Selasa, 17 Juli 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank M47 PATTON


Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 17 Juli 2018

Tank ini menyematkan nama dari Jenderal tank terkenal Amerika Serikat, George S. Patton, M47 menjadi tank tempur menengah/medium (medium tank) pertama Amerika Serikat yang lahir pasca Perang Dunia ke II, dirancang dan diproduksi secara terburu-buru untuk memperkuat pasukan Amerika Serikat pada Perang Korea 1952. M47 adalah tank yang rencananya akan menggantikan tank M46 yang merupakan versi upgrade atau versi peningkatan atau perbaikan dari tank M26 Pershing.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Tank M47 dibangun dengan mengacu pada body M46 dengan turet desain baru dan memiliki bobot 45,5 ton. Menggunakan suspensi torsion bar dan memiliki mesin dengan bahan bakar bensin supercharged 12 silinder Continental AVDS 1790, kecepatan maksimum tank ini mencapai angka 48 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 129 kilometer. 


Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Turetnya yang terbuat dari baja cetak (cast) ini membuat tank M47 mudah diidentifikasi secara kasat mata, profil turretnya menggelembung ke belakang, tapi menyempit ke depan. Tank ini dilengkapi dengan senjata utama, berupa meriam M36 kaliber 90mm. Persenjataan sekundernya adalah dua pucuk senapan mesin, satu senapan mesin berat kaliber 12,7mm dan sisanya senapan mesin kaliber 7,62mm.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

M47 menjadi tank terakhir buatan Amerika Serikat yang berawak lima orang, tidak dilengkapi dengan sistem proteksi NBC (Nulear, Biological, and Chemical), penglihatan malam, atau sistem kontrol penembakan dengan komputer, jadi tank ini tidak dapat menembak secara akurat saat tank ini bergerak. M47 dianggap sebagai pengisi kekosongan sebelum datangnya tank M48.

Walaupun hanya dioperasikan dalam waktu yang relatif singkat oleh Amerika Serikat, tank M47 ternyata cukup laris di pasaran dan telah diekspor ke beberapa negara sekutu Amerika Serikat. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Berdasarkan catatan resmi, negara-negara anggota NATO mengandalkan M47 sebagai tank tempur utama untuk Pertahanan Eropa Barat selama bertahun-tahun, hingga 1960 dan sebelum posisinya digantikan oleh M48. Beberapa negara yang mengoperasikan tank ini dalam jumlah signifikan adalah Italia (2.480 unit), Jerman Barat (1.120 unit), Prancis (856 unit), Belgia (784 unit), Yunani (396 - dan sekian unit, termasuk tank bekas Jerman Barat, decomm. pada 1992-95), Spanyol (389 unit), Portugal (161 unit), Austria (147unit). Khusus untuk Swiss, negara tersebut menerima dua unit untuk evaluasi.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Diluar anggota NATO, Korea Selatan menerima 531 tank. 463 untuk Angkatan Darat (1956-1959) dan 68 unit untuk Marinir (1963-1964). Tank ini digunakan secara aktif dan performanya ditingkatkan dengan penggantian meriam utama M41 90mm AS yang baru hingga akhir 1990-an sebelum digunakan sebagai cadangan pada 2000-an. Unit yang terakhir dinonaktifkan pada tahun 2007. Jepang mengadopsi satu unit untuk evaluasi, yang kemudian mempengaruhi desain tank pasca perang pertama rancangan dalam negeri Jepang, Mitsubishi Type 61.

Fakta yang cukup mengejutkan, Yugoslavia, yang pada saat itu berada dalam lingkup otorisasi dari Uni Soviet, menerima tidak kurang dari 319 unit M47 Pattons. Realisasi dari pengadaan tank ini didasari oleh keputusan Presiden AS Dwight D. Eisenhower yang khawatir akan invasi Uni Soviet ke negara itu melalui perbatasan Hungaria di 1950-an.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Turki, yang juga berada dibawah bayang-bayang pengaruh Amerika Serikat juga mengadopsi 1.347 unit, yang dikirimkan dalam beberapa kelompok. Ditambah dengan "limpahan" dari inventaris Jerman Barat pada tahun 1960-an. Saat ini, seluruh armada tank M47 telah dinonaktifkan dan didaur ulang untuk penggunaan sipil.

Di Timur Tengah dan Afrika, negara-negara yang turut mengadopsi tank M47 sebagai alutsistanya adalah Iran (400 unit), Arab Saudi (131 unit), Yordania (49 unit), Ethiopia (30 unit) Somalia (25 unit, eks-Saudi), dan Sudan (17 unit, eks-Saudi). Di Asia, Pakistan juga merupakan pengguna awal, dengan sekitar 400 tank yang bertempur secara aktif.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Program peningkatan atau modernisasi terakhir tank M47 dimulai pada akhir 1960-an, menghasilkan varian upgrade M47M, yang menggunakan mesin dan sistem kontrol penembakan milik M60A1, sekaligus memperpanjang umur operasional atau pemakaiannya.


Walalupun terkesan laku di pasaran, ternyata banyak kekurangan pada M47 yang ditemukan bahkan sebelum tank M47 ini masuk dalam fase produksi. Saat yang sama proses rancang bangun dan produksi dari penggantinya sudah dalam proses berjalan, sehingga M47 diputuskan untuk diproduksi oleh US Army Equipment Review Board. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Salah satu contoh kekurangan yang sangat jelas adalah pada sistem proteksi. Proteksi pada bagian turetnya lebih lemah dibandingkan pada area body, dan kapasitas bahan bakar internalnya tidak memadai saat dalam kondisi pertempuran yang sebenarnya. Alhasil, tank M47 tidak pernah secara definitif dioperasionalkan oleh US Army, sehingga tank ini diberikan ke National Guard (tentara cadangan) pada November 1953. 

Faktanya, tank M47 ini justru sangat ideal sebagai tank latih karena berawak lima orang (M48 hanya berawak 4 orang), sehingga lebih banyak personil yang dapat dilatih pada setiap siklus latihan (sehingga berdampak langsung pada efesiensi cost latihan awak).

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Medium Tank M47 PATTON


Operasional aktif: 1952
Kru: 5 Orang
Bobot: 46.165 kg/46,165 ton

Dimensi 

Panjang: 8,56 m  
Tinggi: (over turret hutch) 3,35 m 
Lebar: 3,2 m

Tank Tempur Medium/Medium Tank
M47 PATTON
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan 

Senjata utama: 1 x Meriam kaliber 90mm Gun
Senjata sekunder:
1 x Senapan mesin berat kaliber 12.7mm  
1 x Senapan mesin kaliber 7,62mm machine gun

Armor: maximum 115 mm
Mesin: Continental AVDS 1790 5B V12 petrol, 604 kW/810hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 48 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 129 km

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Medium / Medium Tank M47 PATTON", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, 
dicetak oleh AnnessPublihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar