Selasa, 15 Januari 2019

Torpedo Bomber/Light Bomber/Dive Bomber Aircraft/Pesawat Pembom, Pembom Torpedo, Pembom Tukik - Grumman Avenger


Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2019

Pesawat pembom torpedo dengan potongan badan “bongsor” dan gemuk buatan pabrikan Grumman ini diberi nama “Avenger” sebagai pengingat hari penyerbuan militer Jepang ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor. Pesawat ini dibuat dalam jumlah besar, tipe ini dipakai oleh angkatan darat Sekutu di setiap front pada Perang Dunia ke II

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Dari total 9.836 unit yang diproduksi, 2,290 unit diproduksi Grumman (diberi kode registrasi TBF), sedangkan model TBM dibuat oleh pabrikan General Motors Eastern Division.

Avenger dirancang dalam waktu yang singkat, hanya dalam waktu lima minggu, dan purwarupanya terbang perdana pada tanggal 1 Agustus 1941. 

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Berawak tiga orang, pesawat ini memiliki ruang bom/torpedo di dalam dan turet bersenjata senapan mesin untuk senjata defensif. Pintu di sisi kanan berdekatan dengan posisi sayap belakang memungkinkan akses ke belakang badan, tempat penyimpanan peralatan, pistol suar, parasut, dan juga amunisi tambahan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Plane Propeller - Heinkel He 219 Uhu

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Di posisi rendah, juru bom duduk di kursi lipat, dapat juga bertugas untuk mengoperasikan senapan mesin belakang atau mengarahkan pesawat saat melaksanakan pengeboman di elevasi menengah.

Pada saat melaksanakan misi pertempuran pertama di Battle of Midway Juni 1942, dari enam unit pesawat yang melaksanakan misi tersebut, hanya satu pesawat yang berhasil kembali ke pangkalan. Walaupun kiprah perdanaanya diwarnai dengan kegagalan, pesawat pembom Avenger nantinya akan menjadi pesawat pembom milik Angkatan Laut AS yang hebat pada Perang Dunia ke II. Prestasinya terbilang spektakuler. Menurut catatan resmi, pesawat ini turut berkontribusi dalam penenggelaman lebih dari 60 kapal perang milik Angkatan Laut Imperial Jepang

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Pesawat pembom ini menjadi pesawat pembom bermesin tunggal pertama milik Amerika Serikat yang dapat membawa torpedo 560mm yang terkenal sangat mematikan (selain bom dalam atau depth charge, roket dan bom konvensional) dan pesawat pembom bermesin tunggal pertama yang dilengkapi dengan power operated gun turret. Torpedo dari pesawat ini pula yang berkontribusi dalam penyerangan dan tenggelamnya kapal perang raksasa milik Angkatan Laut Jepang, Yamato dan Musashi.

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) menerima 402 unit pesawat Avenger (TBF-1B) berdasarkan perjanjian Lend Lease antara Inggris dan Amerika Serikat. Skuadron pertama yang menerima pesawat pembom ini adalah Skuadron No. 832 yang berpangkalan di HMS Victorious pada tahun 1943. Walaupun awalnya pesawat ini diberi kode Tarpon Mk I oleh Inggris, tetapi karena nama ini kurang populer, maka namanya kembali menggunakan nama aslinya Avenger Mk. I. Sekitar 330 unit TBM-1 diberikan kepada Royal Navy dan diberi nama Avenger Mk II.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank - A9 Cruiser Tank Mark I)

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Pengiriman TBM-3 dimulai pada bulan April 1944 dan Royal Navy menerima 222 unit TBM-3 yang disebut Avenger Mk III oelh Inggris. Versi pesawat pembom torpedo masih dioperasikan oleh Royal Navy sampai tahun 1947 dan pada tahun 1953, Royal Navy mulai memiliki versi anti kapal selamnya, diberi nama Avenger AS Mk IV atau AS Mk V. Pesawat Avenger ini akhirnya di “purna tugas”kan secara penuh oleh Royal Navy pada tahun 1962.

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1951, kesatuan anti kapal selam milik Royal Canadian Navy diperkuat oleh Avenger bekas perang yang sudah diremajakan. Pada tahun 1955, delapan unit Avenger tambahan dioperasikan oleh Kanada untuk tugas Airborne Early Warning, dilengkapi dengan radar besar di bagian bawahnya. 

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Selandia Baru memiliki dua skuadron Grumman Avenger, digunakan sebagai pesawat pembom tukik oleh Skuadron No. 30 dan No. 31. Tugas sekunder yang diemban oleh pesawat Avenger Selandia Baru ini adalah menyemprot ladang perkebunan milik Jepang dengan minyak diesel dan target drogue towing.

Pasca perang, pesawat Avenger dimodifikasi untuk tugas non militer termasuk dimodifikasi untuk tugas penyemprot hama dan pembom air. Pada tahun 1947, satu pesawat Avenger dipakai untuk pengujian penyebaraan bibit dan pupuk dari udara di Selandia Baru. Dengan memasang tangki cadangan yang dikonversi menjadi hopper dan dipasang di ruang bomnya. Pesawat Avenger hasil modifikasi ini dapat membawa sampai satu ton pupuk. 

Pesawat Pembom Grumman Avenger
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pesawat Pembom Grumman Avenger TBM-3


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Datar/Tukik/Torpedo
Terbang Perdana: 1 Agustus 1941  
Kru: 3 Kru (pilot, kopilot, bombardier, gunners)
Bobot: 4.787 kg (Kosong), MTOW: 8.124 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 12,48 m 
Bentangan sayap: 16,51 m
Tinggi: 5.00 m
Wing Area: 45,52m2

Persenjataan:

2 X senapan mesin kaliber 12,7mm fixed forward firing machine guns in the upper part of the forward fuselage.
2 X senapan mesin kaliber 7,62mm di turet belakang kokpit 
Muatan bom sampai dengan 1.021 kg

Mesin: 1 X Wright R-2600-20 radials engine 1.900hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 444 km/jam
Ketinggian maksimum: 7.625 m
Kecepatan menanjak: 328 m/menit
Radius maksimum: 1.609 km  

Demikianlah artikel tentang Torpedo Bomber/Light Bomber/Dive Bomber Aircraft/Pesawat Pembom, Pembom Torpedo, Pembom Tukik - Grumman Avenger, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar