Rabu, 19 Desember 2018

Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - MacMillan Tac-50


Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2018

Nah, kalau pada postingan yang sebelum-sebelumnya, yang diulas kebanyakan adalah tank dan bomber, maka dalam artikel kali ini, yang akan diulas adalah Senapan Runduk Berat (Heavy Sniper Rifle) yang saat ini menjadi pegangan pasukan Kanada.

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Senapan runduk berat ini sebenarnya diciptakan di Amerika Serikat, namun ketenarannya justru muncul saat senapan ini digunakan oleh unit-unit militer Kanada. Pada awalnya, MacMillan Bros yang sudah kesohor dengan produknya berupa popor sintetik berkualitas jempolan untuk berbagai senapan runduk, mencoba keberuntungannya di pasar senapan runduk berat, dengan membuat beberapa purwarupa kaliber 12.7mm pada akhir 1980-an, tentunya dengan popor buatan sendiri. 

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa tersebut akhirnya memiliki bentuk akhir yang definitif dalam senapan runduk Tac-50 yang memiliki beberapa keunggulan. Dari sisi popor, MacMillan merancang popor tersebut dengan mekanisme lipat sehingga sangat efesien dalam menghemat ruang penyimpanan. Panjang popor dirancang untuk bisa diatur panjang pendeknya dengan cara memasang atau melepas karet spacer di bagian belakang popor.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42)

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Sementara untuk mekanisme penembakan, Tac-50 menggunakan bolt berukuran besar dengan dua lug pengunci di bagian depan. Keunikan dari sistem bolt ini, bolt ini menerapkan sistem aliran fluted pola spiral untuk mengurangi bobot bolt. Inovasi ini sebenarnya jarang diterapkan oleh pabrik senjata asal Amerika Serikat, tetapi menjadi inovasi favorit bagi pabrikan senjata asal Austria, Steyr, pada senapan untuk berburu seri SBS.

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Sekarang kita menilik bagian laras. Sama seperti senapan runduk kelas berat lainnya, Tac-50 juga menerapkan sistem fluted barrel dengan peredam hentakan laras atau muzzle brake empat lubang pada bagian ujung laras. Dudukan senjata ini juga sangat stabil dan kokoh, karena menggunakan penyangga (bipod) yang terbuat dari baja. Sentuhan terakhir, seluruh tubuh senapan dibalur dengan lapisan Duracoat untuk melindunginya dari gesekan akibat debu dan kotoran.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35) 

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Senjata ini digunakan oleh Angkatan Darat Kanada sejak tahun 2000 sebagai senapan runduk kelas berat standar, Tac-50 yang dipadukan dengan teleskop Leopold VariX-III memperoleh reputasi yang tinggi pada tahun 2002 ketika Rob Furlong yang tergabung dalam tim sniper Kanada menciptakan rekor dunia baru dengan senapan ini. Amerika Serikat sendiri sebagai negara asal Tac-50 baru mulai tertarik untuk menggunakannya pasca reputasi tersebut, dan akhirnya mengadopsi M82A1 sebagai senapan runduk beratnya akibat dari desakan berbagai pihak yang menginginkan supaya Amerika Serikat menerapkan penggunaan heavy sniper rifle di angkatan bersenjatanya. 

Tanpa pemberitaan yang bombastis, Tac-50 akhirnya justru diadopsi oleh USSOCOM sebagai senapan runduk kelas berat tipe bolt action dengan kode Mk 13 mod 0.

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
MacMillan Tac-50
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - MacMillan Tac-50


Asal: Amerika Serikat
Tahun: 1990
Kaliber: .50 BMG (kaliber 12.7mm)
Sistem operasi: bolt action
Panjang keseluruhan:  1.448 mm 
Panjang Laras: 736 mm
Bobot kosong: 11,80 kg 
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 2.500 m
Tingkat Akurasi: 0.5 MOA
Kapasitas magasen: 5 peluru
Harga : - US$

Demikianlah artikel yang berjudul "Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - MacMillan Tac-50", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, 
.50 CAL – LONG RANGE SNIPER RIFLE (“That Goes The Distance)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar