Senin, 03 Desember 2018

Tank Tempur Ringan / Light Tank - AMX-13


Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018

Artikel kali ini akan mengulas tentang Tank Tempur Ringan (Light Tank) yang juga memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista) di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Tank tersebut adalah AMX-13 buatan Prancis

Menurut salah satu sumber yang valid (seperti dikutip dari ANGKASAREVIEW.COM)  Di awal tahun 1960-an Pemerintah Indonesia memborong beragam senjata dalam jumlah besar guna persiapan kampanye militer Trikora, menyatukan Irian Barat ke Bumi Pertiwi. Pilihan ini diambil bila perundingan damai dengan pihak Belanda mendapati jalan buntu.

Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Salah satu alusista yang diboyong pada masa tersebut adalah tank ringan berawak tiga orang buatan Atelier de Construction d’Issy les Moulineaux (AMX) dari Prancis, atau lebih populer dengan nama AMX-13. Sekitar 400 unit tank dengan beberapa variannya ini lalu diboyong ke Tanah Air. Sebanyak 275 unit di antaranya adalah versi kanon kaliber 75mm dan 105mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - MESSERCHMITT Bf-110)

Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Tank ini dirancang tak lama setelah Perang Dunia ke II usai, AMX-13 (angka 13 adalah bobot rancangan orisinil tank ini dalam ton) awalnya diproduksi pada tahun 1950 oleh Atelier de Construction Roanne, lalu pada awal tahun 1960 oleh Mecanique Creusot – Loire, dan terakhir oleh GIAT pada akhir tahun 1980. Periode produksinya memang panjang dan menghasilkan keluarga besar Tank AMX-13 dalam berbagai varian yang sukses.

Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

AMX-13 diawaki oleh tiga orang, memiliki dapur pacu berupa mesin 8 silinder "SOFAM" yang berbahan bakar bensin. Mesin tersebut dapat menghela tank ringan ini sampai dengan kecepatan maksimum 60 km/jam serta memiliki jarak tempuh maksimum hingga 400 kilometer. Satu hal yang menjadi ciri khas dari tank ini adalah, turet ayun yang memiliki profil yang kecil, berbentuk unik, dan terpasang di bagian belakang badan tank. 

Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Pada awalnya, tank ini memiliki persenjataan utama meriam laras panjang kaliber 75mm self loading yang berbasis pada rancangan Jerman sebelum tahun 1945. Senjata utama tersebut lalu ditingkatkan dengan memasang meriam kaliber 90mm, dan pada tahun 1987 oleh Creusot Loire, dipasang meriam kaliber 105mm dengan spesifikasi low recoil. Ketika Tank AMX-13 ini diekspor, beberapa negara yang menggunakannya memilih untuk memodifikasi senjata utamanya dengan kaliber meriam yang variatif (sebagian besar diganti dengan meriam kaliber 105mm yang lebih powerful ketimbang meriam standarnya yang berkaliber 75mm), sesuai dengan kebutuhannya.


Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Seluruh peningkatan senjata utama ini, tetap dipasang pada turet ayun orisinilnya, yang terbukti sangat menyulitkan. Casis yang terbukti tangguh, masih berbentuk sama sejak rancangan awal, walaupun ada penggantian pada dapur pacunya (tidak lagi dengan mesin berbahan bakar bensin, tetapi juga diesel). Varian dari tank ini meliputi Armoured Personnel Carrier, Light Recovery Vehicle, Self Propelled Gun dengan berbagai kaliber, Armoured Bridgelayer, dan juga peluncur roket artileri. 

Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Menurut data yang valid, sebagian dari tank ini menjalani paket peningkatan untuk memperpanjang usia pakainya. Beberapa paket peningkatannya berupa, penggantian mesin (yang semula adalah mesin berbahan bakar bensin, kemudian diganti dengan mesin berbahan bakar diesel yang lebih hemat), penambahan lapisan pelindung, penambahan instrumen pengendali tembakan, penggantian senjata utama dengan kaliber yang lebih mematikan (lebih besar), suspensi yang lebih baik, dan beberapa item lain. Tercatat, ada 8.000 unit tank ini yang telah diproduksi.

Tank Tempur Ringan - AMX-13
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank - AMX-13  


Asal Negara: Perancis
Mulai bertugas: 1950
Kru: 3 Orang
Bobot: 15.000 kg/15 ton (versi akhir)

Dimensi  

Panjang: 4,88 m 
Tinggi: (over turret hutch) 2,3 m 
Lebar: 2,51 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 75mm atau 90mm Rifle Gun atau 105mm
Senjata sekunder: 
2 x Senapan mesin kaliber 7.5mm 

Armor: Maksimum 25mm
Mesin:  SOFAM 8Gxb petrol 186,4 kW/250 hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 60 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 400 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank - AMX-13, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu 

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar