Sabtu, 18 Mei 2024

Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Keempat)


Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 18 Mei 2024

Senapan serbu dari Yugoslavia ini memang sangat mirip dengan AK-47 milik Uni Soviet yang sangat kesohor, dan hal ini sangat beralasan karena memang senjata ini merupakan “jiplakan” dari AK-47. Walaupun demikian, Yugoslavia tidak menjiplak secara total, melainkan melakukan juga berbagai perbaikan yang signifikan, sehingga senjata “jiplakan” ini memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan jiplakannya. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Ketiga)", silahkan disimak:

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Pada pertengahan tahun 1970-an, Zastava mulai memproduksi M70 dengan receiver dari baja yang di press dan bukan receiver dari baja yang dibubut untuk mengurangi biaya produksi. Varian ini dikenal dengan nama M70B1. Varian dari M70B1 dengan popor lipat diberi nama M70AB2. Baik M70B1 dan M70AB2 dilengkapi dengan sistem pembidik pencitraan malam, yang sebagai alternatif menggunakan tritium dengan cat berpendar, yang dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. Sejumlah kecil M70B1 dan M70AB2 diproduksi dengan braket untuk pemasangan alat bidik optik, masing-masing diberi nama M70B1N dan M70AB2N.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Vickers Mark 7 Valiant)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Varian terakhir dari M70 yang akan diproduksi adalah M70B2, dengan perubahan pada receivernya. Receiver pada varian ini lebih tebal dan lebih berat dengan material dari baja press yang lebih berkualitas, Dimana receiver dengan spesifikasi ini mirip dengan receiver pada senapan mesin ringan AKM milik Khalasnikov. M70B2 dan sebagian besar varian M70AB2 selanjutnya juga diproduksi dengan trunnion laras yang lebih kokoh menyerupai yang ada pada senapan mesin ringan RPK

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Multi Peran / Multirole Helicopter - Aerospatiale SA 315B Lama)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Varian tersebut secara tampilan sedikit berbeda dengan varian sebelumnya Dimana varian ini memiliki tonjolan yang berbeda di kedua sisi receiver bagian depan, yang diperlukan untuk mengakomodasi trunnion berpola RPK yang lebih besar. Penambahan trunnion yang lebih besar dan receiver yang lebih tebal merupakan langkah design yang penting karena memperkuat struktur senapan secara keseluruhan yang otomatis membuat senapan ini lebih sesuai untuk meluncurkan granat senapan.

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi


Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Senapan-Serbu/Assault-Rifle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar