Minggu, 07 Juli 2024

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat)


Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 7 Juli 2024

Kendaraan serbaguna ini memang sangat istimewa. Angkatan bersenjata Jerman, terutama angkatan darat pada saat Perang Dunia II memanfaatkan kendaraan serbaguna ini dalam berbagai konfigurasi, seperti kendaraan recovery tank, penderek meriam, dan berbagai fungsi lainnya. Tenaga yang besar serta mudah dioperasikan menjadi kelebihan dari kendaraan ini. Nama kendaraan ini adalah Sd.Kfz. 9 Famo, dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga)", silahkan disimak:

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Ketika perang masuk ke dalam fase akhir, Jerman menelurkan berbagai tank jenis baru yang memiliki bobot tempur yang semakin berat. Sd.Kfz. 9 walaupun memiliki tenaga yang besar namun mulai kewalahan Ketika harus menderek monster-monster baja Jerman yang baru ini. Ketika tank tampur berat Pz.Kpfw VI Tiger diperkenalkan, Sd.Kfz.  9 ternyata tidak mampu menderek/menarik tank ini, sehingga dibutuhkan lebih dari 1 unit Famo untuk melaksanakan tugas ini.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Ringan/light Bomber de Havilland/Airco DH9A)

Untuk dapat menderek monster-monster lapis baja yang super berat, seperti Ferdinand atau PzKpfw VI Ausf B Tiger 2, dibutuhkan sebanyak lima unit Famo yang bekerja secara serempak. Walaupun dibayangi oleh banyak kekurangan,  Sd.Kfz. 9 tetap menjadi alat yang berharga untuk keseluruhan perang.

Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo
militerbanget.blogspot.com

Varian Sd.Kfz. 9/1 dilengkapi dengan derek yang ditempatkan pada bak kargo bagian belakang. Derek tersebut memiliki kapasitas angkat maksimum hingga 6 ton, dan berguna untuk beberapa tugas seperti mengeluarkan mesin dari tank selama perbaikan, bongkar muat amunisi artileri, dan lain sebagainya. Menurut catatan resmi, varian ini diproduksi sebanyak 150 unit.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat/Heavy Tank M6)

Sd.Kfz. 9/2 juga dilengkapi dengan crane, namun kali ini kapasitas angkat maksimalnya ditingkatkan menjadi 10 ton. Cadik/lengan penumpu ditambahkan untuk menjaga kestabilan kendaraan saat mengangkat beban berat. Tidak ada catatan resmi mengenai jumlah produksi unit ini.

Demikianlah artikel tentang Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian terakhir dengan judul “Kendaraan Serbaguna Sd.Kfz. 9 Famo – “Halftrack” Si Raksasa dari Jerman, Tulang Punggung Wehrmacht Saat Perang Dunia II (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. Germany Military Vehicle
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang Dunia II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar