Senin, 03 Juni 2024

Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Ketiga


Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 3 Juni 2024

Kendaraan pengintai ini merupakan kendaraan pengintai yang cukup terkenal di era Perang Dunia II. Semenjak awal kemunculannya, militer Jerman terus memaksimalkan performanya sehingga kendaraan ini menjadi salah satu alutsista andalan Jerman saat Perang Dunia II berkecamuk. Nama alutsista ini adalah Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222). Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Kedua", silahkan disimak:

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Ketika berbagai kekurangan pada ranpur ini menjadi semakin nyata saat operasinya selama invasi ke daratan Uni Soviet pada tahun 1941, Sd.Kfz. 222 secara bertahap mulai ditarik dari garis depan dan posisinya dalam peran pengintaian digantikan oleh Sd.Kfz. 250 yang memiliki performa yang lebih baik (yang juga memiliki konfigurasi halftrack), namun turet dan persenjataan Sd Kfz 222 kadang-kadang tetap dipertahankan, meskipun terdapat kekurangan (varian Sd.Kfz.250/9 adalah Sd.Kfz.250 yang dilengkapi dengan pelat atas dan turet yang sama serta kombinasi senjata Sd.Kfz 222 yang dipasang pada setengah lintasan).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Light Bomber Aircraft/Pesawat Pembom ringan Fairey Fox)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Menurut catatan resmi yang diperoleh setelah perang berakhir, banyak dari ranpur Sd.Kfz 222 yang berhasil dirampas oleh Rusia kemudian dibongkar serta dipelajari oleh insinyur-insinyur Rusia, yang kemudian menjadi dasar dari ranpur lapis baja ringan BA-64 milik Rusia yang serupa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran HAL Dhruv Mk 1 to 4)

Kendaraan Pengintai Serbaguna
Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222
militerbanget.blogspot.com

Secara umum, ranpur ini pada bagian depan dan samping diperkuat dengan material RHA yang memiliki ketebalan 8 mm (0,3 in). Proteksi lainnya adalah pelat tipis 5 mm (0,2 in) digunakan untuk bagian atas, belakang, dan bawah. Port vision cor kemudian menggantikan port yang dipotong menjadi armor. Turet dengan atap terbuka dilengkapi dengan proteksi (sangkar) anti granat yang terbuat dari kawat baja. Mulai tahun 1939, lapis baja bagian depan ketebalannya ditingkatkan menjadi 14,5 mm (0,6 in). Pada tahun 1942, Ausf. Sasis B diperkenalkan Dimana varian ini memiliki proteksi bagian depan dengan ketebalan 30 mm, serta mesin yang lebih bertenaga.

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Ketiga. Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Kendaraan Pengintai Serbaguna Jerman Era Perang Dunia II - Leichter Panzerspähwagen Sd.Kfz.222 (Sd.Kfz.222) Bagian Keempat", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Perang Dunia II, #Jerman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar