Minggu, 12 Mei 2024

Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Ketiga)


Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 12 Mei 2024

Senapan serbu dari Yugoslavia ini memang sangat mirip dengan AK-47 milik Uni Soviet yang sangat kesohor, dan hal ini sangat beralasan karena memang senjata ini merupakan “jiplakan” dari AK-47. Walaupun demikian, Yugoslavia tidak menjiplak secara total, melainkan melakukan juga berbagai perbaikan yang signifikan, sehingga senjata “jiplakan” ini memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan jiplakannya. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Kedua)", silahkan disimak:

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Popor M64 juga dilengkapi dengan bantalan karet yang berat untuk membantu meredam hentakan recoil pada saat senjata ini ditembakkan. Pasokan amunisi M64 menggunakan magasen yang mirip dengan magasen AK tetapi dimodifikasi. Fitur baru ditambahkan, dimana pada M64 boltnya akan tertahan (terbuka) setelah peluru terakhir dalam magasen ditembakkan. M64 juga memiliki handguard (pelindung tangan) yang lebih panjang ketimbang AK-47 dan handguard ini juga tidak dapat dipertukarkan dengan handguard milik AK-47. Tidak seperti AK-47 yang posisi pembidik belakangnya berada di tengah, pembidik belakang M64 diletakkan di lebih ke belakang sehingga menampilkan jarak bidik yang lebih jauh. Meskipun performa senjata ini selama uji coba di lapangan cukup memuaskan, militer Yugoslavia tidak serta merta mengadopsi M64 dalam jumlah besar.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber - de Havilland/Airco DH10 Amiens)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Baru pada tahun 1970, pemerintah Yugoslavia menyetujui M64 untuk masuk dalam jalur produksi definitive dan diberi kode AP M70 (Automatska Puška Model 1970 , atau "Automatic Rifle Model 1970"), dengan beberapa perubahan pada rancangan awalnya. Untuk mengurangi biaya produksi, perangkat penahan bolt pada M64 tidak lagi diadopsi pada seri yang baru. Sebaliknya, Zastava memproduksi magasin yang sama sekali berbeda untuk M70 tetapi magasen ini dilengkapi dengan pelat di bagian dasarnya dengan tepi yang lebih tinggi di bagian belakang pelat tersebut yang berfungsi untuk menahan bolt apabila peluru terakhir telah ditembakkan. Tidak berhenti sampai disitu, varian lain dari M70 dengan popor lipat juga diproduksi, dengan kode M70A. Senapan serbu M70 kemudian menjadi senjata organik (standar) militer Yugoslavia pada tahun itu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Vickers Mark 7 Valiant)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Tak lama kemudian, Zastava kembali berinovasi (untuk efesiensi) dengan tak lagi menerapkan metode penguncian laras M70 ke dalam receivernya dengan model skrup ulir (rotasi) dan mengadopsi metode yang lebih murah dan mudah dengan metode pin press pengunci ke receiver. M70 yang diproduksi dengan laras yang ditekan dan dikunci pin tekan, bersama dengan peningkatan detail lainnya, diberi nama ulang M70B, dan varian dengan popor lipat diberi nama ulang M70 AB.

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Keempat)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Senapan Serbu/Assault Rifle, #Yugoslavia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar