Rabu, 26 Desember 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Daewoo K7


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang satu senjata dari tipe pistol mitraliur yang lahir dari negeri gingseng alias Korea Selatan. Pistol Mitraliur atau Submachine Gun ini punya nama "K7". Pistol mitraliur K7 ini tergolong unik, karena tidak dirancang secara murni sebagai pistol mitraliur. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Daewoo K7 ini merupakan turunan alias modifikasi dari senapan serbu K1A1 yang merupakan senapan organik standar pasukan Korea Selatan. Pertimbangannya lagi-lagi pada masalah biaya produksi, dan juga pasukan yang dirasa sudah familiar dengan K1A1 tentu tak akan canggung lagi jika menggunakan SMG ini.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Sedikit berbeda dengan pabrikan lain yang membuat versi tanpa peredam, Daewoo langsung membuat pistol mitraliur ini dengan peredam terintegrasi, seperti pada pistol mitraliur MP5SD. Performanya juga terbilang lumayan, saat senjata ini ditembakkan, tingkat kebisingannya hanya 120 db, selebihnya adalah standar. Dengan tingkat kesenyapan yang lumayan tinggi, maka pistol mitraliur ini menjadi pilihan menarik untuk operasi militer yang membutuhkan “ketenangan”.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

SMG K7 masih mengadopsi receiver K1A1 dengan tambahan adaptor magasen, dan dengan fitur popor tarik yang simple dan praktis serta mampu meringkas panjang keseluruhan senjata.

Sistem operasi pistol mitraliur K7 adalah delayed blowback standar, dengan bobot bolt group yang tergolong ringan. Konfigurasi ini menimbulkan efek pada kecepatan tembakan (rpm). Secara teoritis, K7 memiliki kecepatan tembakan (cyclic rate) 1.100 rpm, yang tentu saja, apabila pistol mitraliur ini ditembakkan terus menerus dalam setelan otomatis, akan merusak peredamnya. Untuk pasokan amunisi, magasen senjata ini bisa dipilihkan dari bawaan K7 standar, atau Uzi.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Kekurangan dari pistol mitraliur K7 ini adalah pada letak lubang pembuangan kelebihan gas hasil penembakan. Lubang tempat ekstraksi gas tersebut terletak di bagian belakang receiver, dan arah buangan gas tersebut segaris dengan wajah penembak apabila operator dalam posisi membidik (dimana mata dekat dengan receiver). Efeknya, saat operator menembakkan K7 dalam posisi membidik, terpaan gas tersebut dapat membuat mata menjadi perih dan sangat mengganggu (biasanya diatasi dengan penggunaan google atau kaca mata hitam).


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Walaupun harganya tergolong murah, pistol mitraliur ini kurang mendapat peminat di luar Korea Selatan. Satu negara yang menjadi pengguna terbanyak selain Korea Selatan adalah Indonesia. Atas pertimbangan dari segi ekonomi, pilihan terhadap pistol mitraliur K7 dijatuhkan karena harganya yang relatif lebih murah dibanding dengan pistol mitraliur made in Jerman, HK MP5SD. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Selain itu, magasen kaliber 9mm dari SMG Pindad PM-1 yang stocknya masih sangat banyak di gudang inventaris TNI AD ternyata kompatibel dengan K7. Menurut data resmi, hampir semua pasukan berkualifikasi elite AD pernah mendapat jatah SMG K7 ini. Tercatat mulai dari Raiders, Kopassus, sampai paspampres pernah menggunakan pistol mitraliur ini.   

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Daewoo K7
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Daewoo K7


Asal: Korea Selatan
Tahun: 2003
Kaliber: 9x19mm 
Sistem operasi: Delayed Blowback

Panjang keseluruhan: 

800mm (popor terentang)
620mm (popor masuk)

Panjang Laras: 260mm

Bobot kosong: 4,0 kg
Vo meninggalkan laras: 275 m/s
Jarak tembak efektif: 135 m
Rate of fire: 1.100 ppm
Kapasitas magasen: 30/32 peluru

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Daewoo K7, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu 

Sumber: 
COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Berbagai sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar