Selasa, 07 Agustus 2018

Pesawat Anti Kapal Selam / Anti Submarine Warfare Airplane Fairey Gannet


Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018

Untuk rekan-rekan penikmat dan pemerhati dunia kemiliteran, terutama yang menyukai alutsista dari jenis pesawat terbang, tentu sudah tak asing lagi dengan pesawat yang satu ini. Fairey Gannet, itu namanya, pesawat yang sangat unik, dengan satu ciri khas yang juga sangat unik, yaitu pada penggeraknya, propeller kontra atau contra rotating. 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini memang pernah menjadi salah satu alut sista yang turut memperkuat pertahanan Republik Indonesia. Walaupun pesawat ini tak lagi memperkuat TNI saat ini, namun pada masanya, pesawat ini turut menjaga perairan Indonesia dari penyusup, terutama kapal selam. Saat ini, salah satu dari pesawat Fairey Gannet dijadikan salah satu benda koleksi di Museum Satria Mandala, Jakarta.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang mengulas tentang MUSEUM SATRIA MANDALA (WISMA YASOO)) 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Berikut ini, adalah cerita dibalik pesawat Fairey Gannet (disadur dari “Ensiklopedia Pembom” Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Pada era Perang Dunia ke II, Royal Navy menyadari betapa pentingnya pesawat anti kapal selam yang memiliki pangkalan di kapal induk. Pasca perang, Royal Navy membutuhkan pesawat modern yang mampu menetralisir ancaman kapal selam musuh, sehingga pada tahun 1945 Fleet Air Arm mengisukan GR.17/45 atau pesawat ASW (Anti Submarine Warfare) yang berpangkalan di kapal induk yang dapat melacak serta menghancurkan kapal selam). 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Memiliki dapur pacu dari Amstrong-Siddeley tipe Double Mamba yang sebenarnya merupakan dua mesin turboprop yang memiliki satu gearbox dan memutar system propeller contra rotating. Double Mamba dijadikan pilihan karena salah satu mesinnya dapat dimatikan agar lebih efesien (dalam hal konsumsi bahan bakar tentunya) sehingga mampu mencapai jarak jelajah maksimum. 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Bila menggunakan dua mesin yang terpisah seperti pada tipe konvensional, akan timbul masalah bila salah satu mesin tidak bekerja, akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam kinerja pesawat atau asymmetric flight, yaitu pesawat tidak dapat terbang lurus, melenceng di satu sisi pesawat, sehingga membahayakan saat proses pendaratan. Jika salah satu mesin Double Mamba mati, maka masalah asymmetric flight bagi Gannet saat terbang tidak terjadi.

Fairey 17 mulai melaksanakan uji terbang dari dek kapal induk pada awal tahun 1950 dan pada 19 Juni tahun yang sama, pesawat ini, sekaligus menjadi pesawat turboprop pertama, mendarat di kapal induk HMS Illustrious. Petinggi Angkatan Laut Inggris meminta agar pesawat ini dilengkapi dengan radar, sekaligus penambahan satu orang awak untuk operator radar tersebut, sehingga purwarupa ketiga dimodifikasi untuk permintaan ini dan menjalani terbang perdana pada bulan Mei 1951. Saat Fairey memenangkan kontrak untuk produksi, pesawat ini diberi nama identifikasi Gannet. 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Gannet sebenarnya adalah pesawat yang terbilang kompleks, contohnya adalah pada bagian sayap. Sayap Gannet dapat dilipat, bukan hanya satu kali, melainkan dua kali, dengan tujuan agar pesawat ini dapat masuk ke dalam ruang hangar kapal induk yang sempit. 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Pada saat produksinya, pesawat ini mengalami hambatan yang cukup krusial, meliputi struktur dasar terutama struktur sayapnya, serta sinkronisasi dari propellernya, dan akibat dari keterlambatan dalam pengembangannya, Gannet AS.1 belum dapat dioperasikan oleh FAA sampai tahun 1955. 

Pesawat Gannet ini memiliki body yang cukup besar dan cukup untuk dimuati oleh dua unit torpedo atau persenjataan lain sampai seberat 908kg. pesawat ini juga dilengkapi dengan radom yang berisi radar yang bisa dikeluar-masukan dari bagian belakang pesawat. Saat pesawat ini ditambahkan atau disematkan dengan radom “dustbin”, muncul satu masalah baru, yaitu timbul ketidakstabilan lateral saat terbang. 

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Ketidakstabilan ini lalu diatasi dengan memodifikasi design pesawat, dengan memasang dua inlet tambahan di bagian ekor horisontalnya (elevator). 

Sebenarnya, modifikasi yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meninggikan ekor vertikalnya, tetapi modifikasi ini tidak dapat dilakukan, karena keterbatasan pada tinggi hangar dek bawah kapal induk.

Konfigurasi kru Gannet hampir sama dengan pembom datar TBF Avenger. Kru Gannet yaitu pilot, observer/navigator, dan operator radio/radar duduk secara tandem, namun operator radar/radio duduk berlawanan arah, menghadap ekor pesawat.


Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Gannet dioperasikan oleh beberapa negara selain Inggris, Royal Australian Navy menerima Gannet untuk diposisikan di kapal induk pada tahun 1955, dan purna tugas pada tahun 1967, sedangkan Angkatan Laut Jerman (Jerman Barat saat itu) mengoperasikan Gannet dari pangkalan di tepi pantai dan purna tugas pada tahun 1965. Semenara Indonesia membeli gannet bekas pakai Royal Navy yang telah diremajakan dan ditingkatkan kemampuannya.

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Total ada 181 unit Gannet AS.1 yang dibuat, ditambah lagi dengan 36 unit pesawat latih Gannet T.2, untuk melatih pilot memahami keunikan terbang sekalgus pengoperasian mesin pesawat ini. Pada tahun 1956, Gannet diremajakan dengan dipasang mesin yang lebih bertenaga, Double Mamba 101 3.035hp pada versi AS.4 dan versi latihnya, T.5, Gannet AS.6 dibuat pada tahun 1961, merupakan Gannet varian AS.4 yang telah ditingkatkan dengan dipasangi radar dan juga sistem elektronik terbaru.

Fairey juga mendapatkan kontrak untuk membuat Gannet versi Airborne Early Warning (AEW) untuk menggantikan Douglas Skyraider milik Fleet Air Arm. Beregistrasi AEW.3, pesawat ini dipasangi radar besar di bawah badan tepat dibawah kokpit pilot. Varian ini dioperasikan sampai tahun 1977, dan berawak tiga orang, pilot dan dua operator radar yang duduk di dalam kabin belakang.

Pesawat Anti Kapal Selam Fairey Gannet
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Anti Kapal Selam / Anti Submarine Warfare Airplane Fairey Gannet


Karakteristik umum

Terbang Perdana: 19 September 1949 (purwarupa)
Kru: Tiga

Dimensi

Panjang: 13,11 m 
Lebar sayap: 16,56 m
Tinggi: 4,18 m 
Area sayap: 44.85 m² 
Aspek rasio: 
Berat kosong: 6.841 kg 
Bobot Max. berat lepas landas : 9.806 kg 
Mesin: 1 × Armstrong Siddeley 2950hp Double Mamba 100 turboprop

Performa

Kecepatan maksimum: 499 km/jam
Jarak jelajah Maksimum: 1.518 km 
Ketinggian Maksimum: 7.625 m 
Waktu menanjak: s/d 670m per menit

Persenjataan

Senjata: maksimum 908 kg persenjataan berupa torpedo atau bom dalam (deep charges)

Demikianlah artikel tentang Pesawat Anti Kapal Selam / Anti Submarine Warfare Airplane Fairey Gannet, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)



tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar