Rabu, 27 Maret 2019

Senapan Serbu FN Herstal Scar


Senapan Serbu FN Herstal Scar
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019

Untuk negara adidaya seperti Amerika Serikat, untuk urusan pengadaan senjata baru bagi militernya memang bukanlah hal yang memusingkan. Definisi baru tidak hanya alutsista tersebut gress baru keluar dari pabrik, tapi juga baru dalam segala hal, ya rancangannya, ya teknologinya, ya semua-semuanya. 

Mantabnya lagi, bagi Amerika Serikat, untuk urusan seperti ini selalu disampaikan secara terbuka proporsional kepada khalayak. Tak heran ketika digelar ajang 2006 SHOT (Shooting Hunting Door) Show Februari lalu dan pameran persenjataan di Eurosatory, Paris, perhatian pengunjung tak lepas dari sepucuk senapan baru. Senapan baru yang dirancang khusus untuk pasukan khusus Amerika Serikat itu diberi nama SCAR (Special Operation Forces Capable Assault Rifle). 

Pabrikan FN Herstal memenangkan tender setelah berhasil menyisihkan pabrikan lain seperti COBB Manufacturing, Colt, Diemaco, Heckler & Koch (dengan produk "gagal", XM8), Knight Armament Company dan Robinson Armament (XCR).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun PM-63 RAK)

FN Herstal diluncurkan dalam dua varian. SCAR-Light (SCAR-L) kaliber 5,56x45mm NATO dan SCAR-Heavy (SCAR-H) kaliber 7,62x51 mm NATO. Uniknya, SCAR-H juga mampu mengadopsi peluru kaliber 7,62x39mm M43 Rusia dan 6,8x43 mm Remington SPC (Special Purpose Cartridge). SPC memiliki panjang yang sama dengan munisi kaliber 5,56mm standar NATO, namun untuk SCAR, dibuat lebih berat, lebih besar serta energi kinetik yang juga lebih besar (Yang artinya lebih mematikan). 

Pada dasarnya SPC adalah balistik yang sama dengan kaliber 7,62x39mm Rusia yang digunakan pada senapan serbu AK-47. Komando Operasi Khusus AS (SOCOM) sebagai yang punya hajat, sudah melayangkan surat permohonan pembelian senapan baru ini sejak Oktober 2003. 

Senapan Serbu FN Herstal Scar
militerbanget.blogspot.com

Special Operations Forces (SOF) Combat Assault Rifle, disingkat SCAR adalah senapan serbu/tempur yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan United States Special Operations Command (SOCOM) akan adanya Special Operations Forces (SOF) Combat Assault Rifle atau SCAR buatan FN Herstal(FNH). 

Senapan ini dibuat dalam dua varian utama, yaitu SCAR-L menggunakan amunisi 5.56×45mm NATO dan SCAR-H yang menggunakan amunisi 7.62×51mm NATO. Keduanya tersedia dalam dua ukuran laras, laras panjang dan laras yang lebih pendek. Biasanya laras yang lebih panjang dipakai untuk tipe SCAR-H sedangkan laras yang lebih pendek digunakan untuk pertempuran jarak dekat menengah dengan tipe SCAR-L. Varian SCAR-L diharapkan dapat mengganti peranan senapan serbu M4.

Detail

Senapan ini dibuat dalam dua model, varian amunisi "ringan" atau versi "Light" (SCAR-L, Mk 16 Mod 0) dan versi "Heavy" (SCAR-H, Mk 17 Mod 0). Versi L menggunakan amunisi 5.56×45mm NATO dan magazen STANAG (senapan M16, sedangkan versi H menggunakan amunisi 7.62×51mm NATO dengan magazen isi 20 butir. Tipe H juga dapat menggunakan amunisi senapan serbu AK kaliber 7.62×39mm M43 dan amunisi Remington SPC kaliber 6.8×43mm.

Selain dua tipe di atas, SCAR juga dibuat varian snipernya dengan kode Mk 20 Sniper Support Rifle (SSR) yang menggunakan basis amunisi kaliber 7.62mm yang digunakan senapan Mk 17. Perbedaannya adalah penggunakan laras yang berdimensi lebih panjang serta lebih berat, jenis pelatuk yang berbeda dan popor tetap (fixed).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank PzKpfw VI Ausf B Tiger 2)

Senapan Serbu FN Herstal Scar
militerbanget.blogspot.com

Rel picatinny di atas receiver aluminium menjadi kelengkapan standar, sedangkan receiver bawah berbahan polimer menggunakan pegangan tipe pistol grip. Alat bidik berupa besi terlipat di ujung laras dapat dilengkapi dengan penempatan aksesoris dan alat bidik optik pada rel picatinny.

HAMR IAR

Pada tahun 2008 varian lain dibuat dengan nama Heat Adaptive Modular Rifle (HAMR) Infantry Automatic Rifle (IAR), IAR adalah persyaratan Angkatan Laut Amerika untuk senapan otomatis regu. Varian ini menggunakan dasar rancangan senapan SCAR sebelumnya, tetapi menggunakan sistem penembakan yang berbeda dan penerapan fitur baru yang mempercepat pelepasan panas pada ujung laras.

FNAC

Varian ini menggunakan basis SCAR Mk 16 Mod 0 dengan modifikasi pengurangan berat senapan, penambahan bayonet, dan tuas kokang tunggal.
Enhanced Grenade Launching Module

Diperkenalkan pada 2004 sebagai fitur tambahan. Pelontar granat 40 mm dengan nama FN40GL juga dikenal sebagai Mk 13 Mod 0 yang dibuat berdasarkan pelontar granat 'GL1' untuk F2000. FN40GL dibuat dua varian masing untuk SCAR-L dan SCAR-H.

Senapan Serbu FN Herstal Scar
militerbanget.blogspot.com

Varian Militer


SCAR-L Mk 16 Mod 0 – Senapan serbu kaliber 5.56mm NATO

Mk 16 CQC (Close Quarters Combat) – 10 inch barrel

Mk 16 Standard – 14 inch barrel

Mk 16 LB (Long Barrel) – 18 inch barrel

SCAR-H Mk 17 Mod 0 – Senapan serbu kaliber 7.62mm NATO

Mk 17 CQC (Close Quarters Combat) – 13 inch barrel

Mk 17 Standard – 16 inch barrel

Mk 17 LB (Long Barrel) – 20 inch barrel

Sniper Support Rifle (SSR) Mk 20 Mod 0 – Senapan runduk kaliber 7.62mm NATO

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu FN Herstal Scar, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

Wikipedia
Berbagai Sumber Lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar