Selasa, 17 Juli 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun TYPE 85/86


Pistol Mitraliur Type 85/86
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Selasa, 17 Juli 2018

Kali ini, kita akan mengulas tentang satu pistol mitraliur/submachine gun lansiran dari negari panda atau Republik Rakyat Cina. Walaupun RRC dari segi teknologi rancang bangun persenjataan boleh dikatakan maju, tetapi dalam hal teknologi pistol mitraliur, RRC sama sekali tak mengesankan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh strategi dasar dari petinggi militer RRC, yang lebih mengedepankan senapan serbu sebagai senjata organik, ketimbang pistol mitraliur. Padahal, dari beberapa kasus dan sejarah, telah terbukti bahwa tak semua palagan atau pertempuran dapat diakomodir dengan baik oleh senapan serbu.


Senapan serbu memang memiliki banyak kelebihan, seperti jarak efektif, tingkat mematikan dari proyektil dan akurasi tembakan. Namun ada segmen-segmen tertentu yang tak dapat dikuasai oleh senapan serbu. Dan hal ini rupanya luput dari perhatian atau dikesamping oleh para penentu kebijakan/strategi di RRC.

Pistol Mitraliur Type 85/86
militerbanget.blogspot.com

Biarpun dari sisi teknologi senapan serbu RRC telah mampu menghasilkan QBZ-95/97 yang modern, untuk urusan pistol mitraliur/submachine gun negara tirai bambu ini relatif tertinggal. Bayangkan saja, Type 85 yang menjadi pistol mitraliur/submachine gun standar mereka masih menggunakan desain rancang bangun yang dapat diklasifikasikan sebagai pistol mitraliur out of date alias sangat lawas. Hal ini tidak mengherankan, karena Type 85 dibangun berdasarkan cetak biru PPS-43, pistol mitraliur/submachine gun Soviet era Perang Dunia Ke II. 

Dengan receiver berbentuk semi kotak dan sangat kasar (terbuat dari baja pres/cetak), kita bisa melihat bolt dan pegas recoil yang terekspose lewat lubang di sisi kanan dari body pistol mitraliur ini.


Tentu dalam kondisi medan yang kotor, berdebu dan penuh lumpur, performa dari pistol mitraliur ini sangat diragukan. Meski di sisi lain dengan model rancang bangun terbuka semacam ini, penembak bisa mengembalikan sendiri bolt ke depan seandainya senjata ini macet. 

Untuk operasi klandestin tersedia Type 84 dengan peredam suara integral dan dilengkapi dengan peluru T64 yang masuk kategori subsonik untuk mengurangi profil suara. 

Sampai tahun 2007, Type 85 masih digunakan secara meluas oleh unit antiteroris Kepolisian RRC.

Pistol Mitraliur Type 85/86
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun TYPE 85/86 


Asal: Republik Rakyat Cina (RRC)
Tahun produksi: 1980
Kaliber peluru: 7.62x25mm T51
Sistem operasi: Delayed Blowback
Panjang keseluruhan 
628mm (popor terentang) 
444mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 210mm
Bobot kosong: 1,90 kg
Vo meninggalkan laras: 275 m/s  
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 700 ppm
Kapasitas magasen: 30 peluru

Demikianlah artikel tentang "Pistol Mitraliur / Submachine Gun TYPE 85/86", semoga dapat bermanfaat dan menghibur kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar