Kamis, 05 Juli 2018

Tank Tempur Berat / Heavy Tank PzKpfw VI Ausf B Tiger 2


Tank Tempur Berat/Heavy Tank
PzKpfw Ausf B Tiger 2
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis, 5 Juli 2018

Konigstiger (Royal atau King Tiger) atau Tiger 2, begitu julukannya, adalah tank yang superior, dapat menghancurkan musuh-musuhnya dengan mudah. 

Tank ini memiliki bobot tempur hampir 70 ton dan diperkuat dengan senjata utama, meriam laras panjang KwK43 L/71 kaliber 88mm yang dapat menembus lapisan baja setebal 132mm pada jarak tembak 2.000 meter, sehingga tank ini dapat mengalahkan tank terberat Sekutu sekalipun. 

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
PzKpfw Ausf B Tiger 2
militerbanget.blogspot.com

Ironisnya, karena bobot yang masif, membuat performa tank ini sangat buruk hampir di segala medan, sulit dan mahal dalam pembuatan, operasional, maupun perawatan, dan faktor-faktor tersebut menjadi faktor penghalang yang signifikan dalam mengurangi keandalannya! 

Menurut satu catatan resmi, hanya 489 Tank Tempur Berat King Tiger dibuat, dan operasional dalam alat pertahanan Jerman (Angkatan Darat NAZI Jerman) saat menghadapi pasukan sekutu yang terus merangsek ke wilayah Jerman.

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
PzKpfw Ausf B Tiger 2
militerbanget.blogspot.com

Rancang bangun tank Panzerkampfwagen (PzKpfw) VI Königstiger dimulai dari bulan Mei 1941 dan berlanjut sampai tahun 1943. Tank ini dirancang oleh perusahaan Henschel, dan tujuan dari pembuatannya adalah untuk menggantikan posisi tank Tiger versi I (PzKpfw VI) yang telah dipakai dari tahun 1942. Unit pertama dikirimkan awal tahun 1944 dan pertempuran pertama yang dilakoni adalah dalam Pertempuran Minsk.

Tank "King Tiger" ini mempunyai berat yang luar biasa, sekitar 70 ton! Hal ini terjadi karena para insinyur perancangnya ingin memberikan tambahan proteksi yang merupakan karakter khas dari tank jenis Tiger. Hasilnya, mereka menambah ketebalan lapisan bajanya (terutama di bagian depan) dan juga memodernisasi peralatan pendukung yang sangat membantu disaat bertemu tank musuh. efek dari berbagai penambahan ini adalah, bobotnya menjadi naik luar biasa!


Tank Tempur Berat/Heavy Tank
PzKpfw Ausf B Tiger 2
militerbanget.blogspot.com

Karena bobotnya yang masif, tank ini  sangat sulit bermanuver hampir di segala medan. Untuk mengatasi hambatan dalam hal tersebut, senjata utamanya diperkuat. Fungsi tank ini tak lagi menjadi alat tempur yang mobile, namun menjadi alat tempur jarak jauh. Meriam kaliber 88mm-nya dapat menghancurkan tank lawan sampai jarak 2 kilometer, dan mampu menghancurkan semua tipe tank sekutu yang dikenal pada saat itu!


Dalam Pertempuran Normandia, Tiger II (nama lain dari Königstiger) menjadi momok yang menakutkan bagi pasukan Sekutu. Begitu dahsyatnya kemampuan tank jenis ini sehingga hanya bom angkatan udara dan meriam kapal perang angkatan laut yang mampu menghancurkannya! 

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
PzKpfw Ausf B Tiger 2
militerbanget.blogspot.com

Dan satu lagi fakta tak terbantahkan: Königstiger tidak pernah, sekali lagi tidak pernah, kalah dalam duel melawan tank dari jenis manapun, dan tak ada satu pun tembakan dari arah depan yang tercatat telah melumpuhkannya! Dia hanya hancur oleh tembakan jarak dekat dari samping atau belakang saja.

489 unit tank jenis ini diproduksi selama Perang Dunia II, dan Königstiger bisa dikatakan merupakan salah satu tank terbaik saat itu. Sayang tank tempur berat ini muncul disaat Jerman sudah mengalami kekalahan di berbagai sektor dan front, sehingga, kemunculan tank ini tak lagi mampu membalik keadaan!

Tank Tempur Berat/Heavy Tank
PzKpfw Ausf B Tiger 2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Berat / Heavy Tank PzKpfw VI Ausf B Tiger 2


Asal negara: Jerman
Nama lengkap: Panzerkampfwagen VII Königstiger
Panjang: 10,28 m
Lebar: 3,65 m
Tinggi: 3,09 m
Berat: 69,8 kg (turet Henschel) atau 68,5 kg (turet Porsche)

Performa

Kecepatan maksimum: 41 km/jam (jalan raya) dan 17 km/jam (cross-country)
Jarak jelajah maksimum: 110 km (jalan raya) dan 80 km (cross-country)

Persenjataan

Senjata utama: meriam kaliber 88mm
Senjata sekunder: Tiga buah senapan mesin MG 34 atau MG 42

Mesin: V12 Maybach HL 230 P30, 700 hp
Gearbox: Maybach OLVAR EG 40 12 16 B (8 maju dan 4 mundur)
Radio: FuG 5

Teropong: TZF 9b, kemudian dimodifikasi sampai TZF 9d
Konsumsi bahan bakar: 487 Liter untuk jarak jelajah maksimum 100 km.

Awak: 5 orang (1 komandan, 1 driver, 1 co-driver dan gunner, 1 radio operator dan loader)

Tebal lapis baja bagian depan: 150 mm
Tebal lapis baja bagian belakang: 80 mm
Jumlah produksi: 489 unit (Desember 1943 s/d Maret 1945)

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Berat / Heavy Tank PzKpfw VI Ausf B Tiger 2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

aca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

2.ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar