Jumat, 28 Desember 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank / Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II


Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 27 Desember 2018

Masih dalam artikel yang mengulas secara singkat tentang alutsista, kali ini yang akan kita bahas adalah tank lawas produksi Inggris. Pada awal kemunculannya, tank ini sempat membuat kalang-kabut pasukan Italia (pada saat Perang Dunia II berkecamuk, Italia bersekutu dengan Jerman), namun, di babak akhir, tank ini harus tersingkir dari garis depan karena kurang mampu menghadapi barisan tank Jerman. dan ini adalah cerita selengkapnya.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1936, dibuatlah rancangan tank tempur baru yang akan menggantikan tank Matilda I. Tank yang baru ini akan dipasangi senjata utama berupa meriam kaliber 2pdr (setara dengan 40mm) dan memiliki kecepatan operasional sekitar 16-24 km/jam. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Pada awalnya, tim perancang hanya akan memodifikasi tank A11, tetapi ternyata ide ini dinilai tidak praktis dan tidak efektif. Sebaliknya, rancangan tank yang baru ini menerapkan pendekatan yang jauh lebih masuk akal. A12 Infantry Tank Mark II dirancang dengan berbasis pada A7 Medium Tank, dan dibangun oleh pabrikan Vulcan Foundry di Warrington. Tank ini memiliki dapur pacu mesin diesel AEC twin ganged dan Wilson epicyclic gear box. Tank ini dipersenjatai dengan meriam kaliber 2pdr (setara dengan kaliber 40mm) dan senapan mesin koaksial Besa kaliber 7,92mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Plane (Propeller) - Messerchmitt - Bf 109)

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Turet pada tank ini dapat diputar selama 14 detik, dengan konfigurasi sistem yang sama dengan tank Vickers A9. Body tank dibuat dari baja dengan teknik baja tuang, dan untuk roda serta track, masing-masing diberi proteksi berupa armour skirt dan lima mud chute.

Tank matilda ini memainkan peranan yang cukup penting di front Afrika Utara pada saat awal perang, bajkan terbukti lebih superior dibandingkan dengan tank-tank milik Italia. 

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Di front Libya, tank ini sempat memporakporandakan barisan pasukan Italia. Lapisan bajanya yang tebal terbukti sangat efektif dan tidak dapat ditembus oleh meriam anti tank termodern milik Italia saat itu. 

Tetapi hal ini tak berlangsung lama, ketika Jerman datang dan membawa meriam Flak gun kaliber 88mm sebagai salah satu alutsistanya, maka hilanglah kedigdayaan tank Matilda. Meriam Flak kaliber 88mm, terbukti sangat ampuh untuk tugas anti tank, dan terbukti sangat efektif untuk menghancurkan barisan tank Inggris.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Dan tank Matilda ini juga memiliki kekurangan, selain karena tank ini sangat lambat dan kurang lincah manuvernya, ukuran turet Matilda tidak memungkinkan untuk dipasangkan meriam dengan kaliber yang lebih besar, yaitu meriam kaliber 6pdr (setara dengan kaliber 57mm), karena cincin turetnya terlalu kecil. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T1 & T2)

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Padahal, kenyataan di lapangan membuktikan, bahwa Jerman semakin masif menghadirkan tank-tank yang memiliki meriam dengan kaliber yang besar serta lapisan baja yang lebih tebal. 

Alhasil, tank Matilda semakin rentan dan semakin terseok-seok dalam menghadapi tank-tank Jerman. Menghadapi kenyataan pahit ini, secara perlahan tank Matilda mulai digeser dari garis depan, dan diberi tugas-tugas yang sifatnya bukan tempur antar tank.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Beberapa tugas yang dijalankan oleh tank Matilda adalah:


- Matilda CDL (Canal Defence Light), yaitu tank Matilda yang dipasang lampu sorot untuk menerangi medan pertempuran pada malam hari.

- Baron I, II, III, dan IIA, yaitu tank untuk tugas penyapu ranjau darat, dengan diperlengkapi dengan cambuk rantai (flail).

- Matilda Scorpion, sama fungsinya dengan Baron seperti tertulis di atas.

- Matilda dengan Carrot (Carrot Demolition Charge) untuk meledakkan bunker, tank ini dilengkapi dengan bahan peledak kekuatan tinggi seberat 272kg.

- Matilda Frog, yaitu tank penyembur api, dikembangkan di Australia.

- Matilda Murray, sama dengan Matilda Frog, dan juga dikembangkan di Australia.

Tank Tempur Medium/Medium Tank
Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II


Asal Negara: Inggris
Mulai bertugas: 1939
Kru: 4 Orang
Bobot: 26.924 kg/30 ton (versi akhir)

Dimensi  

Panjang: 5,61 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,52 m 
Lebar: 2,59 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 2pdr (40mm) OQF (Ordnance Quick Firing) Gun
Senjata sekunder: 
1 x kaliber 7.92mm Besa machine gun (koaksial)

Armor: Maksimum 78mm
Mesin:  2 X AEC 6 cylinder diesel 64,8 kW/87 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 13 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 258 km  

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank / Tank A12 Infantry Tank Mark II Matilda II, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar