Jumat, 10 Mei 2024

Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Kedua)


Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Beraban, Tabanan, Bali, Jum'at, 10 Mei 2024

Senapan serbu dari Yugoslavia ini memang sangat mirip dengan AK-47 milik Uni Soviet yang sangat kesohor, dan hal ini sangat beralasan karena memang senjata ini merupakan “jiplakan” dari AK-47. Walaupun demikian, Yugoslavia tidak menjiplak secara total, melainkan melakukan juga berbagai perbaikan yang signifikan, sehingga senjata “jiplakan” ini memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan jiplakannya. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Sejarah

Berawal pada tahun 1952, industri pertahanan Yugoslavia telah melakukan uji coba dengan desain senapan otomatis yang baru, dimana sebagian besar memiliki kemiripan dengan senapan serbu StG 44 Jerman yang legendaris,  dimana Partisan Yugoslavia berhasil merebut sejumlah StG 44 selama Perang Dunia II

Pada tahun 1959, dua personil militer Albania membelot ke Yugoslavia dengan membawa AK-47 Soviet, yang segera diserahkan oleh pemerintah Yugoslavia untuk diperiksa oleh para insinyur Zastava. Zastava mampu membuat tiruan dari beberapa bagian logam dari dua sampel AK, namun tidak dapat mengumpulkan cukup data teknis untuk mereproduksi senjata atau bagian lain dari senjata itu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - B Whippet

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

Tak lama setelah peristiwa tersebut, pemerintah Yugoslavia berhasil memperoleh lebih banyak senapan serbu AK-47 varian awal dari beberapa negara yang tidak diketahui identitasnya yang menerima bantuan militer dari Uni Soviet. Pada titik ini, terdapat cukup banyak sample AK-47 yang dimiliki Zastava sehingga para ahli di Perusahaan tersebut dapat secara efektif merekayasa balik (reverse engineering) senjata tersebut. Setelah melakukan berbagai penelitian serta ujicoba, produksi dari “jiplakan” AK-47 tersebut dimulai pada tahun 1964.

Senapan Kalashnikov domestik pertama yang diserahkan oleh Zastava untuk dilakukan uji lapangan militer secara diberi kode “M64” (kode ini adalah kode tidak resmi) dan menggunakan receiver dari baja yang dibubut yang sangat mirip dengan AK-47 Tipe 3, tetapi dengan beberapa perbedaan yang sifatnya hanya “asesoris”. Sebagai contoh, meskipun sisi kanan receiver hampir tidak dapat dibedakan dengan AK-47, sisi kiri receiver memiliki bentuk lajur yang lebih tinggi. M64 juga dilengkapi dengan laras berulir yang mirip dengan AK-47 tetapi sedikit lebih tebal dan tidak dilapisi krom seperti versi Uni Soviet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber - de Havilland/Airco DH10 Amiens)

Senapan Serbu/Assault Rifle
Zastafa M70
militerbanget.blogspot.com

M64 dilengkapi dengan system pembidik model tangga untuk membantu membidik pada saat senjata ini melontarkan granat senapan. Pembidik model tangga ini dapat dilipat pada handguard bagian atas pada saat tidak digunakan. Sistem pembidik ini juga berfungsi sebagai penutup gas untuk memungkinkan pelontaran granat dengan aman ketika terkunci di tempatnya. Dan hebatnya lagi, desain ini nantinya akan diadopsi ke senjata M59/66 Zastava yang merupakan “jiplakan” dari karabin SKS milik Uni Soviet. Fitur ini diterapkan karena hentakan dari penembakan granat senapan dapat melepaskan penutup debu AK standar, penutup debu ini diganti dengan desain baru yang menggunakan baut pegas.

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Senapan Serbu Zastafa M70, Tiruan AK-47 dari Yugoslavia (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar