Minggu, 19 Mei 2024

Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Kelima)


Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 19 Mei 2024

Senapan serbu dari Yugoslavia ini memang sangat mirip dengan AK-47 milik Uni Soviet yang sangat kesohor, dan hal ini sangat beralasan karena memang senjata ini merupakan “jiplakan” dari AK-47. Walaupun demikian, Yugoslavia tidak menjiplak secara total, melainkan melakukan juga berbagai perbaikan yang signifikan, sehingga senjata “jiplakan” ini memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan jiplakannya. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Keempat)", silahkan disimak:

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Fitur

Desain M70 varian standar (awal) berdasar dari varian awal AK-47 Uni Soviet (khususnya Tipe 3), yang menggunakan receiver dari baja yang dibubut. Terdapat sejumlah perbedaan tampilan antara kedua pola receiver tersebut, yaitu sisi kiri receiver yang mulus, yang tidak memiliki fitur kontrol yang biasanya ditemukan pada AK Tipe 3 standar Uni Soviet dan turunannya. 

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Penutup debu (dust cover) M64/M70 terletak pada bagian dalam receiver dengan slot khusus yang dilengkapi dengan pegas pengunci unik, yang mencegah fitur ini terlepas pada saat menembakkan granat senapan. Selain itu, nomor seri Zastava digrafir tepat di atas lubang magasin pada receiver M64 dan M70, bukan pada trunnion.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multi Peran / Multirole Helicopter - Aerospatiale SA 315B Lama)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Zastava mulai menggunakan trunnion laras berpola RPK yang lebih besar pada varian M70 pada pertengahan hingga akhir tahun 1970an, yang membuat bentuk tonjolan khas pada receiver bagian depan di bawah tuas pengokang senapan. Setiap M70B1 ditandai di kiri atas trunnion yang menonjol dengan merek Zastava, nomor model, tahun produksi, dan nomor seri. Ada tiga kode setelan penembakan di sisi kanan re: "U" ("Ukočeno", posisi terkunci), "R" ("Rafalna", tembakan otomatis), dan "J" ("Jedinačna", semi otomatis).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - Zastava M93 Black Arrow)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

M70 juga dilengkapi dengan pembidik granat senapan yang berbentuk seperti tangga yang bisa dilipat dan mounting untuk peluncur granat yang dapat dilepas untuk meluncurkan granat senapan. Pada saat tidak digunakan, pembidik model tangga ini dikunci dalam posisi terlipat di atas handguard pada bagian atas senapan. Sebelum menembakkan granat senapan, pembidik ini harus disetel dengan cara dinaikkan (didorong kearah atas) dan dikunci dalam posisi vertikal. Pembidik ini juga berfungsi ganda, selain sebagai sarana pembidik target, komponen ini juga berfungsi sebagai tuas katup yang menutup lubang gas di laras dan mencegah gas propellan kembali ke mekanisme pada saat granat diluncurkan.

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Kelima), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar