Rabu, 08 Agustus 2018

Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle Barrett M82A1 “The Light Fifty”


Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018

Seperti inilah senapan antimaterial/runduk kelas berat kaliber 12.7mm dengan sistem operasi semi-otomatik pertama di dunia. Walaupun diciptakan dari proyek kecil, M82A1 pada akhirnya berevolusi menjadi senjata yang dioperasionalkan oleh banyak negara. 

Dari sisi rancang bangun, M82A1 masih menganut model konvensional dengan dua set receiver terbuat dari baja pres dan terhubung dengan cross pin yang bisa dibuka dengan mudah untuk mempercepat pelepasan panas akibat pembakaran mesiu (saat proses penembakan), penerapan rancangan fluted barrel yang dipenuhi cekungan akan membantu mempercepat proses pelepasan panas, sehingga laras tidak cepat memuai dan akurasi tembakan tetap terjaga. 

Bila M82A1 tidak dilengkapi teleskop, masih ada BUIS (Back Up Iron Sight) yang memiliki setelan bidikan sampai dengan jarak 1.500m, ditambah dengan setelan windage untuk menyesuaikan simpangan arah angin. 

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Untuk meningkatkan akurasi, M82A1 dilengkapi dengan kaki-kaki (Bipod) yang bisa disesuaikan ketinggiannya sesuai dengan kenyamanan penembak. Bila dirasa belum memadai, M82A1 dapat pula dipasangkan penyangga kaki-tiga (Tripod) misalnya tripod M3/M122 yang merupakan bawaan dari senapan mesin berat M2HB yang jelas lebih ajeg dan stabil disbanding Bipod (tetapi lebih tidak praktis alias lebih ribet!)

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Mekanisme penembakan M82A1 menerapkan prinsip laras yang bergerak ke belakang untuk meredam efek tolak balik (recoil) yang ditimbulkan. Ketika peluru ditembakkan, laras bergerak ke belakang sejauh lebih kurang 25cm, menyentuh tonjolan pada bolt yang kemudian melepaskan bolt dari posisi kunciannya. Setelah memukul bolt, laras langsung kembali ke depan berkat bantuan sepasang pegas recoil yang terpasang di kiri-kanan laras. 

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Begitu bolt dalam posisi bebas, lengan akselerator yang membawa sebagian energi dari gaya tolak balik langsung menghantamnya, sehingga bolt akhirnya berotasi dan bergerak ke belakang. Gerakan bolt ke belakang ini sekaligus menarik keluar selongsong hasil penembakan, dan memasukkan peluru baru ketika mulai bergerak ke depan. Ketika bolt kembali ke posisinya semula akibat dorongan pegas, akan terkunci secara otomatis dengan laras dan peluru baru siap ditembakkan.

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Pada awalnya, M82A1 hanya digunakan oleh pasukan khusus Amerika Serikat untuk misi-misi rahasia yang membutuhkan aplikasi senapan runduk dan jarak ekstra jauh. Baru pada Perang Teluk 1991, pasukan regular Amerika Serikat mulai memperoleh M82A1. Berikut komentar para Scout Sniper USMC ketika pertama kali mencoba senjata ini. “Senjata hebat seharga 10.000 dollar, tetapi hanya dilengkapi dengan magasen murahan buatan Cina yang cuma seharga 10 dollar (buku Jarhead karya Anthony Swofford)”.

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Akan tetapi, walaupun senjata ini lahir di Amerika Serikat, angkatan bersenjata AS bukanlah pengguna pertama M82A1. Adalah Swedia yang pertama kali memesan 100 pucuk M82A1 pada tahun 1989, ditambah CIA yang membeli 5 pucuk pada tahun yang sama untuk dikirim ke pejuang Mujahidin di Afghanistan. Jika awalnya senjata ini ditujukan untuk menjatuhkan Mi-24 "Hind" Uni Soviet, sekarang pasukan koalisi ISAF di Afghanistan yang harus berhati-hati karena diperkirakan senjata ini sudah jatuh ke tangan gerilyawan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Helikopter Serang - Transport / Attack - Transport Helicopter MIL MI-24)

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Varian M82A1


M82A1

Varian dasar. Model awal dilengkapi dengan muzzle brake berbentuk bulat, sementara varian akhir menggunakan muzzle brake berbentuk kotak atau persegi dua tingkat. Selain itu, M82A1 versi awal cenderung berwarna hitam karena menggunakan lapisan parkerized finish, sementara M82A1 yang sekarang beredar rata-rata berwarna metal natural.

M82A2

Varian M82A1 yang dikonversi menjadi varian bullpup, namun dapat ditembakkan dari bahu layaknya peluncur roket. Sebagai konsekuensinya, sandaran bahu ditambahkan tepat di belakang lubang magasen. Front grip ditambahkan sebagai sarana untuk menstabilkan senjata. Varian ini tidak diproduksi secara luas tapi menjadi dasar pengembangan bagi varian M90/95.

M82A3 Special Application Scope Rifle

Varian M82A1 yang dimodernisasi dengan perbedaan berupa penambahan rail picatinny yang memanjang di upper receiver untuk pemasangan optic pengindera malam. Selain itu, adapula penambahan kaki tunggal (monopod) di popor belakang dengan 11 tingkat setelan ketinggian untuk membantu akurasi.

M82A1A

Varian dengan perkuatan pada laras yang dirancang khusus untuk menembakkan peluru MK211 Raufoss

M82A1M(Marine)

Versi M82A3 yang diadopsi USMC. Ad sedikit perbedaan minor dengan M82A3, yaitu USMC memilih design rail picatinny pada upper receiver setinggi 40 MOA, atau lebih tinggi dari standar M82A3 yang 20 MOA.

M107

Varian M82A1 yang diadopsi AD AS. Fitur yang dimiliki sama dengan versi M82A1M yang diadopsi USMC.

M82A1 Civilian

Varian M82A1 yang dibuat khusus sebagai langkah kompromi untuk beberapa negara bagian Amerika Serikat yang melarang penggunaan dan pemilikan senapan dengan kotak magasenyang bisa dilepas/bermuatan banyak. Untuk mensiasatinya, M82A1 versi ini didesign dengan magasen model hinge (engsel). Magasen menempel ke poros engsel yang ada di bagian depan magwell. Bila ingin diisi, magasen tinggal diayunkan sampai terbuka, peluru diisi, lalu dimasukkan lagi. Dengan cara ini, penembak tidak dapat mengisi M82A1 dengan cepat seperti halnya penggantian magasen M82A1 versi militer.

M82A1 CQC (Close Quarter Carbine)

Pada akhir 2007, Barret Firearms melansir M82A1 CQC dengan laras profil carbine sepanjang 20inc (508mm) yang lebih pendek dari varian standar. Varian CQC ini terutama ditujukan bagi aplikator kepolisian yang membutuhkan senapan runduk kaliber 12.7mm, namun dengan jarak tembak efektif yang tidak terlalu jauh.

Senapan Runduk Berat Barret M82A1
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle Barrett M82A1 “The Light Fifty”

Asal: Amerika Serikat
Tahun: 1982
Kaliber: .50 BMG (12.7mm)
Sistem operasi: Semi otomatis, short recoil
Panjang keseluruhan:  1.448 mm 
Panjang Laras: 737 mm
Bobot kosong: 12,9 kg 
Vo meninggalkan laras: 854 m/s
Jarak tembak efektif: 1.800 m
Tingkat Akurasi: 1.5-2.0 MOA
Kapasitas magasen: 10 peluru
Harga: 6.600 – 7.000 US$

Demikianlah artikel tentang Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle Barrett M82A1 “The Light Fifty”, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: COMMANDO-War Machine series, 
.50 CAL – LONG RANGE SNIPER RIFLE (“That Goes The Distance)



-----------------------------------------
tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

2 komentar:

  1. wahh keren , seneng senjata..kayak adek saya yg atlit tembak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe.....Sebatas kagum saja mas. Wah, adik mas atlet menembak? Luar biasa.

      Hapus