Senin, 23 April 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42


Pistol Mitraliur/Submachine Gun UD-M42
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 April 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang pistol mitraliur atau submachine gun hasil rancangan dari designer senjata asal negara Amerika Serikat. Pistol mitraliur yang muncul di era Perang Dunia Ke II ini seakan luput dari perhatian para pemerhati dan pecinta teknologi senjata. Memang, senjata ini sengaja dibuat “below radar” alias tak dikenal, agar dapat digunakan untuk operasi-operasi militer yang sifatnya sangat rahasia. Tujuannya, apabila senjata ini jatuh ke tangan musuh, maka akan sulit dilacak asal dari senjata ini, yang berujung pada tingginya kesulitan untuk menelusuri asal dan tujuan dari pasukan yang menggunakannya!

Untuk lebih jelasnya, artikel dibawah ini akan menjabarkan secara singkat, tentang pistol mitraliur atau submachine gun UD-M42, berikut artikelnya (disadur dari Sumber: COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN)

Pistol Mitraliur/Submachine Gun UD-M42
militerbanget.blogspot.com

Tidak Seperti pistol mitraliur Thompson yang kesohor, nama pistol mitraliur/submachine gun UD M42 ini seakan nyaris tak terdengar. 
Pistol mitraliur United Defense UD M42 dirancang dikisaran tahun 1941-42 oleh Carl Swebilius, perancang senjata Amerika yang bekerja untuk Perusahaan Manufaktur Standar Tinggi (AS). Pistol mitraliur UD M42 pertama dibuat oleh High Standard dan Marlin atas pesanan Belanda, dan sebagian besar dikirim ke Hindia Belanda sesaat sebelum pendudukan Jepang. Sisanya sekitar 15.000 pucuk M42 dibeli oleh pemerintah Amerika Serikat. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun UD-M42
militerbanget.blogspot.com

Senjata ini dipesan sebagai pistol mitraliur komersial oleh United Defense Supply Corporation, M42 menjadi pistol mitraliur andalan dari OSS (
Office of Strategic Services) dan gerakan bawah tanah yang berafiliasi dengannya. Maklum saja, UD sebenarnya adalah perusahaan “hantu” atau perusahaan samaran (ghost company) yang bertugas untuk memasok seluruh barang kebutuhan dari agen rahasia Amerika Serikat yang membantu gerakan perlawanan (resistance) Eropa, terutama yang beroperasi dari wilayah laut tengah.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun UD-M42
militerbanget.blogspot.com

Diproduksi berdasarkan rancang bangun dari pistol mitraliur Thompson M1928, dengan menghilangkan pistol grip, namun tetap menempatkan grip depan, M42 bekerja dengan mekanisme penembakan yang terbilang sangat sederhana, dari receiver berbentuk silinder. Satu fitur yang cukup unik dari pistol mitraliur ini adalah, adanya komponen berupa penyempurnaan dari magasen Thompson yang menjadi rujukannya. Magasen M42 memiliki fitur kaitan atau clamp pada sisi depannya, sehingga dua magasen dapat ditempel berurutan, mempercepat proses penggantian magasen.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun UD-M42
militerbanget.blogspot.com

Aksi pasukan yang menggunakan pistol mitraliur M42 yang paling fenomenal adalah, saat pistol mitraliur ini digunakan oleh agen SOE Mayor Patrick Leigh Fermor dan Mayor Stanley Moss dalam peristiwa penculikan Mayjen Karl kriepe, panglima pasukan Nazi Jerman di pulau Kreta.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun UD-M42
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42


Asal: Amerika Serikat
Tahun: 1942
Kaliber: 9X19 mm 
Sistem operasi: Blowback
Panjang keseluruhan: 807mm
Panjang Laras: 279mm
Bobot kosong: 4 kg
Vo meninggalkan laras: 400 m/s
Jarak tembak efektif: 200 m
Rate of fire: 700 ppm
Kapasitas magasen: 20 peluru (standar)

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Modernfirearm.net
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar