Sabtu, 15 Desember 2018

Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Northrop Grumman MQ-4C Triton


Pesawat Tanpa Awak MQ-4C Triton
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 15 Desember 2018

Artikel kali ini akan mengulas tentang UAV besutan dari Amerika Serikat. UAV Northrop Grumman MQ-4C Triton merupakan model RQ-4 Global Hawk buatan Northrop Grumman yang telah dilengkapi dengan unit internal dan eksternal untuk mengemban peran sebagai alutsista patroli maritim, pemantau, dan senjata anti kapal selam. Saat ini, Triton masih dalam tahap pengembangan dengan lima model telah dirombak dari sistem RQ-4 sebagai uji coba. 

Angkatan Laut Amerika Serikat berusaha untuk memproduksi sekitar 68 unit pesawat MQ-4C yang dilengkapi dengan 22 armada kendaraan. UAV Triton akan bekerja sama dengan alutsista pasukan Angkatan Laut lainnya, seperti unit anti kapal selam/permukaan Boeing P-8A Poseidon yang juga masih dikembangkan.

Pesawat Tanpa Awak MQ-4C Triton
militerbanget.blogspot.com

Pesawat tanpa awak Triton rencananya akan menjalani lima uji BAMS-D (Broad Area Maritime Surveillance Block 10-Demonstrator) dimana satu unit pesawat ini sempat mengalami kecelakaan dan hilang pada bulan Juni 2012. Sistem onboard memiliki radar multifunction Active Sensor.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Aircraft JET MiG-21 (Fishbed) Bagian 1)

Electronic Steered Array (MFAS AESA/Sensor Aktif Multifungsi, Kemudi Arah Elektronik) yang dapat berotasi hingga 360 derajat dan video elektro optikal/infra merah buatan Raytheon yang terpasang di bawah hidung. MFAS AESA sendiri telah menjalani proses uji coba bersama pesawat seri Gulfstream II. MQ-4C juga akan dilengkapi dengan sistem identifikasi VHF sehingga dapat mengidentifikasi posisi kapal laut secara real time.

Pesawat Tanpa Awak MQ-4C Triton
militerbanget.blogspot.com

MQ-4C yang telah disempurnakan (secara profil, UAV ini mirip dengan RQ-4 Global Hawk produksi pertama) akan dipasangi dengan alat BAMS-D serta sejumlah fitur lain yang kemudian menjadi ciri khas rancangan secara keseluruhan. MQ-4C memiliki wadah di bagian pusat yang di dalamnya berisi dengan radar penunjuk dan sistem visual yang menonjol di bagian dagu. 

Bagian mesin akan dikemas dalam kompartment dari titanium, sedangkan sayapnya yang lebar akan dimodifikasi agar dapat terbang di atas air. Selain fitur tersebut, Triton mengusung rancangan yang sama dengan Global Hawk original termasuk mesin tunggal yang menonjol di punggung, sayap yang menempel lurus, roda pendarat yang terdiri dari tiga segmen beroda yang dapat dilipat ke dalam badan pesawat, dan sirip ekor miring vertikal. Tidak seperti unit UAVs yang berdimensi lebih kecil (Predator dan Reaper), keluarga Global Hawk/Triton tidak diperlengkapi dengan senjata meski unit ini diperlengkapi dengan berbagai macam sensor dan alat komunikasi yang terbilang canggih.

Pesawat Tanpa Awak MQ-4C Triton
militerbanget.blogspot.com

Triton dapat mengudara di ketinggian 50.000 kaki (15.240 meter) dan memiliki ketahanan terbang terus menerus sampai dengan 30 jam, sehingga dapat digunakan dalam operasi serangan berkala yang secara teori dapat berlangsung berminggu-minggu. Jarak jelajah operasional maksimum UAV ini di kisaran 2.300 mil (sekitar 3.700 kilometer) dengan dimotori oleh mesin turbofan Rolls Royce AE 307 yang dapat menghasilkan daya dorong dari 6.500 hingga 9.000 pon. Namun kecepatan maksimalnya hanya sekitar 360 mil/jam (sekitar 550 km/jam) di batas elevasi 60.000 kaki.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu Semi Otomatis / Semi Automatic Rifle M1 GARRAND (BAGIAN 1))

Unit ini membutuhkan empat orang personel untuk mengoperasikan seluruh fungsi Triton melalui stasiun GCS (Stasiun Pengendali Darat).

Pesawat Tanpa Awak MQ-4C Triton
militerbanget.blogspot.com

Tujuan diciptakannya UAV Triton ialah sebagai solusi atas kebutuhan Angkatan Darat Amerika Serikat akan pesawat nirawak yang dapat dikontrol dari darat dan mampu menjalankan banyak misi, sehingga mampu meminimalisir kebutuhan akan operator langsung, sekaligus meminimalisir jatuhnya korban apabila terjadi masalah pada unit ini. Mungkin faktor utama yang mendorong munculnya unit Triton ini adalah ekonomi. Anggaran pertahanan di AS memang besar, namun, karena kebutuhannya juga sangat besar, maka berbagai langkah dilakukan untuk mensiasati minimnya anggaran tersebut. Kehadiran UAV ini dirasa mampu memberikan solusi, dimana beberapa fungsi tetap dapat diemban, namun dengan anggaran yang lebih sedikit.

Angkatan Laut AS mulai mengoperasionalkan UAVs Triton pada tahun 2015. Penerbangan pertama MQ-4C dilaksanakan pada penghujung tahun 2012. Unit ini diperkenalkan secara resmi ke publik pada Juni 2012, dan dengan 30 unit Triton siap untuk dijual. Triton direncanakan untuk dioperasionalkan di Hawai, California, Florida, Jepang, dan British Indian Ocean.

Program BAMS inipun menjadi sumber kucuran dana bagi Northtrop Grumman dengan nilai kontrak sebesar 1.16 milyar US$.

Pada bulan mei 2013, Australia menyatakan keinginannya untuk membeli unit UAV Triton untuk memperkuat angkatan bersenjatanya.

Pada Januari 2015, Jerman juga menyatakan ketertarikannya dengan produk Northtrop Grumman ini, untuk memenuhi kebutuhan alat ELINT (Electrinic Intelligence) dan COMINT (Communication Intelligence). Paket peralatan (Pod menggantung) menjadi salah satu kelengkapan untuk unit yang dimiliki Jerman ini.

Pesawat Tanpa Awak MQ-4C Triton
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Northrop Grumman MQ-4C Triton


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Tanpa Awak
Bobot: 14.628 kg  (kosong)
Daya angkut: 
Internal & Eksternal: - kg

Dimensi 

Panjang Pesawat:  47.6 ft. (14.5 m) 
Bentangan sayap:   130.9 ft. (39.9 m) 
Tinggi:  15.4 ft. (4.7 m)
Mesin: 1 × Rolls-Royce AE 3007 turbofan engine, 6,495–8,917 lbf (28.89–39.66 kN) thrust

Performa  

Kecepatan maksimum: lebih dari 575 km/jam
Terbang Ferry: 8,200 nm (15,186 km) 
Ketinggian maksimum: 60,000 ft. (18.3 km) 
Daya tahan terbang: 30 jam lebih pada kecepatan jelajah ekonomis  

Demikianlah artikel tentang Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Northrop Grumman MQ-4C Triton, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
Pesawat Tanpa Awak 
Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
Ferdinan Peys
Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar