Rabu, 12 Desember 2018

Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Boeing B-52 Stratofortress


Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 12 Desember 2018

Pesawat pembom B-52 merupakan salah satu pesawat militer yang legendaris, terus beroperasi di garis depan lebih dari enam dekade setelah USAF mendapatkan spesifikasi pesawat ini, yang nantinya menjadi B-52 dengan muncul pertama kali pada tahun 1946. Kehebatan atau lebih tepatnya reputasi lama penugasan pesawat ini hanya bisa ditandingi oleh pesawat C-130 (yang dapat dijadikan dalam beberapa versi, seperti gunship, tanker, war control, dan lain-lain). 

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Awalnya, USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat) mengeluarkan satu proposal dimana dibutuhkan satu pesawat pembom yang memiliki kemampuan terbang dengan jarak jelajah maksimum 16.000 kilometer, dengan kecepatan terbang maksimum 804 km/jam. 

Pabrikan Boeing pada awalnya mengusulkan rancangan konvensional dengan dapur pacu mesin propeller dan bermesin piston agar mampu mencapai jarak jelajah yang dipersyaratkan. Tetapi, model konvensional ini terpaksa harus dikesampingkan, karena dikemudian hari USSAF mengajukan syarat tambahan yang tidak main-main, yaitu pesawat tersebut harus dapat terbang di elevasi yang sangat tinggi dan memiliki kecepatan jelajah yang tinggi, serta memiliki kemampuan menjatuhkan bom atom. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T-34/85)

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Atas dasar syarat-syarat tersebut, Boeing kemudian merevisi secara total rancangannya, dan merancang satu pesawat yang benar-benar revolusioner (untuk ukuran pada saat itu), pesawat dengan dapur pacu mesin jet dengan jumlah delapan buah, dan bersayap sayung.

Purwarupa ini terbang pertama kali pada tahun 1952, dan mulai berdinas aktif pada tahun 1955, dan sejak saat itu, B-52 selalu bertugas di garis depan dalam setiap konflik besar dimana Amerika Serikat terlibat di dalamnya. Versi operasional pertama adalah B-52B dan pada tahun 1956 pesawat versi ini yang menjatuhkan bom hidrogen di atas Bikini Atoll. 

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Untuk membuktikan kehebatan Strategic Air Command (SAC), Tiga B-52B melaksanakan misi terbang keliling dunia non stop pada bulan Januari 1957 lewat bantuan pesawat tanker, mengisi bahan bakar di udara sebanyak lima kali.

Total, ada 744 unit B-52 yang telah diproduksi, dengan versi akhirnya adalah B-52H, yang dikirimkan kepada USAF pada bulan Oktober 1962. Saat ini, hanya versi B-52 H yang masih operasional di USAF dan ditugaskan di Air Combat Command dan Air Forces Reserves. Pesawat pertama dari 102 unit yang dipesan, mulai dikirim kepada SAC pada bulan Mei 1961.

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Pesawat pembom B-52 dapat terbang memasuki wilayah Uni Soviet dari pangkalannya di daratan Amerika Serikat dan menjadi senjata utama penggentar nuklir milik SAC. 

Agar memastikan ketangguhan armada B-52 ini, bila Uni Soviet menyerang terlebih dahulu (strategi dasar dalam pertempuran, adalah menghancurkan terlebih dahulu kekuatan utama musuh), SAC menempatkan pangkalan B-52 secara tersebar dan secara berkala merotasinya, dengan tujuan, menghindari tindakan pencegahan atau eliminir dari Uni Soviet tersebut (apabila memang benar terjadi). 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 1))

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Sebagai tindakan tambahan, sejumlah B-52 selalu siap untuk lepas landas 24 jam untuk membalas serangan nuklir musuh. Sejak tahun 1958, strategi ini dirubah ke level yang lebih reaktif. Mulai tahun itu, sampai dengan tahun 1968, 10 sampai 12 unit B-52 selalu mengudara setiap waktu dengan muatan penuh. 

Saat krisis Misil Kuba tahun 1962, jumlah ini meningkat secara signifikan. Tercatat, 70 unit B-52 diterbangkan setiap waktu selama satu bulan. Saat dua pesawat jatuh (akibat kerusakan teknis) dan radiasi dari muatan nuklir yang dibawa pesawat ini bocor dan mencemari lingkungan, penerbangan siaga (reaktif) ini akhirnya dihentikan.

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Kompartment bom (ruang bom atau bom bay) pesawat B-52 sangat luas dan dapat membawa muatan bom dalam jumlah yang sangat besar, seperti bom hidrogen (baik bom dengan spesifikasi jatuh bebas atau dengan parasut), termasuk pula membawa misil jelajah udara-ke-darat AGM-86B. Tentu saja pesawat pembom ini tidak pernah sekalipun menggunakan bom nuklir saat melaksanakan misi tempurnya hingga saat ini. 

Saat Amerika Serikat “terjebak” dalam perang Vietnam, pembom B-52 menjatuhkan hampir tiga juta ton bom (Tetapi, dalam Perang Vietnam ini juga, pesawat B-52 ini mendapat ancaman yang nyata dari MiG-21).Ruang B-52D dimodifikasi sehingga dapat membawa 108 unit bom konvensional atau setiap unit B-52 dapat membawa 27 ton bom dalam satu sortie penerbangan.

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Dua dekade setelah Perang Vietnam, B-52 terlibat aktif dalam perang teluk. Tujuh unit B-52 yang dipersenjatai dengan misil AGM-86, melaksanakan misi tempur sejauh 22.500 kilometer, terbang dari daratan Amerika Serikat untuk melaksanakan penyerangan pertama dari udara, sehingga misi ini merupakan misi dengan jarak paling jauh dan paling lama yang pernah dilakukan dalam sejarah. 

Saat konflik tersebut, 80 unit B-52 melakukan 1.624 sorti dan menjatuhkan 25.700 ton bom atau 40 persen dari seluruh bom yang dijatuhkan. Pada tahun 2003, B-52 lepas landas dari pangkalannya di Inggris untuk membom target-target penting di Irak sekaligus membuktikan bahwa B-52 masih merupakan pesawat pembom andalan Amerika Serikat walaupun sudah 51 tahun lampau tipe ini terbang pertama kali.

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Sekarang, B-52 milik USAF Air Combat Command menjadi senjata tulang punggung untuk menunjukkan kekuatan udara Amerika Serikat di seluruh dunia. B-52 sebenarnya juga sangat efektif bila digunakan sebagai pesawat pengintai maritim, dapat membantu US Navy melaksanakan tugas anti kapal dan penyebaran ranjau laut. Dalam dua jam saja, pesawat pembom ini dapat memonitor permukaan laut seluas 362.600 kilometer persegi.

Pesawat B-52 dapat menjatuhkan atau meluncurkan berbagai macam senjata yang dimiliki militer Amerika Serikat, meliputi bom konvensional, bom tandan, misil berpemandu presisi, dan Joint Direct Attack Amunitions (JDAM).

Pesawat Pembom Strategis
B-52 Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Dengan program peningkatan yang terus menerus, dengan memasang perlengkapan modern, B-52 dapat meluncurkan senjata tercanggih apapun jenisnya, dan analisis para insinyur menunjukkan bahwa, masa operasional pesawat ini dapat diperpanjang sampai dengan tahun 2045. B-52 terus diterbangkan dan dioperasikan sampai dengan  tahun tersebut dikarenakan tidak ada pembom lain milik USAF yang dapat melaksanakan misi tempur yang memiliki skala yang setara dengan B-52.

Pesawat Pembom Strategis
B-52H Stratofortress
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Boeing B-52 Stratofortress


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Strategis 8 Mesin 
Terbang Perdana: 15 April 1952  
Kru: 5 Orang
Bobot: 85.800 kg (Kosong), MTOW: 204.300 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 47,7 m 
Bentangan sayap: 56,4 m
Tinggi: 12.7 m
Luas area sayap: 371.6m2

Persenjataan:

4 x senapan mesin kaliber 12.7 yang ditempatkan di ekor
Mampu membawa muatan bom sampai dengan 27.240 kg (konvensional)

Mesin: 8 X Pratt & Whitney 5493 kg thrust J57-P-19W turbojets

Performa  

Kecepatan maksimum: 893 km/jam
Ketinggian maksimum: 13.725 m
Kecepatan menanjak: 1.950 m/menit
Radius jelajah maksimum: 11.861 km  

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Boeing B-52 Stratofortress, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar