Minggu, 30 Juni 2024

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua)


Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 30 Juni 2024

Kendaraan serbaguna ini memang sangat istimewa. Angkatan bersenjata Jerman, terutama angkatan darat pada saat Perang Dunia II memanfaatkan kendaraan serbaguna ini dalam berbagai konfigurasi, seperti kendaraan recovery tank, penderek meriam, dan berbagai fungsi lainnya. Tenaga yang besar serta mudah dioperasikan menjadi kelebihan dari kendaraan ini. Nama kendaraan ini adalah Sd.Kfz. 9 Famo, dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Tugas untuk merancang dan memproduksi kendaraan ini diberikan kepada perusahaan Fahrzeug- und.Motoren-Werke GmbH, lebih dikenal sebagai FAMO. FAMO adalah salah satu produsen traktor model track terbesar di Jerman, meskipun sebagian besar peroduknya merupakan tractor non militer.

Purwarupa pertama diluncurkan pada tahun 1936, dan itu purwarupa itu benar-benar masif! Dengan berat kosong 15,2 ton dan panjang 8,3 meter, kendaraan ini mampu menderek tank terbaru dan terberat Jerman pada saat itu, Panzer IV dengan sangat mudah.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Vickers Virginia)

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Dapur pacu kendaraan ini adalah mesin bensin Maybach HL 98 TUK V12 9,7 liter berkekuatan 220 hp yang terletak di bawah kap panjang di bagian depan. Di kedua sisi mesin terdapat dua roda kemudi yang tidak terkonek dengan mesin (roda jalan/roda gulir). Bagian belakang kendaraan ditopang oleh satu set roda jalan yang berkonfigurasi saling bersisipan seperti pada roda jalan tank “Panther” dan “Tiger”.

Pada tahun 1938 FAMO memproduksi purwarupa Sd.Kfz versi F2. 9, yang memasuki produksi dalam skala kecil. F2 memiliki biaya produksi lebih murah dibanding dengan varian sebelumnya.

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1939 muncullah purwarupa versi ketiga dan terakhir, F3. Sebagian besar sama dengan tipe sebelumnya, namun dilengkapi dengan mesin Maybach HL 108 TUKRM yang lebih bertenaga. V12 bensin ini adalah mesin pilihan untuk Panzer III dan beberapa varian Panzer IV.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - Mk A Whippet)

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Sd.Kfz. 9 memiliki desain yang kokoh sehingga sebagian besar tetap tidak berubah selama proses produksi berlangsung hingga tahun 1945. Perubahan yang terjadi biasanya hanya perubahan kecil yang berfungsi untuk mempermudah produksi.

Demikianlah artikel tentang Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Germany Military Vehicle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang Dunia II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar