Jumat, 30 November 2018

Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Accuracy International AW-50


Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
Accuracy International AW-50
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at 30 November 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang senapan runduk berat (Heavy sniper rifle) besutan dari salah satu negara di Eropa, yaitu Inggris. Nama besar dari spesies senapan runduk berat Arctic Warfare (atau lebih dikenal dengan AW) menjadi lebih beragam dengan munculnya senapan runduk berat AW-50, yang merupakan versi peningkatan dari senapan AI AWM. 

Dengan sistem konfigurasi mekanisme internal yang identik dengan AWM, AW-50 masih tetap mengakomodir popor sintetis dengan warna hijau tua dan bisa dilipat di bagian belakang untuk mengefesienkan penyimpanan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - MESSERCHMITT Bf-110)

Letak perbedaan dengan senapan AI AWM yang mengadopsi kaliber .338 Lapua adalah: popor AW-50 tidak dibuat dalam model konfigurasi popor tunggal. Popor bagian depan dan bagian belakang dipisahkan oleh lower receiver yang terbuat dari baja, yang mana bagian ini juga berfungsi sebagai adaptor magasen. 

Keunikan lain adalah, pada bagian belakang popor senjata ini, ada sistem monopod yang terbilang berbeda dengan yang lain. Disebut sistem karena, monopod AW-50 menggunakan dua macam pijakan yang terpasang vertikal dan miring 45 derajat. 

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
Accuracy International AW-50
militerbanget.blogspot.com

Bagian vertikal berfungsi sebagai sekrup yang dapat diatur dengan cara diputar untuk mengatur ketinggian kaki miring yang dilengkapi dengan bantalan karet berbentuk bulat untuk pijakan di tanah. Di bagian depan popor, ada bipod yang tetap merujuk pada rancangan klasik dari Parker Hale bipod atau Versapod yang dipasang dengan tonjolan yang khas rancangan Eropa. Rancangan mounting ini mampu memberikan kinerja yang unik, dimana bipod dapat dimiringkan 20 derajat ke sisi kiri atau kanan. 

Apabila operator menginginkan model lain, contohnya bipod keluaran Amerika Serikat seperti Harris bipod, maka senapan ini juga mampu mengakomodirnya dengan cukup cantik, karena senapan ini juga menyediakan dudukan terpisah di bawah popor depan. 

Selain perbedaan tersebut, perbedaan lain yang tak kalah vital adalah adaptor atau lubang magasen. Karena kaliber amunisi yang di"muntah"kan berbeda dengan “sang adik”, dimana senapan ini mengadopsi kaliber .50 BMG, maka adaptor magasen harus diperbesar untuk mampu mengadopsi perubahan kaliber amunisi. Laras juga diganti dengan laras untuk amunisi .50 (12,7mm) yang pastinya lebih tebal.


Muzzle Brake AW-50 juga dirancang secara unik dengan menerapkan bentuk “T” (mirip dengan muzzle brake meriam pada tank). Sebelum gas hasil ledakan mesiu mencapai tingkap utama, ada tiga lubang kecil yang dipakai untuk menyebarkan tekanan gas secara merata. 

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
Accuracy International AW-50
militerbanget.blogspot.com

Selain itu, laras AW-50 juga sudah menganut sistem quick detach, sehingga laras bisa dengan mudah dilepas dan diganti sesuai dengan keperluan di lapangan, baik itu laras kompak atau laras dengan fitur peredam yang terintegrasi.

Untuk urusan alat pembidik atau optik, AI menyediakan alat bidik optik standar berupa teleskop 3-12x50 Mk II dengan AI Mil-dot reticle, dengan setelan jarak bidik efektif sampai jarak 1.500m, dan juga pelindung dari iluminasi sinar laser lawan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Royal Small Arms Factory/Enfield Sten (STEN GUN))

Jika operator menganggap bobot AW-50 standar ini terlalu berat, pihak pabrikan menyediakan varian dengan bobot yang lebih ringan, yaitu AW-50FT yang menggunakan logam titanium sebagai pengganti material baja. Penggantian material ini tentu saja berefek pada bobotnya yang dapat ditekan seminimum mungkin, dan memiliki daya tahan terhadap panas yang jauh lebih baik ketimbang.

Sebagai bukti dari tingginya kualitas dan performa AW-50, senapan ini didapuk menjadi senapan runduk berat (Heavy Sniper Rifle) standar anti material bagi 22nd SAS Regiment (Inggris).

Senapan Runduk Berat/Heavy Sniper Rifle
Accuracy International AW-50
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Accuracy International AW-50


Asal: Inggris
Tahun: 2005
Kaliber: .50 BMG (12.7mm)
Sistem operasi: Bolt Action
Panjang keseluruhan:  1.369 mm 
Panjang Laras: 686 mm
Bobot kosong: 13,64 kg (AW-50) dan 12,73 kg (AW-50FT) 
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: 1.800 m
Tingkat Akurasi: 1 MOA
Kapasitas magaesen: 5 peluru
Harga: 8.000 US$

Demikianlah artikel yang berjudul "Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Accuracy International AW-50", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, 
.50 CAL – LONG RANGE SNIPER RIFLE (“That Goes The Distance)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar