Sabtu, 01 Juni 2024

Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kedua


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Sabtu, 1 Juni 2024

Kendaraan pengintai ini merupakan kendaraan pengintai yang cukup terkenal di era Perang Dunia II. Semenjak awal kemunculannya, militer Jerman terus memaksimalkan performanya sehingga kendaraan ini menjadi salah satu alutsista andalan Jerman saat Perang Dunia II berkecamuk. Nama alutsista ini adalah Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222). Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Pertama", silahkan disimak:

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Dapur pacu yang dipasang pada bagian belakang ranpur awalnya adalah mesin Horch V8 3,5 Liter dengan tenaga 75 PS (55 kW; 74 hp) (sasis Ausf. A). Mulai tahun 1942, mesin ini digantikan oleh mesin 3,8 Liter dengan tenaga 90 PS (66 kW; 89 hp) (sasis Ausf. B) yang lebih bertenaga, sehingga mampu menggerakkan ranpur ini sampai kecepatan 80 km/jam (50 mph) di jalan raya dan pada medan lintas alam, kendaraan ini masih dapat dipacu hingga kecepatan  40 km /jam (25 mil/jam). Dengan mesin ini, Sd.Kfz 22 memiliki jarak jelajah maksimum hingga 300 km (186 mil) dan jarak ini jelajah ini masih bisa di dongkrak lagi dengan tambahan bahan bakar eksternal, yang tentu saja sangat berguna pada saat ranpur ini harus melakukan tugas pengintaian jarak jauh.


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Digunakan oleh batalyon pengintai ( Aufklärungs-Abteilung ) dari divisi Panzer, kendaraan pengintai ini menorehkan prestasi yang cukup baik di negara-negara yang memiliki jaringan jalan yang memadai, seperti di front Eropa Barat. Namun, di Front Timur (dimana kondisi medannya didominasi oleh tanah berlumpur serta hutan lebat) dan di gurun Afrika Utara (medan padang pasir), ranpur ini terhambat oleh performa off road yang relatif buruk.

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Sd.Kfz. 222 dilengkapi dengan persenjataan yang lebih berat dan turet yang lebih besar dari Sd.Kfz. 221 tetapi masih relatif sempit dan tidak memiliki perlindungan pada bagian atas selain anyaman kawat ram baja dengan celah yang dirancang untuk memungkinkan personel di dalamnya melempar granat (apabila dikepung oleh pasukan infantry lawan). Sayangnya, penggunaan pelindung ini membuat senjata utama tidak bisa bergerak bebas, sehingga mengurangi efektifitasnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Bomber Aircraft/Pesawat Pembom ringan Fairey Fox) 

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Senapan mesin dipasang secara koaksial dengan senjata utama, dan kedua senjata tersebut dipasang pada pintle di turret dan dilengkapi dengan mekanisme elevasi dan lintasan serta mekanisme penembakan yang dipasang di lantai. Turret diputar oleh senjata traversing, bukan senjata yang dipasang pada turret traversing. Oleh karena itu, tidak ada cincin bantalan dan keranjang turet, yang ada hanyalah kompartemen senjata yang sebagian besar terhalang oleh pelindung senjata.

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kedua. Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Ketiga", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Dunia II, #Jerman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar