Sabtu, 06 Juli 2024

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga)


Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 6 Juli 2024

Kendaraan serbaguna ini memang sangat istimewa. Angkatan bersenjata Jerman, terutama angkatan darat pada saat Perang Dunia II memanfaatkan kendaraan serbaguna ini dalam berbagai konfigurasi, seperti kendaraan recovery tank, penderek meriam, dan berbagai fungsi lainnya. Tenaga yang besar serta mudah dioperasikan menjadi kelebihan dari kendaraan ini. Nama kendaraan ini adalah Sd.Kfz. 9 Famo, dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua)", silahkan disimak:

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Catatan Operasional

Ketika Sd.Kfz. 9 Famo mulai beroperasi, kendaraan ini mampu menarik tank Jerman mana pun yang operasional pada saat itu. Pada beberapa kasus, kendaraan ini dipadukan dengan bak trailer Sd. Ah. 116 yang memiliki elevasi bak muatan yang rendah dan memiliki bobot angkut maksimal hingga 22 ton (meskipun dalam banyak kasus konfigurasi ini terlihat membawa muatan hingga hampir 30 ton).

Bak trailer Sd. Ah. 116 ditopang oleh empat as roda, yang masing-masing dapat dikemudikan. Di bagian belakang trailer ada sebuah kabin kemudi kecil yang menampung seorang awak. Awak ini akan mengemudikan as roda belakang secara manual.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - Mk A Whippet)

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Sd.Kfz. 9 terbukti menjadi kendaraan yang serbaguna dan memiliki kekuatan yang besar, dan segera menjadi primadona di semua lini karena dapat digunakan untuk hampir semua kebutuhan, mulai dari memulihkan/menderek tank, hingga mengangkut kargo dan mengangkat mesin dari kendaraan.

Namun produksi kendaraan ini juga sangat mahal, dan tidak memiliki system proteksi lapis baja yang memadai. Kurangnya proteksi ini memang tidak menjadi masalah apabila kendaraan ini digunakan untuk tugas-tugas logistik yang berada di garis belakang, yang boleh dikatakan hampir tak memiliki ancaman dari lawan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Ringan/light Bomber de Havilland/Airco DH9A)

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 "Famo"
militerbanget.blogspot.com

Tetapi beda cerita apabila tank ini harus menderek tank di lini depan, dimana ancaman dari pihak lawan masih dalam intensitas yang tinggi, jelas kendaraan ini akan mengalami masalah serius. Ukurannya juga menjadi masalah, karena dengan ukuran yang besar serta bobot yang masif membuat kendaraan ini boros bahan bakar. Belum lagi kendaraan ini memiliki radius kemudi yang besar, sehingga sangat sulit bermanuver di ruang gerak yang sempit (di tengah Lorong-lorong perkotaan misalnya)

Demikianlah artikel tentang Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Germany Military Vehicle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang Dunia II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar