle.

Beberapa negara yang tercatat menggunakan tank ini selain Prancis adalah adalah Yunani, Spanyol, Arab Saudi, Venezuel, Qatar, Uni Emirat Arab, Cyprus, dan Chile. 

Khusus untuk Spanyol dan Yunani, kedua negara tersebut kemudian memodifikasi sekaligus memodernisasi tank ini agar dapat terus digunakan di era modern.

Tank Tempur Utama AMX-30
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Utama / Main Battle Tank AMX-30 


Asal Negara: Prancis
Mulai bertugas: 1967
Kru: 4 Orang
Bobot: 36.000 kg/36 ton (versi akhir)

Dimensi  

Panjang: 9,48 m (sampai ujung meriam) 
Tinggi: (over turret hutch) 2,29 m 
Lebar: 3,1 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Meriam kaliber 105mm Smoothbore gun
Senjata sekunder: 
1 x kaliber 20mm cannon (koaksial)
1 x kaliber 7.62mm machine gun

Armor: Maksimum 80mm
Mesin:  Hispano Suiza HS 110 multi fuel 522 kW/700 hp (untuk MBT AMX-30B2)

Performa  

Kecepatan maksimum: 65 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 450 km  

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - AMX-30, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar