Senin, 17 Desember 2018

Pesawat Pembom Ringan - Anti Tank / Light Bomber - Anti Tank Airplane - Ilyushin Il-2 Shturmovik


Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 17 Desember 2018

Masih diulasan tentang pesawat pembom lawas, materi artikel kali ini akan membahas tentang satu jenis pesawat pembom ringan, yang memiliki fungsi lain sebagai pesawat anti tank. Pesawat produksi dari Uni Soviet ini memiliki reputasi yang tergolong sangat baik. Kehadiran pesawat ini saat Perang Dunia ke II, turut memberikan andil yang signifikan dalam menghadang bahkan menggulung kekuatan Nazi Jerman yang saat itu mengokupasi negara-negara Eropa Timur. 

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Pada kisaran tahun 1930-an, pemerintah Uni Soviet sangat tertarik untuk mengembangkan satu jenis pesawat yang memiliki kemampuan sebagai pembom ringan, sekaligus juga berfungsi sebagai penghantam lapis baja musuh atau anti tank.


Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Berbagai proyek dilakukan untuk mewujudkan keinginan ini, tetapi belum ada hasil yang signifikan. Pada tahun 1938, saat ancaman perang sudah di depan mata, satu tim pimpinan Sergei V. Ilyushin di Soviet Central Design Bureau (TsKB) berhasilkan menelurkan rancangan baru yang dapat menjawab tantangan tersebut. Rancangan tersebut berupa pesawat berawak dua orang yang diberi kode registrasi TsKB-55, dan berhasil melaksanakan terbang perdana pada bulan Desember 1939. Rancangan Ilyushin ini lalu diberi kode registrasi baru, BSh-2, singkatan dari Bronirovanni Shturmovik atau Armored Assault Aircraft.

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Walaupun beberapa pesawat, telah diberi registrasi Il-2 telah memperkuat kesatuan di garis depan saat Invasi Jerman pada Juni 1941, pesawat baru dan belum dikenal ini belum dapat diandalkan sepenuhnya. Uni Soviet justru khawatir kalau-kalau pabrik senjatanya akan mudah dihancurkan oleh Jerman, sehingga pengembangan dan produksi pesawat Il-2 dihentikan sementara, seraya memindahkan pabriknya di kawasan pegunungan Ural, satu lokasi yang berada jauh di pedalaman, sehingga tidak terjangkau oleh pesawat-pesawat pembom Jerman.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu Semi Otomatis / Semi Automatic Rifle M1 GARRAND (BAGIAN 1))

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Usaha pemindahan pabrik-pabrik senjata ini memang satu usaha yang sangat mahal, memakan waktu dan tenaga. Tetapi hebatnya, pabrikan yang memproduksi Il-2 mampu berproduksi secara penuh hanya dalam tempo dua bulan setelah merelokasi pabrik tersebut.

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Pesawat serang darat bersayap tunggal dan berlapis baja ini menjadi tulang punggung dalam mendukung pasukan darat Uni Soviet saat Perang Dunia ke II, dan menjadi salah satu pesawat paling andal yang dipakai dalam konflik ini. Kunci kesuksesan pesawat ini adalah ketangguhannya, tidak sekedar memasang lapisan baja tambahan, lapisan baja tersebut juga dibuat menyatu menjadi struktur pesawat itu sendiri, melindungi pilot, mesin, tangki bahan bakar, sistem pendingin, dan juga ruang bom.

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini terbang perdana dalam konfigurasi awal berawak satu, pada tanggal 12 Oktober 1940 dan segera menjadi pesawat yang paling banyak diproduksi sepanjang sejarah. Menurut satu catatan resmi, lebih dari 32.000 unit Il-2 berlapis baja ini yang diproduksi dan ditempatkan di garis depan pada Mei 1941. 

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Walaupun dirancang sebagai pesawat pelahap target darat yang ganas, baik statis maupun bergerak, ternyata pesawat ini memiliki kelemahan yang sangat vital. Pesawat ini ternyata tidak mampu meladeni pertempuran udara melawan pesawat tempur musuh yang mengancam. Alhasil, dalam setiap operasinya, pesawat ini harus mendapat pengawalan yang ketat dari pesawat-pesawat tempur untuk menjaganya. Dengan sistem operasional seperti ini, tentu saja sangat tidak efesien, dan juga berbahaya. 

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Solusi untuk masalah ini, diberikan oleh biro perancangnya pada Februari 1942 (diberi kode Il-2M3). Konfigurasinya berawak dua orang, yang ironisnya, rancangan ini sebenarnya adalah rancangan awal yang proposalnya dibuat oleh Ilyushin, namun tidak diteruskan. 

Kru kedua merupakan gunner, yang mengoperasikan satu senapan mesin kaliber 12.7mm untuk melindungi pesawat dari serangan musuh yang datang dari sisi belakang. Tetapi sayangnya, kokpit untuk posisi gunner ini tidak mendapat proteksi yang memadai, sehingga untuk posisi guner kemungkinan tewas dalam pertempuran menjadi sangat tinggi. 

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Peningkatan selanjutnya yaitu pada senjata yang mengarah ke depan, yaitu meriam kaliber 20mm/ meriam ini dianggap kurang memadai untuk melumat sasaran darat yang memiliki proteksi yang cukup, sehingga diganti dengan meriam high velocity kaliber 23mm yang lebih mematikan.


Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Pada tanggal 19 November 1942, Red Army meluncurkan serangan balasan terhadap pasukan ofensif Jerman yang menduduki sebagian dari Stalingrad, dan segera Shturmovik berkamuflase putih menguasai udara. Selama empat hari, armada Il-2 melakukan sekitar 1.000 sorti, menyerang seluruh target potensial Jerman, seperti tank, meriam, artileri, konsentrasi pasukan infantri, bahkan depot perbekalan. Pesawat Il-2 ini menjadi kunci sukses dari serangan balik Uni Soviet, dan menyebabkan Jerman menyerah di Stalingrad pada 2 Februari 1943.

Varian Il-2M3 memiliki empat ruang bom kecil untuk membawa 192 unit PTAB anti tank bomblet 2,5kg yang dapat menghancurkan dan mengacaukan kedudukan pasukan musuh. Selain itu, pesawat ini juga dapat membawa peluncur granat DAG-10, serta dapat melontarkan ranjau udara kecil berparasut di jalur terbang pesawat tempur musuh yang hendak mengejarnya.

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Pertengahan tahun 1943, pilot Shturmovik semakin mematangkan taktiknya. Terbang dalam grup yang berkekuatan delapan sampai 12 unit pesawat dalam formasi rapat di wilayah terbuka, lalu menyerang target yang tergolong rentan yang minim proteksi seperti pasukan infantri atau kendaraan angkut dengan terbang rendah setinggi 16 kaki (sekitar 5 meter). Untuk menghadapi kendaraan lapis baja musuh, mereka akan langsung menyerang ke arah deretan tank atau terbang melewatinya dengan cepat, sambil menjatuhkan bom anti tank PTAB di ketinggian sekitar 180 meter.


Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Untuk bunker atau pos senapan mesin diserang dengan teknik pemboman menukik, untuk menghadapi formasi kendaraan tempur di medan perang, Il-2 akan terbang membentuk formasi “lingkaran kematian”. Satu per satu pesawat turun dan keluar dari formasi untuk menyerang tank dengan leluasa karena yakin di atasnya masih dilindungi oleh formasi melingkar Il-2. Meriam anti pesawat dengan kaliber dibawah 20mm dipastikan tidak akan menimbulkan kerusakan yang berarti bagi pesawat berlapis baja ini. 

Catatan perang paling mengagumkan dari pesawat ini adalah, ketika Il-2 berkontribusi terhadap kemenangan paling penting bagi Uni Soviet di kursk. 

Pesawat ini berhasil menghancurkan 70 tank milik 9th Panzer Division Jerman hanya dalam waktu 20 menit dan menewaskan 2.000 prajurit, serta menghancurkan 270 tank milik 3rd Panzer Division hanya dalam waktu dua jam, sekaligus menyingkirkan seluruh kekuatan milik 17th Panzer Division.

Pesawat Pembom Ringan
Ilyushin Il-2 Shturmovik
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Ringan - Anti Tank / Light Bomber - Anti Tank Airplane - Ilyushin Il-2M3 Shturmovik


Asal Negara: Uni Soviet
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Ringan / Serang Darat
Terbang Perdana: Maret 1941  
Kru: 2 Orang
Bobot: 4.525 kg (Kosong), MTOW: 6.360 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 11,65 m 
Bentangan sayap: 14,6 m
Tinggi: 4.17 m
Wing Area: 38.5m2

Persenjataan 

2 x meriam kaliber 23mm
1 x Senapan mesin kaliber 12,7 di penembak belakang
6 Unit bom @ 100kg, atau 2 Unit Bom @250kg & 8 roket  dibawah sayap

Mesin: 1 X Mikulin 1720hp Am-3BF piston engine

Performa: 

Kecepatan maksimum: 410 km/jam
Elevasi operasional maksimum: 6.000 m
Kecepatan menanjak: 250 m/menit
Radius jelajah maksimum: 765 km  

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Ringan - Anti Tank / Light Bomber - Anti Tank Airplane - Ilyushin Il-2 Shturmovik, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar