Kamis, 20 Desember 2018

Pesawat Pembom Cepat (Ringan) / Light Bomber de Havilland Mosquito (Bagian 1)


Pesawat Pembom Ringan
de Havilland Mosquito 
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018

Pesawat ini diijuluki “Wooden Wonder” (karena memang sebagian strukturnya terbuat dari kayu), Mosquito menjadi pesawat paling andal pada Perang Dunia ke II.

De Havilland Mosquito merupakan pesawat serbaguna yang awalnya dirancang pada akhir 1938 oleh perusahaan penerbangan swasta, sebagai pesawat pembom/pengintai berkecepatan tinggi dan mampu terbang tinggi, sehingga tidak dilengkapi dengan senapan mesin untuk perlindungan diri terhadap ancaman pesawat tempur lawan.

Pesawat Pembom Ringan
de Havilland Mosquito 
militerbanget.blogspot.com

Satu hal yang sangat menarik, sebagian besar bagian dari pesawat ini berkonstruksi kayu. Kayu dipilih karena berbagai pertimbangan. Konstruksi kayu digunakan karena terbukti sangat kuat saat diproses dengan tepat yaitu dengan dilaminasi, bobotnya juga dapat ditekan sekaligus kuat saat diajak bermanuver dengan tekanan tinggi. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42)

Keuntungan lain yang diperoleh saat menggunakan konstruksi kayu adalah, pada saat pembuatan badan, sayap, dan ekornya, dapat diserahkan kepada pabrik mebel tanpa mengganggu industri penerbangan Inggris yang saat itu semakin sibuk memenuhi pesanan untuk kebutuhan perang. Konstruksi dari kayu berarti tidak menggunakan material strategis yang pada saat itu, dibutuhkan untuk berbagai macam alut sista yang sangat penting untuk perang.

Pesawat Pembom Ringan
de Havilland Mosquito 
militerbanget.blogspot.com

Tapi saat pecah Perang Dunia ke II, Air Ministry baru menganggap serius proposal ini, sekaligus ada kekhawatiran. Pada November 1940, purwarupa Mosquito terbang perdana sekaligus menepis pandangan skeptis, karena dari uji terbang itulah, terbukti bahwa pesawat ini memiliki performa yang sangat tinggi. Kemudian Mosquito mendapat restu untuk diproduksi massal, dengan produksi awal diprioritaskan untuk versi pembom, selagi versi pemotretan/pengintaian dan tempur dipersiapkan.

Pesawat Pembom Ringan
de Havilland Mosquito 
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa pertama Mosquito adalah versi pembom, berbentuk aerodinamis dan dapur pacunya menggunakan mesin Merlin yang sangat bertenaga, sekaligus membuktikan performa dan kemampuan terbangnya yang juga luar biasa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35)

Pesawat Pembom Ringan
de Havilland Mosquito 
militerbanget.blogspot.com

Mosquito menjadi pesawat militer tercepat di dunia sampai tahun 1944. Setelah pengujian yang sukses, diikuti pemesanan 50 unit pada Maret 1940, dibagi atas 10 versi pemotretan/pengintaian Mark I, 10 versi pembom Mark VI, dan 30 versi pesawat tempur malam hari Mark II.

Pesawat Pembom Ringan
de Havilland Mosquito 
militerbanget.blogspot.com

Mosquito yang pertama masuk dinas Royal Air Force (RAF - Angkatan Udara Inggris) adalah versi pemotretan/pengintaian pada September 1941, dan digunakan untuk misi pengintaian di atas wilayah Jerman dan negara-negara Eropa yang dikuasainya. Saat menjalankan operasi ini, terbukti Mosquito tidak dapat diintersep (dicegat) oleh pesawat tempur Luftwaffe bahkan dari pesawat yang terbaru sekalipun.
Pada 15 November 1941, Squadron no. 105, RAF Swanton Morley di Nortfolk mulai menerima unit Mosquito versi pembom B.IV. tetapi produksi Mosquito versi ini ternyata lambat, dan baru pada Mei 1942 skuadron ini dapat melaksanakan sorti operasional pertamanya dengan  menyerang Cologne.


Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Cepat (Ringan) / Light Bomber de Havilland Mosquito (Bagian 1), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar