Rabu, 19 Juni 2024

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Pertama)


Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Rabu, 19 Juni 2024

Sd.Kfz. 9 (Kettenkrad ) adalah kendaraan serbaguna dengan konfigurasi “half track” (penggeraknya sebagian roda dan Sebagian rantai) yang dikembangkan oleh Jerman sebelum Perang Dunia Kedua. Kendaraan ini lebih panjang dari tank Tiger dan memiliki kekuatan yang luar biasa sehingga dapat menarik beban besar. Kemampuan iini membuat kendaraan ini menjadi sangat berguna bagi militer Jerman sehingga banyak digunakan oleh Wehrmacht.

Kendaraan dengan konfigurasi halftrack mencapai puncak popularitasnya selama Perang Dunia Kedua. Jerman dan Amerika Serikat adalah pengguna utama halftrack, dan memproduksi kendaraan konfigurasi ini dalam jumlah besar pada tahun 1930an dan 1940an.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Infantry / Tank A11 Infantry Tank Mark I Matilda I)

Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Lebih dikenal sebagai Famo, kendaraan ini dapat membawa muatan barang, amunisi, crane, dan bahkan menarik meriam FlaK 8,8 cm dalam satu kali angkut. Famo adalah kendaraan yang sangat sukses, yang digunakan sepanjang perang.

Jadi, apa sebenarnya kelebihan kendaraan dengan konfigurasi half track ini? Sederhananya, kendaraan halftrack menggabungkan keunggulan kendaraan dengan track penuh dan kendaraan beroda.

Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan beroda memang lebih mudah dan murah untuk dibuat, tetapi tidak memiliki kemampuan off-road dan traksi seperti kendaraan dengan penggerak track (rantai). Kendaraan beroda juga lebih mudah dikendarai sehingga lebih cocok untuk pengemudi yang belum berpengalaman.

Halftrack dapat mempertahankan sebagian besar daya tarik dan kemampuan off-road kendaraan yang memiliki konfigurasi track (rantai), sekaligus lebih murah untuk dibuat dan lebih mudah dioperasikan. Karena mereka dapat mengimbangi tank, Half track juga dapat dengan mudah dimodifikasi untuk digunakan sebagai pengangkut personel lapis baja, pengangkut amunisi, kendaraan recovery, dan lain sebagainya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Aircraft Vickers Virginia)

Kendaraan Serbaguna Sd. Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Pengembangan Sd.Kfz.9

Pada awal tahun 1930-an, Jerman membuat desain dasar untuk sejumlah kendaraan half track dengan berbagai ukuran dan peran. Mesin-mesin ini akan dikembangkan dan pada akhirnya menjadi sangat penting selama Perang Dunia Kedua. Walaupun memiliki banyak versi untuk half track, ada satu desain yang menonjol dari yang lain karena ukurannya yang besar, yaitu Sd.Kfz. 9. Kendaraan ini dirancang sebagai kendaraan recovery untuk tank terbaru militer Jerman (seperti PzKpfw V (Panther) dan PzKpfw VI (Tiger)), dan traktor artileri yang mampu menarik senjata terberat dalam jajaran artileri Jerman.

Demikianlah artikel tentang Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Germany Military Vehicle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Jerman
#Alutsista
#Perang Dunia II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar