Senin, 24 Desember 2018

Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Northrop Grumman MQ-8 Fire Scout


Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 24 Desember 2018

Northrop Grumman MQ-8 tergolong ke dalam kelas Tactical Unmanned Aerial Vehicle (Pesawat Udara Taktis Tanpa Awak). Berbeda dengan jenis UAVs lainnya, UAVs ini memiliki bentuk dan fungsi yang hampir sama dengan helikopter konvensional daripada pesawat bersayap tetap. Dengan rancangan baling-baling, UAVs MQ-8 dapat  mendarat dan lepas landas di semua jenis landasan dan memiliki ketahanan terbang yang lebih lama dibanding UAVs lainnya. 

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

UAV ini dirancang untuk dapat mengemban peran sebagai alat pengintaian real time (langsung), memantau pergerakan/manuver musuh, memberikan laporan terhadap efek kerusakan suatu serangan, pemukul secara langsung kekuatan musuh baik itu personel maupun peralatan perang (alutsista), dan sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi intelijen. 

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

Moda terbang dan sistem kendalinya membuat UAV ini dapat dikendalikan dengan mudah lewat pengendali darat (dari level pasukan yang besar-divisi, atau unit kecil-regu), sebagai alat pengamatan lewat udara yang dapat mengidentifikasi posisi lawan dan kawan dalam pertempuran. UAVs ini juga memberikan sudut pandang yang jauh lebih baik ketimbang pengamatan via satelit ataupun visual pengamat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun (Suomi Kenepistooli) KP-31)

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

RQ-8/MQ-8 lahir dari kebutuhan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk mencari pengganti pesawat UAV yang lawas yang berkonfigurasi sayap statis, RQ-2 Pioneer. 

Dengan mulai semakin maraknya penerapan atau penggunaan sistem UAVs di semua sektor atau lini militer Amerika Serikat, terutama akibat pengaruh dari Angkatan Laut, maka kebutuhan akan peralatan segala sistem UAV juga semakin meningkat. 

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

Akibatnya, Angkatan Laut harus merancang sebuah unit UAV yang dapat beroperasi hingga radius 200 kilometer dengan durasi terbang sekitar 3 jam, juga mampu membawa beban maksimal lebih dari 90 kg. Selain itu, sebagai pesawat yang operasional di bawah komando Angkatan Laut, UAV ini diharuskan memiliki kemampuan untuk lepas landas dan mendarat di perairan melalui dek kapal Angkatan Laut yang telah disediakan.

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

Beberapa perusahaan Amerika telah mengirimkan proposal mereka, tapi pada akhirnya hanya proposal dari pabrikan Schweizer Aircraft yang diterima, dengan rancangannya heli komersial berkonfigurasi ringan pengembangan dari Schweizer Model 330. 

Pemilihan model ini bukan tanpa sebab, karena sistem tersebut telah terbukti sesuai dengan pendekatan biaya yang telah dianggarkan oleh Angkatan Laut AS, yaitu untuk membuat rancangan yang dibutuhkan menggunakan perangkat yang telah ada dan yang telah teruji. 

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

Dapur pacunya mengandalkan mesin turbin Rolls Royce 250 untuk memutar baling-baling dengan tiga bilah propeller. Heli-UAV ini tentu saja dirancang sebagai UAV tanpa pilot dan dari hal ini berawal julukan sebagai RQ-8A dengan Northrop Grumman sebagai kontraktor utama (Northrop Grumman menyediakan semua data fungsi penting berdasarkan pada rancangan RQ-4 Global Hawk).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen III (PzKpfw III))

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

Meski RQ-8A boleh dikatakan prospeknya sangat menjanjikan, namun pada akhirnya, UAVs ini terbukti tidak mampu memenuhi apa yang dipersyaratkan oleh Angkatan Laut AS. Saat minat Angkatan Laut AS pada UAVs ini semakin tipis, Angkatan Darat Amerika Serikat malah menyatakan ketertarikannya, dan melalui sejumlah penyesuaian (sesuai dengan persyaratan AD AS), sebuah produk evolusi baru muncul di tahun 2013, dan diberi kode RQ-8B.

Sistem ini kemudian resmi menggunakan kode identifikasi MQ-8B pada tahun 2006. Evolusi model RQ-8B ini menghasilkan satu UAV yang memiliki kompartment berbentuk modular yang bisa diisi dengan berbagai muatan (bahkan bisa juga diisi dengan artileri), dan menggunakan konfigurasi empat bilah propeller, yang secara signifikan menambah atau meningkatkan spesifikasinya.

Angkatan Darat AS lalu mengajukan tes untuk menguji sistem penglihatan pesawat. Dengan kedatangan pesawat baru MQ-8B, minat Angkatan Laut AS kembali muncul dan AL berambisi untuk memproduksi model itu secara mandiri. Fire Scout juga mendapat kodefikasi baru dari Angkatan Laut AS, yaitu “Sea Scout”. Ironisnya, pihak Angkatan Darat justru membatalkan secara permanen proyek Fire Scout setelah melalui sejumlah evaluasi dan menyadari bahwa RQ-7 Shadow milik mereka sudah lebih dari cukup untuk mengemban misi pesawat UAV di medan perang.

Pesawat Tanpa Awak MQ-8C Fire Scout
militerbanget.blogspot.com

General characteristics Pesawat Tanpa Awak/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Northrop Grumman MQ-8 Fire Scout


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Tanpa Awak
Bobot Kosong: 2,073 lb (940.3 kg)
MTOW: 3,150 lb (1,430 kg)
Daya angkut: 600 lb (272 kg)

Dimensi 

Panjang Pesawat:  23.95 ft (7.3 m)
Diameter Rotor:   27.5 ft (8.4 m)
Tinggi:  9.71 ft (2.9 m)
Mesin: 1 × Rolls-Royce 250, 313 kW (420 hp)

Performa  

Kecepatan maksimum: lebih dari 115 knots (213 km/h)+
Kecepatan Menanjak: 110 knots (200 km/h)
Radius Tempur: 110 nmi (203.7 km) with 5+ hours on station 
Ketinggian maksimum: 20,000 ft (6,100 m) 
Daya tahan terbang: 8 hours (typical), 5 hours fully loaded  

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Northrop Grumman MQ-8 Fire Scout, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

Pesawat Tanpa Awak 
Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
Ferdinan Peys
Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar