Minggu, 06 Agustus 2023

Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Pertama


Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 6 Agustus 2023

Pada saat penyerbuan pasukan Nazi Jerman ke Uni Soviet mulai terhambat pada akhir tahun 1941, terlihat jelas bahwa senapan bolt-action Karabiner 98k yang menjadi senapan standar pasukan NAZI ternyata kalah “mematikan” dibandingkan dengan senjata standar yang digunakan oleh pasukan Uni Soviet.

Pada saat perang tersebut, senjata yang menjadi pegangan bala tentara Uni Soviet meliputi pistol mitraliur PPS-42/43 dan PPSh-41, senapan semi otomatis Tokarev SVT-40, senapan bolt-action Mosin Nagant yang sangat andal dan akurat, dan bahkan pistol mitraliur Degtyaryov DP-28 yang punya tampilan sangat aneh. Untuk menghadapi deretan senjata ini, Wehrmacht jelas membutuhkan senjata yang baru yang dapat mengimbanginya, terutama dalam segi daya tembak. Untuk itu, dua firma yaitu Walther dan Haenel kemudian dikontrak untuk mengembangkan senjata baru dengan spesifikasi tersebut.


Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Tak lama kemudian, firma Haenel yang berhasil menjawab tantangan ini, berkat tim design yang dipimpin oleh Hugo Schmeisser. Firma Haenel mengambil pendekatan praktis dalam perancangan senjata baru ini, yaitu merancang senjata yang mematikan dalam pertempuran dalam jarak tembak di kisaran 300 meter. Produk yang dihasilkan adalah Mkb 42 yang hanya diproduksi dalam jumlah yang rendah (antara 10.000 unit hingga 11.833 unit yang diproduksi) dan senjata baru ini juga sempat diuji di pertempuran Front Timur.

“Mesin karabin (machine carbine)” yang baru ini menggunakan amunisi "Kurz" kaliber 7,92 mm dengan selongsong bertampilan “gemuk” yang dikembangkan pada tahun 1938, yang boleh dikatakan merupakan bentuk selongsong yang baru dan tidak pernah diproduksi sebelumnya. Senjata ini mengadopsi material berupa baja press yang dilengkapi juga dengan popor kayu dan merupakan senjata api dengan mode penembakan selektif yang dioperasikan dengan gas yang menggunakan tilting bolt.

Senapan Serbu/Assault Rifle
Sturgewehr 44 (Stg 44)
militerbanget.blogspot.com

Kinerja senjata ini terus diperbaiki dan ditingkatkan, dan tak lama kemudian MP-43 yang ditingkatkan segera siap untuk diadopsi secara luas oleh pasukan Jerman.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang Darat / Pembom / Close Support Sukhoi Su-25 “Frogfoot” Bagian 1)

Sayangnya, program pengadaan dan distribusi senjata ini seakan tenggelam karena sistem logistik Wehrmacht yang kacau saat arah perang berbalik menghantam Nazi. Baru pada akhir tahun 1944, tepatnya pada tanggal 22 Oktober, Adolf Hitler secara pribadi menamai senjata yang mengesankan itu sebagai “Storm Rifle – (Senapan Badai)” selanjutnya dinamai Sturmgewehr 44 (bahasa Jerman untuk "Senapan Serbu 44").

Semenjak itu, senapan serbu ini mulai diproduksi secara masal oleh beberapa pabrikan seperti Haenel, Walther, Mauser, dan Oberndorf-am-Neckar.

Demikianlah artikel yang berjudul "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Pertama", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul: "Sang Pelopor Senapan Serbu Modern dari Jerman, Stg 44 (Sturmgewehr 44) - Bagian Kedua".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar