Selasa, 15 Mei 2018

Tank Tempur Ringan / Light Tank - A9 Cruiser Tank Mark I


Tank Tempur Ringan/Light Tank
A-9 Cruiser Tank Mark I
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, 15 Mei 2018

Masih diseputar artikel tentang dunia militer. kali ini yang akan saya ulas adalah tank tempur ringan hasil rancangan dari Inggris. Tank yang didesain untuk mendukung gerakan pasukan infantri, dengan mengedepankan kecepatan sebagai faktor utama dalam rancangan.  

Cruiser Mk I  atau A9 dapat digolongkan menjadi tank ringan. Dengan bobot sekitar 12 ton, tank ini tidak membutuhkan daya mesin yang besar untuk dapat menggerakkannya. 

Cruiser Mk I atau A9 adalah jenis tank yang dirancang untuk memiliki kecepatan tinggi dengan tujuan memotong garis pertahanan musuh sekaligus melumpuhkan garis pertahanan komunikasi musuh. 

Tank Tempur Ringan/Light Tank
A-9 Cruiser Tank Mark I
militerbanget.blogspot.com

Tank Baja ini adalah kendaraan tempur berat, mengadaptasi Tank Baja tipe Mark I yang di produksi dalam kurun waktu yang bersamaan. Dirancang pada tahun 1934, tank jenis ini hanya digunakan di Britania Raya, Inggris.

Dirancang oleh Sir John Carden, dan beliau menyelesaikan rancangan ini pada tahun 1934, diuji pada 1936, dan mulai diproduksi pada 1937. Total 125 tank diproduksi dan beroperasi periode 1938-1941.


Tank Tempur Ringan/Light Tank
A-9 Cruiser Tank Mark I
militerbanget.blogspot.com

Bobot A9 terbilang ringan, sehingga mesin bus 9,54 lt AEC masih memenuhi syarat untuk menjadi dapur pacunya dan sanggup membuat tank ini melaju sampai kecepatan 40 km/jam. Tank ini memiliki sistem suspense “Slow Motion” dengan triple-wheel bogies di atas pegas terpasang dengan newton hydraulic shock absorbers. Dipersenjatai dengan meriam kaliber 2pdr (setara dengan kaliber 40mm) dan tiga pucuk senapan mesin, satu dipasang koaksial di turret utama, sisanya dipasang di turret tambahan, tank ini merupakan tank Inggris pertama yang memiliki turret bertenaga hidrolik untuk memutarnya.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
A-9 Cruiser Tank Mark I
militerbanget.blogspot.com

Saat tank ini ikut bertempur di Prancis pada medio tahun 1940 beberapa fakta yang menyedihkan terungkap, dimana tank ini memiliki dua kelemahan yang sangat vital; lapisan bajanya terlalu tipis dan terlalu lambat saat bergerak menjelajah di medan alam (yang sebenarnya merupakan medan “alami” dari tank). Tank ini juga bertempur di front Afrika Utara, walaupun sanggup menghadapi tank Italia, tetapi kalah kelas alias inferior pada saat melawan tank Jerman semacam PzKpf III dan PzKpfw IV.


Tank Tempur Ringan/Light Tank
A-9 Cruiser Tank Mark I
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank - A9 Cruiser Tank Mark I


Mulai bertugas: 1938
Kru: 6 Orang
Bobot: 12.190 kg/12,19 ton

Dimensi 

Panjang: 5,79 m / 19ft 
Tinggi: (over turret hutch): 2,54 m / 8ft 4 in
Lebar: 2,54 m/ 8ft 4 in

Persenjataan 

Senjata utama: Meriam kaliber 2 pdr Gun (setara dengan kaliber 40mm)
Senjata sekunder: 3 x senapan mesin kaliber 7.7 mm Vickers machine gun

Armor: maximum 10-14 mm
Mesin: AEC Type A179 6-cylinder petrol, 111.9 kW/150hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 40 km/jam
Jarak jelajah maksimum: 241 km

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar