Sabtu, 07 April 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1 (Bagian Pertama)


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 7 April 2018

Kali ini, yang akan dibahas adalah satu pistol mitraliur yang sangat “populer” dikalangan penyuka dan pengamat dunia kemiliteran. Kemunculan paling “hits” dari senjata ini, adalah saat senjata ini digunakan oleh aktor kawakan Tom Hanks, yang memerankan “Kapten Miller” dalam film yang sangat tenar dan fenomenal saat kemunculannya: “Saving Private Ryan”.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1
militerbanget.blogspot.com

Film yang berlatar belakang era Perang Dunia II ini bertutur tentang satu misi independent yang harus dilakoni oleh tim kecil yang dipimpin oleh Kapten Miller. Dalam film ini, kemunculan pistol mitraliur ini memang terasa sangat menonjol, karena hanya digunakan oleh Kapten Miller saja, sedangkan anggota tim yang lain menggunakan senapan M1 Garrand, BAR, serta beberapa tipe senjata lain.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1
militerbanget.blogspot.com

Walaupun senjata ini terkesan sangat ringkas, namun kenyataannya, di awal kemunculannya, senjata ini sempat “dipandang sebelah mata” alias tidak mendapat respon yang positif. Pihak militer pada saat itu, tidak terlalu tertarik, karena menilai senjata tipe pistol mitraliur tidak cocok untuk menjadi senjata dalam medan perang. Pola pikir dari kebanyakan petinggi militer masih menganut pola pikir tradisional, dimana kekuatan dan jarak tembak masih menjadi unsur utama dari senjata organik militer. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1
militerbanget.blogspot.com

Saat perang berubah menjadi perang jarak dekat (seperti perang kota), terbukti, ternyata senapan standar saat itu, yang memiliki dimensi yang panjang, kedodoran saat diajak berduel dalam model pertempuran jarak dekat. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1
militerbanget.blogspot.com

Keteteran, karena dimensi senapan yang panjang, sangat menyulitkan pasukan dalam bermanuver,  belum lagi mode penembakan yang masih menganut system tembakan tunggal (semi otomatis), atau bahkan bolt action. Alhasil,  senjata yang cocok untuk moda pertempuran tersebut, adalah submachine gun atau pistol mitraliur seperti Thompson ini.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1
militerbanget.blogspot.com

Dikembangkan sebagai solusi untuk model perang parit, Thompson SMG sebenarnya sudah operasional pada tahun 1917, namun karirnya menghilang ketika Perang Dunia I selesai. Oleh karena itu, proyek senjata yang pada awalnya dikenal sebagai “Annihilator”, kemudian dilanjutkan sebagai “Thompson submachine gun", dengan menterakan nama penciptanya. Akibat kurangnya minat militer, Thompson SMG dijual kepada banyak pihak, baik aparat pemerintahan seperti kantor pos dan kepolisian sampai kolektor sipil dan juga gangster. 

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1 (Bagian Pertama)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul: "Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Auto Ordnance Thompson M1928/M1A1 (Bagian Kedua)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar