Sabtu, 25 Mei 2024

Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Pertama


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspahwagen Sd.Kfz 222
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Sabtu, 25 Mei 2024

Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 Ausf.A, atau dikenal juga sebagai Sd.Kfz.222, adalah kendaraan pengintai lapis baja milik Jerman yang banyak digunakan selama Perang Dunia II. Kendaraan tempur (selanjutnya akan kita sebut sebagai ranpur) ini awalnya tidak dirancang secara khusus untuk misi pengintaian, melainkan sebagai ranpur pendukung manuver pasukan infantri pada saat pertempuran. 

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspahwagen Sd.Kfz 222
militerbanget.blogspot.com

Tetapi, seiring berjalannya waktu, dimana taktik dari perang klasik berubah menjadi taktik perang yang mobil (perang dengan manuver yang cepat serta tidak statis), mengakibatkan munculnya kebutuhan akan satu alutsista tipe baru yang mampu memikul peran sebagai kendaraan pengintai posisi pasukan lawan sekaligus memiliki sistem pertahanan diri yang memadai. Ranpur Sd.Kfz.222 yang dikenal karena kecepatannya dan kelincahannya, kemudian didapuk untuk memikul peran ini, yang ternyata dapat dijalaninya dengan sangat baik, sehingga menjadikan ranpur ini sebagai aset berharga bagi militer Jerman.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Zastava M93 Black Arrow)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspahwagen Sd.Kfz 222
militerbanget.blogspot.com

Diproduksi dalam kurun waktu tahun 1935 dan 1944, Sd.Kfz.222 dilengkapi dengan senjata utama berupa meriam kaliber 20mm dan senjata sekunder senapan mesin kaliber 7,92mm, menjadikan ranpur ini sebagai lawan yang tangguh di medan perang. 

Sd.Kfz.222 dirancang dengan sistem penggerak empat roda yang dikombinasikan dengan kemudi empat roda, membuat ranpur ini memiliki kemampuan manuver yang tinggi serta mampu melahap medan yang sulit dengan mudah, terutama di palagan Eropa Dimana kondisi medannya tidak terlalu ekstrim serta sarana jalan sudah cukup baik.

Meski sukses di medan perang, Sd.Kfz.222 bukannya tanpa kekurangan. Proteksi lapis bajanya yang tipis membuat ranpur ini rentan terhadap tembakan musuh, terutama dari senjata yang memiliki kaliber di atas kaliber senapan. Alhasil, pada medan yang dirasa cukup rawan, ranpur ini sering beroperasi bersama dengan kendaraan lapis baja lainnya untuk perlindungan tambahan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Perusak / Tank Destroyer - M10 WolverineTank Perusak / Tank Destroyer - M10 Wolverine)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspahwagen Sd.Kfz 222
militerbanget.blogspot.com

Ranpur ini dikembangkan oleh Eisenwerk Weserhütte dari Bad Oeynhausen dengan menggunakan sasis tipe Horch 108 (salah satu desain standar mobil off-road berat untuk angkatan bersenjata Einheits-PKW der Wehrmacht) dipadukan dengan bodi lapis baja dan turret yang bersudut.

Sasis dibuat oleh Horch (Auto Union) di Zwickau dan dirakit oleh F. Schichau dari Elbing dan Maschinenfabrik Niedersachsen di Hanover -Linden.

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Pertama. Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian KeduaKendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kedua", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Dunia II, #Jerman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar